Pengertian Media Massa, Karakteristik, Jenis, dan Fungsinya

Follow @romel_tea
Artikel ini berisi ulasan tentang Pengertian Media Massa, Karakteristik, Jenis, dan Fungsinya. Di bagian akhir dibahas pula perbedaan media massa dan media sosial.

Pengertian Media Massa


Media massa --biasa disingkat "media" saja-- adalah sarana penyampaian pesan, dalam hal ini informasi seperti berita. Media identik dengan pers dan jurnalistik.

Media massa terpopuler saat ini adalah media online. Dewan Pers menggunakan istilah media siber (cyber media) untuk jenis media daring (dalam jaringan) atau media massa yang tersaji di internet ini.

Media massa merupakan sumber informasi --terutama info peristiwa aktual-- dan hiburan. Media massa meliputi suratkabar atau koran, tabloid, majalah, radio, televisi, dan media siber (media online) atau situs berita (news site).

Dalam catatan Wikipedia, media massa atau pers adalah istilah yang mulai digunakan tahun 1920-an untuk mengistilahkan jenis media yang secara khusus didesain untuk mencapai masyarakat yang sangat luas.

Dalam pembicaraan sehari-hari, istilah ini sering disingkat menjadi media.

Pengertian Media Massa

Media massa (mass media) terdiri dari dua kata, media dan massa. Berikut ini pengertian media dan massa dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Media artinya:
  • alat (sarana) komunikasi seperti koran, majalah, radio, televisi, film, poster, dan spanduk
  • yang terletak di antara dua pihak (orang, golongan, dan sebagainya): wayang bisa dipakai sebagai -- pendidikan
  • perantara; penghubung
  • zat hara yang mengandung protein, karbohidrat, garam, air, dan sebagainya, baik berupa cairan maupun yang dipadatkan dengan menambah gelatin untuk menumbuhkan bakteri, sel, atau jaringan tumbuhan
  • bahan yang digunakan dalam pemasukan dan penyimpanan data di komputer, atau dalam perekaman hasil komputer

Massa artinya:
  • sejumlah besar benda (zat dan sebagainya) yang dikumpulkan (disatukan) menjadi satu (atau kesatuan): -- batu-batuan
  • jumlah yang banyak sekali; sekumpulan orang yang banyak sekali (berkumpul di suatu tempat atau tersebar): -- membanjiri lapangan untuk melihat pertunjukan sirkus
  • kelompok manusia yang bersatu karena dasar atau pegangan tertentu: organisasi --
  • ukuran kuantitatif sifat kelembaman (inersia) benda
  • sekelompok orang yang anonim yang berada di suatu tempat yang sama.

Dengan demikian, secara bahasa, media massa adalah sarana komunikasi atau saluran penyampaian informasi kepada orang banyak.

Menurut Leksikon Komunikasi, media massa adalah sarana untuk menyampaikan pesan yang berhubungan langsung dengan masyarakat luas, misalnya radio, televisi, dan surat kabar.

Dalam UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers, pengertian media massa disebutan dalam pengertian pers sebagai berikut:

Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia.

Hafied Cangara dalam buku Pengantar Ilmu Komunikasi (2010) menyebutkan, media adalah alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak.

Media massa sendiri alat yang digunakan dalam penyampaian pesan dari sumber kepada khalayak dengan menggunakan alat-alat komunikasi, seperti surat kabar, film, radio dan televisi.

Media adalah bentuk jamak dari medium yang berarti tengah atau perantara. Massa berasal dari bahasa Inggris yaitu mass yang berarti kelompok atau kumpulan.

Dengan demikian, pengertian media massa adalah perantara atau alat-alat yang digunakan oleh massa dalam hubungannya satu sama lain.

Cangara mendefinisikan media massa sebagai berikut:

Media massa adalah sarana komunikasi massa di mana proses penyampaian pesan, gagasan, atau informasi kepada orang banyak (publik) secara serentak. 
Media dalam konteks periklanan memiliki pengertian tersendiri, yaitu media penyampaian pesan iklan atau promosi. Simak Karakteristik Media.

Karakteristik Media Massa

Sebuah media bisa disebut media massa jika memiliki karakteristik tertentu. Karakteristik media massa menurut (Canggara, 2010:126-127) sebagai berikut:

1. Bersifat melembaga

Pihak yang mengelola media terdiri dari banyak orang, yakni mulai dari pengumpulan, pengelolaan
sampai pada penyajian informasi.

Tambahan: yang disebut media massa di Indonesia adalah media yang diterbitkan oleh lembaga pers berbadan hukum.  

2. Bersifat satu arah

Komunikasi yang dilakukan kurang memungkinkan terjadinya dialog antara pengirim dan penerima. Kalau pun terjadi reaksi atau umpan balik, biasanya memerlukan waktu dan tertunda.

3. Meluas dan serempak.

Media dapat mengatasi rintangan waktu dan jarak, karena ia memiliki kecepatan. Bergerak secara luas dan simultan, dimana informasi yang disampaikan diterima oleh banyak orang dalam waktu yang sama.

4. Menggunakan Peralatan.

Media massa memakai peralatan teknis atau mekanis, seperti radio, televisi, surat kabar, dan semacamnya.

5. Bersifat terbuka.

Pesannya dapat diterima oleh siapa saja dan dimana saja tanpa mengenal batas usia, jenis kelamin, dan suku bangsa.

Media massa adalah sarana komunikasi massa (mass communication), yaitu saluran penyampaian pesan kepada orang banyak secara serentak.

Masih menurut Cangara, komunikasi massa memiliki sejumlah ciri atau karakteristik yang khas, yaitu sebagai berikut:

1. Komunikator Terlembaga

Dalam komunikasi massa, komunikatornya bergerak dalam organisasi yang kompleks, namun bersifat melembaga. Lembaga penyampai pesan komunikasi massa melalui media massa, seperti televisi, surat kabar, radio, internet.

2. Pesan bersifat umum

Dalam proses komunikasi massa pesan-pesan yang disampaikan oleh komunikator ditujukan kepada khalayak luas atau semua orang bukan hanya sekelompok orang.

Dengan demikian, maka proses komunikasi massa bersifat terbuka. Hal ini dikarenakan, komunikan tersebar di berbagai tempat yang tersebar. Pesan beritanya pula mengandung unsur fakta yang bersifat penting dan menarik untuk semua kalangan masyarakat bukan hanya sekelompok orang.

3. Komunikannya Anonim dan Heterogen

Komunikan atau penerima informasi dalam komunikasi massa bersifat anonim dan heterogen. Hal ini dikarenakan komunikasi massa menyampaikan pesan secara umum pada seluruh masyarakat,yang tidak saling mengenal antara satu sama lain, tanpa membedakan suku, ras, agama serta memiliki beragam karakter psikologi, usia, jenis kelamin, tempat tinggal, adat budaya, maupun strata sosial yang berbeda-beda.

4. Media massa bersifat Keserempakan

Keserempakan kontak dengan sejumlah besar penduduk dalam jarak yang jauh dari komunikator, dan penduduk tersebut satu sama lainnya berada dalam keadaan terpisah.

5. Pesan yang disampaikan satu arah

Artinya terjadi komunikasi antara komunikator dan komunikan secara langsung tapi komunikator dan komunikah tidak saling bertemu dan komunikan tidak dapat merespon secara langsung.

6. Umpan Balik Tertunda ( Delayed Feedback )

Dikarenakan antara komunikator dengan komunikan yang tidak bertatap muka secara langsung maka komunikator tidak dapat dengan segera mengetahui reaksi khalayak terhadap pesan yang telah disampaikannya.

Dari uraian di atas, karakteristik utama media massa adalah melembaga atau dikelola oleh sebuah lembaga, dalam hal ini lembaga pers.

Media ini dikelola sebuah tim yang terdiri dari:
  1. Redaksi (editor department) yang diisi wartawan (jurnalis).
  2. Bisnis atau pemasaran (business/marketing department) yang menangani iklan dan promosi.
  3. Teknik (publishing department) atau bagian yang menangani masalah teknis penerbitan atau percetakan (printing), penyiaran (broadcasting), dan pengembangan website (online media).

Jenis-Jenis Media Massa

Dari uraian di atas sudah disebutkan jenis-jenis media massa, yaitu suratkabar, tabloid, majalah, radio, televisi, dan media siber.

Media-media tersebut diklasifikasikan menjadi tiga jenis media, yaitu:
  1. Media Cetak -- Suratkabar, Tabloid, Majalah
  2. Media Penyiaran atau Media Elektronik -- Radio dan Televisi
  3. Media Online atau Media Siber -- Situs web berita atau majalah online.

Hal yang sama dikemukakan Cangara. Menurutnya, jenis-jenis media massa dibedakan menjadi tiga jenis:

1. Media cetak

Media cetak adalah media massa pertama kali muncul di dunia pada tahun 1920-an. Pada awalnya media massa digunakan pemerintah untuk mendoktrin masayarakat.

2. Media elektronik 

Setelah media cetak muncullah media elektronik pertama yaitu radio. Sebagai media audio yang menyampaikan pesan lewat suara.

Kecepetatan dan ketepatan waktu dalam penyampain pesan radio tentu lebih cepat dengan menggunakan siaran langsung.

Setelah itu muncul televisi yang lebih canggih bisa menayangkan gambar, yaitu sebagai media massa audio visual.

3. Media internet.

Baru populer di abad 21. Google lahir tahun 1997. Media internet bisa melebihi kemampuan media cetak dan elektronik.  Apa yang ada pada kedua media sebelumnya (cetak dan penyiaran) bisa masuk dalam jaringan internet melalui website.

Jenis-jenis media massa juga diklasifikasikan dalam dua macam:
  1. Media Konvensional (Cetak dan Penyiaran)
  2. Media Modern atau Media Baru (Media Siber/Media Internet)

Fungsi Media Massa

Secara umum, media massa berfungsi sebagai sarana penyampaian pesan (informasi, gagasan, pemikiran) kepada orang banyak secara serentak.

Di Indonesia, fungsi media massa tercantum dalam fungsi pers berdasarkan ketentuan pasal 3 UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers sebagai berikut:

Pers nasional mempunyai fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial. Disamping fungsi-fungsi tersebut ayat, pers nasional dapat berfungsi sebagai lembaga ekonomi.. 

Fungsi Pers

1. Fungsi Informasi

Pers itu memberi dan menyediakan informasi tentang peristiwa yang terjadi kepada masyarakat, dan masyarakat membeli surat kabar karena memerlukan informasi.

2. Fungsi Pendidikan

Sebagi sarana pendidikan massa (mass education), pers memuat tulisan-tulisan yang mengandung pengetahuan sehingga masyarakat bertambah pengetahuan dan wawasannya.

3. Fungsi Hiburan

Pers juga memuat hal-hal yang bersifat hiburan untuk mengimbangi berita-berita berat (hard news) dan artikel-artikel yang berbobot. Berbentuk cerita pendek, cerita bersambung, cerita bergambar, teka-teki silang, pojok, dan karikatur.

4. Fungsi Kontrol Sosial

Fungsi ini terkandung makna demokratis yang didalamnya terdapat unsur-unsur sebagai berikut:
  1. Social participation (keikutsertaan rakyat dalam pemerintahan)
  2. Social responsibility (pertanggungjawaban pemerintah terhadap rakyat)
  3. Social support (dukungan rakyat terhadap pemerintah)
  4. Social control (kontrol masyarakat terhadap tindakan-tindakan pemerintah)

Sebagai Lembaga Ekonomi

Pers adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang pers dapat memamfaatkan keadaan di sekiktarnya sebagai nilai jual sehingga pers sebagai lembaga sosial dapat memperoleh keuntungan maksimal dari hasil prodduksinya untuk kelangsungan hidup lembaga pers itu sendiri.

Fungsi media massa juga dikemukakan Harold Laswell pada artikel klasiknya tahun 1948. Laswell mengemukakan sebuah formula yang sering dikutip untuk model komunikasi hingga sekarang, yaitu :
  1. Siapa (who)
  2. Pesannya apa (says what)
  3. Saluran yang digunakan (in what channel)
  4. Kepada siapa (to whom)
  5. Apa dampaknya (with what effect)

Model tersebut adalah garis besar elemen-elemen dasar komunikasi. Dari model tersebut, Laswell mengidentifikasi fungsi media sebagai berikut:
  1. Fungsi pengawasan (surveillance), penyediaan informasi tentang lingkungan.
  2. Fungsi penghubungan (correlation), di mana terjadi penyajian pilihan solusi untuk suatu masalah.
  3. Fungsi pentransferan budaya (transmission), adanya sosialisasi dan pendidikan.

Charles Wright yang mengembangkan model Laswell menambahkan fungsi hiburan (entertainment).

Dennis McQuail dikutip Nurudin dalalam Komunikasi Massa (2013) memberikan beberapa asumsi pokok tentang peran atau fungsi media di tengah kehidupan masyarakat saat ini:
  1. Media merupakan sebuah industri.
  2. Media berperan sebagai sumber kekuatan yaitu alat kontrol manajeman dan inovasi dalam masyarakat. 
  3. Komunikator menjadikan media sebagai pengganti kekuatan, tameng, atau sumber daya 
  4. Media menjadi wadah informasi yang menampilkan peristiwa-peristiwa kehidupan masyarakat, baik dari dalam negeri maupun internasional.
  5. Media berperan sebagai wahana pengambangan budaya. 
  6. Media menyuguhkan nilai-nilai dan penilaian normatif yang dikombinasikan dengan berita dan tayangan hiburan. Media telah menjadi sumber dominan bagi individu dan kelompok masyarakat.
Fungsi media juga tergambar dalam fungsi komunikasi massa yang dikemukakan De Vito sebagaimana dikutip Winarni dalam Pengantar Komunikasi Massa (2003):
  1. Menghibur
  2. Meyakinkan
  3. Menginformasikan
  4. Menganugerahkan status
  5. Membius
  6. Menciptakan rasa kebersatuan.
Demikian Pengertian Media Massa, Karakteristik, Jenis, dan Fungsinya. Berikutnya adalah ulasan ringkas tentang perbedaan media massa dan media sosial. 

Media Massa vs Media Sosial 

Bagaimana dengan media sosial? Apakah social media termasuk media massa?

Sesuai dengan namanya, media sosial adalah sarana komunikasi antar-anggota masyarakat, dalam hal ini warga internet (warganet) atau internet citizens (netizen).

Media sosial termasuk media massa dalam arti saluran komunikasi kepada orang banyak (komunikasi massa), namun tidak bisa disebut media massa dalam konteks pers dan jurnalistik.

Media massa adalah sarana pelaporan (reporting) peristiwa para wartawan. Media massa adalah sarana berbagi (sharing) penggunanya atau warganet.

Perbedaan Media Massa dan Media Sosial
Perbedaan Media Massa dan Media Sosial (SlideShare).*

Media sosial merupakan situs web tempat pengguna berbagi informasi, mulai informasi pribadi hingga promosi usaha dan pesan politik. 

Demikian ulasan tentang Pengertian Media Massa, Karakteristik, Jenis, dan Fungsinya, termasuk perbedaannya dengan media sosial. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Thanks for reading Pengertian Media Massa, Karakteristik, Jenis, dan Fungsinya | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

0 komentar on Pengertian Media Massa, Karakteristik, Jenis, dan Fungsinya

Post a Comment

Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.