April 18, 2024

WhatsApp Bisnis : Kunci Kepercayaan Konsumen, Kepuasan, hingga Branding

By Romeltea | Published: April 18, 2024

WhatsApp Bisnis : Kunci Kepercayaan Konsumen, Kepuasan, hingga Branding

Sebagai salah satu aplikasi paling banyak digunakan di dunia saat ini, tanpa diragukan lagi WhatsApp memiliki basis pengguna yang cukup besar dan masif. Fakta ini membuat WhatsApp menjadi sasaran utama, bagi para pelaku digital marketing untuk dapat mencari konsumen sebanyak-banyaknya.

Namun tantangan sejatinya adalah, bagaimana cara menggunakan WhatsApp secara optimal sebagai aplikasi kunci untuk dapat membangun komunikasi, kepercayaan, dan bahkan kepuasan terhadap konsumen?

Di postingan blog kali ini, kami akan memberimu pemahaman mengapa WhatsApp bisnis menjadi kunci berkomunikasi dengan pelanggan, caramu membangun kepercayaan terhadap konsumen, hingga bagaimana Whatsapp CRM mampu membantumu mengoptimalkan semuanya.

Mengapa WhatsApp Bisnis Jadi Kunci Komunikasi dengan Pelanggan?

Popularitas Tiada Tanding

Dewasa ini, WhatsApp menjadi aplikasi paling banyak diunduh nomor satu di dunia. Berbagai kelebihan yang ditawarkan seperti harga yang murah, ketersedian secara global, dan fitur yang lengkap, mampu membuat WhatsApp unggul jika dibandingkan dengan aplikasi kompetitornya seperti Telegram hingga WeChat.

Satu faktor kunci yang membuat aplikasi ini sulit dikalahkan oleh kompetitornya adalah, popularitas. Kamu bisa saja tidak mendapati aplikasi seperti Telegram atau WeChat di ponsel mereka, tapi satu yang pasti kamu dapati adalah keberadaan WhatsApp sebagai aplikasi media komunikasi utama di tiap ponsel pintar saat ini.

Dua Fitur Kunci dari WhatsApp untuk Penggunanya

Nah, dengan segala keunggulan yang dimiliki. WhatsApp dirasa cocok membuatnya menjadi media ideal untuk mendukung kegiatan bisnis seperti marketing, hingga berjualan. Hal ini disebabkan oleh keutamaan dalam kelancaran kegiatan pemasaran hingga bisnis, komunikasi menjadi kunci utama. 

Dengan demikian kehadiran WhatsApp yang menjadi media aplikasi komunikasi secara global, mampu menjembatani antara penjual dan pelanggan dengan cukup baik.

Sehingga kegiatan bisnis dapat mencapai audiens yang luas dan mendapatkan lebih banyak pelanggan yang potensial. Selain itu, WhatsApp memiliki dua fitur kunci utama yang membuatnya banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia.

● Penggunaan praktis yang berhubungan dengan bisnis menjadi fitur utama yang ditawarkan oleh WhatsApp Business. Kemudahan dalam mengirim pesan teks, suara hingga multimedia ke segala user oleh brand memungkinkan terbangunnya komunikasi yang baik.

● Kemampuan interaktif yang luas berupa pengiriman pesan teks, panggilan suara, panggilan video, serta berbagai fitur lainnya seperti status, grup, dan story. Dengan berbagai pilihan ini, pelanggan dapat memilih cara komunikasi yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan mereka.

Mengenal Perbedaan Dua Jenis WhatsApp Bisnis

Dalam pengertiannya WhatsApp bisnis adalah versi bisnis dari aplikasi WhatsApp. Versi bisnis ini didesain khusus untuk membantu mempermudah para pelaku bisnis berinteraksi dengan pelanggannya secara lebih efektif.

Sebelumnya, bagi kamu yang masih awam tentang WhatsApp Bisnis, versi WhatsApp ini tersedia dalam dua akun pilihan.

Aplikasi WhatsApp Bisnis

Untuk jenis akun ini, kamu dapat menggunakannya di ponsel pintar yang kamu miliki. Fiturnya yang sudah cukup premium dan dapat kamu gunakan untuk menunjang kegiatan bisnis dan kampanye digital marketing.

Berikut beberapa tips memaksimalkan penggunaan WhatsApp bisnis kamu.

● Lengkapi profil WhatsApp bisnis dengan memastikan mengisi semua informasi penting dalam profil bisnismu. Termasuk di dalamnya alamat, jam operasional, deskripsi bisnis, dan informasi kontak lainnya.

● Gunakan pesan sapaan selamat datang, dengan memberikan sambutan kepada pelanggan yang menghubungi untuk pertama kalinya. Pesan ini nantinya bisa berisi informasi singkat tentang brand bisnis atau menawarkan bantuan kepada pelanggan.

● Manfaatkan fitur pesan otomatis, dengan mengatur pesan otomatis agar dapat merespons pertanyaan umum atau memberikan informasi dasar.

● Jadwalkan pesan, dengan mengirimkannya pada waktu tertentu. Fitur ini juga memungkinkan kamu untuk merencanakan komunikasi secara terjadwal dan memastikan pesan mencapai pelanggan tepat waktu..

● Buat grup bisnis, dan usahakan untuk tetap aktif di dalamnya. Gunakan grup ini untuk berkomunikasi dengan staf, memberikan pembaruan, atau menyampaikan informasi penting kepada anggota tim.

● Kirim pesan bergambar, yang berguna untuk mempromosikan produk atau menyampaikan pesan dengan cara yang lebih menarik sehingga mampu menarik minat dari pelanggan.

Platform WhatsApp Bisnis

Untuk versi WhatsApp Business API, atau disebut juga sebagai platform WhatsApp Bisnis, merupakan versi lanjutan dari aplikasi WhatsApp Bisnis yang dirancang untuk bisnis dengan skala yang lebih besar dan kebutuhan komunikasi yang lebih kompleks.

Versi ini dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, termasuk template pesan, chatbot, otomatisasi, hingga analisis. Dikarenakan lebih kompleks versi WhatsApp ini membutuhkan tim pengembang atau BSP (Business Solution Provider), seperti CRM, untuk integrasi dan pengoperasiannya.

Intinya, versi ini merupakan versi lebih besar dan rumit dari aplikasi WhatsApp bisnis, namun kamu tetap dapat menerapkan strategi dan tips yang sama untuk mendulang pelanggan sebanyak-banyaknya.

Jika kamu tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, kamu dapat membaca artikel Kelebihan dan Kekurangan Platform WhatsApp Bisnis berikut.

Bagaimana CRM dan Chatbot di WhatsApp dapat Membantu Bisnis?

Jika kamu telah menggunakan WhatsApp bisnis dan ingin melakukan optimalisasi lebih jauh lagi, kamu dapat mengintegrasikan WhatsApp Bisnis milikmu dengan CRM dan ChatBot. 

Secara sederhana, WhatsApp CRM adalah perangkat lunak manajemen hubungan pelanggan yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Fitur ini memungkinkan bisnis kamu untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan pelanggan dengan mudah melalui satu platform.

Sementara itu WhatsApp Chatbot adalah program yang dibuat untuk merespons klien kamu secara otomatis di WhatsApp. Dengan pemicu dan tindakan yang telah ditentukan sebelumnya, chatbot dapat langsung memberikan respons yang sesuai dan menawarkan layanan kepada pelanggan tanpa kamu harus membalasnya secara pribadi.

Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan sebuah brand bisnis dengan menerapkan WhatsApp CRM dan chatbot di WhatsApp bisnis mereka.

● Penjualan dan pemasaran yang lebih efektif, karena kemampuan WhatsApp CRM yang dapat mengidentifikasi peluang penjualan baru dan mengelola proses penjualan brand bisnis dari awal hingga akhir.

● Analisis data yang lebih baik, dengan memanfaatkan kemampuan CRM dalam mengumpulkan dan menganalisis data pelanggan dari berbagai sumber, termasuk interaksi dengan chatbot di WhatsApp, sehingga mampu memberikan pemahaman lebih mendalam tentang preferensi dan perilaku pelanggan.

● Personalisasi interaksi dengan pelanggan menggunakan data yang tersimpan pada CRM, WhatsApp dapat secara otomatis menyediakan jawaban dan rekomendasi yang dipersonalisasi sesuai dengan preferensi dan riwayat pembelian pelanggan.

● Interaksi pelanggan yang lebih cepat dan efisien oleh Whatsapp Chatbot yang memungkinkan adanya respons cepat terhadap pertanyaan umum pelanggan, seperti jam operasional, status pesanan, dan informasi produk.

● Peningkatan ketersediaan layanan terhadap pelanggan dengan bantuan chatbot di WhatsApp, sehingga brand bisnis dapat memberikan layanan pelanggan 24/7 tanpa adanya kesulitan berarti dan meminimalisir tambahan tenaga karyawan.

Di era digital saat ini, sebuah bisnis memerlukan komunikasi secara efektif dengan pelanggan mereka melalui berbagai saluran. Karena itu, kehadiran WhatsApp CRM dan ChatBot, mampu memberikan solusi untuk kamu dalam mengelola semua interaksi pelanggan melalui satu aplikasi.

Newest
You are reading the newest post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on WhatsApp Bisnis : Kunci Kepercayaan Konsumen, Kepuasan, hingga Branding

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *