Work from Home vs Work at Home, Bekerja dari Rumah vs Bekerja di Rumah

Follow @romel_tea

Work from Home vs Work at Home, Bekerja dari Rumah vs Bekerja di Rumah


ISTILAH
Work from Home (bekerja dari rumah) atau WFH populer di masa pandemi Covid-19. Pembatasan Sosial Berkala Besar (PSBB) guna menekan penyebaran virus corona membuat konsep WFH jadi pilihan.

Pegawai atau karyawan tidak harus bekerja di kantor, namun bisa bekerja dari rumah. Lalu, apa bedanya dengan Bekerja di Rumah (Work at Home, WAH)?

"Stay at Home" (tetap di rumah) juga dikampanyekan Satgas Covid-19. Tidak keluar rumah menjadi salah satu cara memutus rantai penularan corona.

Work at Home, Bekerja di Rumah

Work at Home atau bekerja di rumah merujuk pada aktivitas mencari nafkah yang dilakukan di rumah. Bekerja di rumah identik dengan wiraswasta (jadi tempat kerja Anda adalah rumah Anda) atau di mana pekerjaan sebenarnya berpusat di rumah karena beberapa alasan (misalnya jika pekerjaan Anda sedang merakit sesuatu dan Anda membawanya pulang dan merakitnya di sana).

Sebagai contoh, berikut ini jenis pekerjaan yang dilakukan di rumah atau bekerja di rumah, tanpa perlu membuka kantor atau bekerja di luar rumah:

  1. Guru Online
  2. Translator
  3. Penulis
  4. Konsultan Bisnis
  5. Pebisnis Online
  6. Photo Editor
  7. Web designer.
  8. Blogger.
Saya sendiri sudah bekerja di rumah sejak 2012, sejak memutuskan keluar dari sebuah instansi semi-pemerintah tingkat Jawa Barat. Saya memutuskan menjadi "full time blogger" dengan menjadikan blogging sebagai pekerjaan sehari-hari.

Jadi, ketika orang lain ramai-ramai "bekerja dari rumah", saya sudah lebih dulu "bekerja di rumah". Saya pun membuat "ruangan kantor" sendiri, memanfaatkan secuil lahan teras rumah. 

Work from Home, Bekerja dari Rumah

Work from Home atau "Bekerja dari rumah" disebut juga telecommuting, kerja jarak jauh, telework, teleworking, kerja lapangan, pekerjaan jarak jauh, bekerja dari mana saja, dan tempat kerja fleksibel.

WFH adalah pengaturan kerja di mana karyawan bekerja dari rumah, tidak bolak-balik atau bepergian ke tempat kerja pusat, seperti gedung kantor, gudang, atau toko.

Jika Anda akan melakukan telecommuting dari rumah, Anda perlu menerapkan sistem agar berhasil — hal-hal seperti:

  •  ruang kantor rumah khusus (jangan pernah berpikir untuk bekerja secara teratur dari tempat tidur atau sofa Anda), 
  • jadwal kerja yang ditentukan (tidak peduli seberapa fleksibel jadwal Anda, Anda perlu membuat rencana ke depan dan tahu kapan Anda akan bekerja), 
  • batasan yang jelas (teman dan keluarga perlu tahu kapan Anda bekerja dan menghargai waktu dan ruang Anda). 
Setelah sistem ini dibuat, rumah Anda bisa menjadi tempat kerja yang ideal bahkan saat menangani tugas-tugas rumah tangga.

Jadi, apa bedanya bekerja dari rumah dengan bekerja di rumah?

  • Bekerja dari rumah (WFH) adalah Anda bekerja di rumah untuk perusahaan atau lembaga tempat Anda bekerja. 
  • Bekerja di rumah (WAH) adalah rumah merupakan kantor tempat Anda bekerja sebagai wirausahawan atau profesional yang tak membutugkan tempat kerja di luar rumah.
Anda WFH atau WAH? Apa pun, sing penting mah bekerja dan semoga berkah. Amin!

Thanks for reading Work from Home vs Work at Home, Bekerja dari Rumah vs Bekerja di Rumah | Tags: | Follow Romeltea on Twitter

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

0 komentar on Work from Home vs Work at Home, Bekerja dari Rumah vs Bekerja di Rumah

Post a Comment

Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.