January 30, 2023

Contoh Skills Terbaik untuk Ditulis di Dalam CV

By Romeltea | Published: January 30, 2023

Contoh Skills Terbaik untuk Ditulis di Dalam CV
Ilustrasi Curriculum Vitae (123rf.com)

Skills (keterampilan atau keahlian) merupakan salah satu hal terpenting yang harus Anda masukkan ke dalam Curriculum Vitae (CV). Sebuah bagian keahlian yang sesuai akan menunjukkan kepada rekruter bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk lowongan pekerjaan tersebut.

Selain itu, skills yang dimasukkan ke dalam CV akan memudahkan rekruter untuk memfilter kandidat mana yang cocok dalam waktu singkat, sehingga mereka bisa menemukan kandidat unggul dengan lebih cepat.

Ada 2 jenis skills atau keterampilan yang bisa Anda masukkan ke dalam CV, yaitu hard skill dan soft skill.

Pertama ada yang namanya hard skill. Hard skill merupakan keterampilan teknis untuk melakukan pekerjaan secara spesifik yang bisa dipelajari maupun diukur kemampuannya.

Sementara itu, ada juga yang disebut soft skill. Ini merupakan skill intrinsik atau sifat karakter atau kepribadian seseorang yang menggambarkan cara Anda berhubungan dengan orang lain di tempat kerja.

Supaya Anda lebih memahami hard skill dan soft skill, yuk cek beberapa contohnya di bawah ini.

Contoh hard skills terbaik untuk CV

Berikut ada beberapa contoh hard skills dalam CV yang bisa Anda ketahui, di antaranya:

1. Skill Desain dan Marketing

Skill desain dan marketing menjadi salah satu skill yang banyak diperlukan oleh berbagai perusahaan. Apalagi sekarang pemasaran sering dilakukan secara online, sehingga skills ini semakin populer di kalangan anak muda.

Beberapa contoh keterampilan desain dan marketing dalam CV, yaitu Social Media Marketing, Graphic Design, Content Planning, SEO, Adobe Premiere Pro, UI/UX Design, Email Marketing, Content Strategy dan lainnya.

2. Skill Teknis

Skill teknis yang bisa Anda tulis dalam CV adalah kemampuan di bidang tertentu dan biasanya terkait bidang teknik maupun sains. Skills ini mengharuskan Anda untuk menggunakan software, seperti CAD, platform CRM, Drafting, ERP, Prototyping, STEM dan lainnya.

3. Skill Menulis

Walaupun sering dianggap sepele, kemampuan ini justru mesti dimiliki oleh para kandidat yang akan melamar ke perusahaan yang bergerak di bidang informasi dan sejenisnya.

Beberapa skills menulis yang bisa Anda pelajari dan dimasukkan ke dalam CV, yaitu Copywriting, Email Writing, Writing Reports, Content Writing, Business Writing dan lainnya.

4. Kemampuan Bahasa Asing

Memiliki skill bahasa asing akan meningkatkan value diri Anda sebagai pelamar kerja. Melalui kemampuan ini, Anda bisa mudah terhubung ke lebih banyak pelanggan dari berbagai belahan dunia.

Tentunya, skills ini bisa Anda manfaatkan saat menulis resume dengan membuat CV bahasa Inggris yang baik dan tepat, sehingga kesempatan untuk diterima di perusahaan idaman pun semakin luas.

5. Skill Manajemen

Beberapa contoh kemampuan yang termasuk dalam skill manajemen, diantaranya Recruiting, Project Management, Logistik, Public Speaking, Product Management dan lainnya.

6. Skill Komputer

Di zaman serba digital ini, keterampilan komputer menjadi hard skill yang harus dikuasai oleh semua orang. Beberapa keterampilan di bidang komputer, yaitu Microsoft Office Suite (Word, Powerpoint, Excel), Bahasa Pemrograman (CSS, HTML, Java Script), QuickBooks dan lainnya.

7. Kemampuan Analisis Data

Analisa data merupakan contoh kemampuan yang dimiliki seseorang untuk meneliti, mengamati hingga memahami berbagai jenis data untuk menemukan solusi terhadap permasalahan bisnis.

Adapun contoh dari skill analisa data, yaitu Research, Data Management, Data Visualization, Forecasting dan lainnya.

Contoh Soft Skills dalam CV

Selain hard skill, Anda juga harus memasukkan soft skill ke dalam CV agar resume milik Anda terlihat lebih menonjol dari kandidat lain.

Beberapa contoh soft skills terbaik yang bisa dimasukkan ke dalam CV, diantaranya:

1. Kepemimpinan (Leadership)

Kandidat yang memiliki skill kepemimpinan lebih disukai oleh HRD karena jiwa kepemimpinan akan menunjukkan lebih banyak inisiatif serta cenderung menginvestasikan diri mereka sendiri dalam membantu perusahaan untuk tumbuh.

2. Kerjasama Tim

Dalam dunia kerja, Anda harus bisa bekerja secara efektif dengan rekan kerja atau orang-orang sekitar. Sehingga, kamu mesti memiliki skill ini untuk dimasukkan ke dalam CV.

3. Perhatian Terhadap Detail

Memberi perhatian bahkan terhadap detail kecil pun mesti Anda masukkan ke dalam CV. Hal ini akan menjadi pembeda antara kandidat yang memiliki dedikasi kuat serta kandidat yang hanya ingin menyelesaikan tanggung jawab mereka.

4. Kemampuan Adaptasi

Kemampuan adaptasi dalam CV akan menunjukkan seberapa baik Anda dapat menyesuaikan diri ke dalam situasi baru. Sehingga, skill ini dipandang baik untuk dimasukkan ke dalam CV lamaran kerja.

5. Pemecahan Masalah

Kemampuan pemecahan masalah menjadi skill yang membuat seseorang dapat berpikir untuk menemukan sebuah solusi. Kemampuan ini akan selalu berharga bagi perusahaan karena di setiap tempat kerja pasti memiliki masalah yang perlu ditangani.

6. Kreatif dan Inovatif

Bagi Anda yang memiliki jiwa kreatif dan inovatif, maka bisa memasukkannya ke dalam CV. Terutama jika Anda ingin melamar ke perusahaan startup, karena kreativitas dan inovatif ini akan diuji untuk mengembangkan ide serta memajukan perusahaan.

7. Kemampuan Komunikasi

Kemampuan komunikasi juga penting untuk dimasukkan ke dalam CV karena Anda akan berkomunikasi dengan berbagai macam orang, baik itu klien, rekan kerja, maupun pelanggan.

Itulah beberapa contoh skills terbaik yang bisa Anda masukkan ke dalam CV. Jika Anda ingin mengetahui informasi seputar CV dan dunia kerja lainnya, maka bisa cek selengkapnya di cvmenarik.com.

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Contoh Skills Terbaik untuk Ditulis di Dalam CV

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *