February 2, 2021

5 Cara Ampuh Biar Hobi Game Menghasilkan Uang

By Romeltea | Published: February 2, 2021

Inilah 5 cara ampuh menghasilkan uang dari hobi gaming. Kamu juga bisa ubah hobi game jadi sesuatu yang produktif. Lihat inspirasinya di sini.


5 Cara Ampuh Biar Hobi Game Menghasilkan Uang

Siapa yang suka bermain game?

Bermain game memang mengasyikkan. Selain dapat menjadi cara mengisi waktu luang, bermain game juga dapat menjadi bentuk hiburan. 

Namun, game tidak selalu buang-buang waktu atau sekadar mengisi waktu luang. Lebih dari itu, kita juga bisa menjadikan hobi gaming sebagai sumber penghasil uang. Penasaran bagaimana caranya? Mari kita bahas di artikel ini.

Ada banyak cara mengubah hobi game menjadi sesuatu yang menghasilkan uang. Inilah 5 cara ampuh mengubah hobi game jadi penghasil uang.

1. Buat Blog tentang Gaming

Nah kalau cara pertama ini cocok untukmu yang suka bermain game dan sekaligus suka menulis. Kamu bisa buat blog dengan tema gaming. Misalkan blog yang membahas game-game seperti:
  • Free Fire,
  • Point Blank,
  • Mobile Legends,
  • PUBG Mobile,
  • Atau berbagai jenis game lainnya.
Di blog tersebut kamu bisa hadirkan berbagai jenis konten. Misalkan seperti konten tips dan trik, konten review game, rekomendasi game, dan banyak lagi.

Misalkan jika kamu membahas seputar Mobile Legends, maka bisa hadirkan konten seputar hero. Contohnya membahas: hero marksman, hero mobile legend terkuat, hero terbaik, dan sebagainya.
 
blog gaming


Nantinya ketika blogmu sudah punya trafik yang lumayan, kamu bisa monetisasi dengan berbagai cara. Salah satunya dengan menjadi publisher iklan Google AdSense.

Kamu bisa daftarkan blogmu di Google AdSense, selanjutnya tampilkan iklan-iklan dari Google AdSense. Semakin tinggi trafik blogmu, maka akan makin tinggi juga potensi penghasilan yang bisa kamu dapatkan.

2. Buat Channel YouTube dengan Tema Gaming

Selain ngeblog, cara populer lainnya adalah dengan membuat channel YouTube tentang gaming. Konsepnya sama seperti saat mengelola blog, yakni kita akan hadirkan konten-konten YouTube yang menarik. Tentunya konten seputar gaming. 

Contoh konten yang bisa dihadirkan misalnya:
  • Konten tutorial game,
  • Konten review game,
  • Konten tips dan trik,
  • Dan banyak lagi.
Bahkan menjadi seorang YouTuber game itu menarik. Sebab tren ini sedang naik daun. Tak sedikit YouTuber yang sukses berkat keahliannya bermain game dan membuat konten-konten gaming. 

Salah satunya seperti Sarah Viloid, ia YouTuber gaming yang terbilang sukses dan punya jutaan pengikut di media sosial.

Youtuber gaming

3. Menjual Produk/Jasa yang Berkaitan dengan Game

Cara berikutnya yang bisa digunakan adalah dengan menjual berbagai produk/jasa yang berkaitan dengan bidang game. 

Salah satunya misal kamu dapat menjadi reseller dari produk voucher game online. Dengan menerapkan cara ini, maka kamu bisa ikut menjual berbagai voucher game online. 

Selain mendapatkan uang, kamu juga bisa membantu para gamer lain untuk bisa top up game favorit mereka.

Atau kalau kamu memang tertarik, kamu juga bisa membangun bisnis game lainnya. Seperti: membangun brand aksesoris game, membangun bisnis kaos gaming, dan sebagainya.

4. Membuat Tim Esports

Cara lain yang juga bisa kamu coba adalah dengan membuat tim esports. Namun tentu cara ini tidak mudah. Sebab kamu harus membangun tim dan sekaligus mengelola tim tersebut. 

Sumber pemasukan tim esports ini bisa bermacam-macam, mulai dari kerja sama dengan brand, mendapatkan pemasukan dari sponsor, mendapatkan hadiah kompetisi/event, dan sebagainya.

Namun jika memang tertarik maka kamu juga bisa coba cara ini. Tak ada salahnya mencoba jika kamu punya keahlian yang dibutuhkan.

5. Mengadakan Event dan Turnamen Game

Cara kelima untuk mendapatkan uang dari hobi game adalah dengan mengadakan event ataupun turnamen game online. 

Dalam event ini, kamu akan menjadi penyelenggara. Nantinya penghasilan event bisa didapat dari sponsor, dari biaya pendaftaran peserta, dari kerja sama dengan brand, dan sebagainya.

Jika kamu punya keterampilan dalam bidang event organizer, maka kamu bisa bangun bisnis yang sukses di bidang ini.

Itulah berbagai cara inspiratif untuk bisa mengubah hobi game menjadi sesuatu yang produktif. Selamat mencoba dan semoga menginspirasi.*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on 5 Cara Ampuh Biar Hobi Game Menghasilkan Uang

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *