VPS Indonesia Murah Terbaik untuk Membangun Website

Follow @romel_tea
Netter akrab dengan istilah VPN untuk menembus situs yang diblokir. Web developer juga mulai akrab dengan VPS untuk membangun website yang menembus batas. Apa itu VPS dan apa fungsinya? Posting ini mengulasnya.

 VPS Indonesia Terbaik DomaiNesia


NETTER atau pengguna internet sudah akrab dengan istilah VPN, yaitu singkatan dari Virtual Private Network atau Jaringan Privat Virtual.

VPN bisa membantu kita menerobos batasan geografis, meningkatkan keamanan internetan, dan memungkinkan online dengan anonimitas total. Fungsi VPN yang paling banyak diketahui adalah untuk mengakses situs web yang diblokir penyedia layanan internet (Internet Service Provider, ISP) atas instruksi dari pemerintah (Kemenkominfo).

Selain VPN, ada istilah yang mirip dengannya, yaitu VPS, singkatan dari Virtual Private Server atau Peladen Privat Virtual. Bedanya pada istilah "S" (Server) dan "N" (Network).

Selain ada kesamaan istilah, ada juga kesamaan fungsi VPN dan VPS, yaitu VPN menembus blokir, VPS menembus batasan trafik, resource, dan batasan (limit) lainnya yang biasa diterapkan di jenis server lainya --Shared Hosting, Cloud Hosting, WordPress Hosting, dan Dedicated Server Hosting

VPS menjadi pilihan bagi website yang memiliki trafik tinggi dan memberi keleluasaan bagi web developer untuk membangun sebuah situs. Resource yang ditawarkan VPS lebih besar dan lebih leluasa daripada shared hosting sehingga performa website pun akan tetap stabil, prima, anti-down.

Website populer, seperti situs-situs berita (media online), biasanya memiliki server sendiri. Harga sever itu belasan juta hingga ratusan juta dan harus tetap "on" selama 24 jam.

Mau tahu harga server? Ini dia, saya temukan di Google Search. Belasan juta hingga ratusan juta 'kan?


Bagi kita yang "belum kuat" membeli atau memiliki server sendiri untuk membangun website, maka pilihannya adalah Virtual Private Server (VPS) agar menembus batas trafik, resource, dan batasan lainnya.

VPS akan menjadikan kita leluasa membuat website dan bahkan bisa berbagi dengan pengguna lain.

Kita bisa menyewa VPS ini di VPS Indonesia Murah Terbaik. Harga mulai Rp 100 ribu per bulan. Ukuran VPS yan tersedia beragam.

Ukuran VPS Indonesia Murah Terbaik Domainesia

Pengertian VPS

Dari berbagai sumber, pengertian VPS (Virtual Private Server) adalah salah satu jenis hosting atau web hosting, selain Shared, Cloud, WordPress Hosting, dan Dedicated Server Hosting. Karena sifatnya virtual, maka VPS disebut juga "server yang tidak nyata".

Hosting --sebagaimana namanya, host = tuan rumah-- adalah tempat menyimpan file dan data website, baik data berupa kode-kode untuk desain web maupun konten (isi, postingan).

Hosting berfungsi menjaga server agar tetap aktif dan berjalan, mengamankannya, dan memindahkan konten (teks, gambar, file) dari server ke browser pengunjung situs web atau pembaca.

Blog yang dibuat di Blogger --seperti romelteamedia.com ini-- hostingnya gratis di Blogger, milik Google, dan tentu saja terbatas.

Jika kita membuat blog atau website dengan CMS WordPress, Joomla, atau membuat web dengan script sendiri, maka kita harus menyewa domain dan hosting ke provider domain-hosting.

Menurut Wikipedia, Virtual Private Server (VPS) dibuat dengan membagi resource server fisik ke dalam server-server virtualisasi. Resource ini dapat dialokasikan dengan suatu cara yang tidak akan memengaruhi hardware server secara langsung. 

Bedanya VPS dengan hosting biasa antara lain terletak pada akses kontrol, kebutuhan resource, dan sistem operasi yang dijalankan. 

Tidak seperti pada hosting biasa yang sangat terbatas --hanya mendapatkan suatu "kapling" untuk diisi website, dengan VPS kita dapat berbagi server dengan pengguna lainnya. 

Dengan VPS kita bisa leluasa membangun website keren dan banyak pengunjung. Silakan simak kriteria dan contoh website yang menarik pengunjung.

VPS pada dasarnya merupakan komputer server yang harganya jutaan itu. Cara kerjanya juga sama seperti komputer biasa. Penyedia VPS akan memberikan panduan bagaiana cara menggunakannya. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Thanks for reading VPS Indonesia Murah Terbaik untuk Membangun Website | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

0 komentar on VPS Indonesia Murah Terbaik untuk Membangun Website

Post a Comment

Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.