Menulis

Media Massa: Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Posted by Romel Tea ● Follow @romeltea ● Like Romeltea Media on Facebook

Media Massa: Pengertian dan Jenis-Jenisnya
APA yang terbayang di benak Anda ketika mendengar kata media massa (mass media)? TV, Radio, Majalah, Koran? Anda benaaaar.....!!! Tapi, tunggu dulu, pengertian dan jenis media massa tidak sebatas itu.

Berbagai sumber menyebutkan, media massa (biasa disingkat "media" saja) berasal dari bahasa Latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium. Secara harfiah, media berarti perantara atau pengantar --dalam hal ini perantara atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi.

Istilah media populer di dunia komunikasi dan dunia pendidikan. Di bidang komunikasi, media adalah saluran (channels) komunikasi. Di dunia pendidikan, media adalah alat (tools) untuk menunjang proses belajar-mengajar

Yang kita bahas di posting ini adalah media dalam pengertian media massa --sarana komunikasi massa.

Pengertian Media Menurut Bahasa

Kamus Bahasa Inggris umumnya mengartikan media sebagai alat, sarana, saluran, perantara, alat jalur (of communications), dan wasilah

Kamus Online Dictionary mengartikan media sebagai hal yang terkait komunikasi, yakni media komunikasi massa seperti majalah, radio, dan televisi:
  1. a plural of medium.
  2. (usually used with a plural verb ) the means of communication, as radio and television, newspapers, and magazines, that reach or influence people widely.
Ensiklopedia Online Wikipedia juga mengartikan media terkait dengan saluran komunikasi. "Tools used to store and deliver information or data". Alat menyimpan dan menyampaikan informasi atau data.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), media (me·dia /média) diartikan sebagai berikut:
  1. alat;
  2. alat (sarana) komunikasi seperti koran, majalah, radio, televisi, film, poster, dan spanduk;
  3. yang terletak di antara dua pihak (orang, golongan, dsb): wayang bisa dipakai sbg media pendidikan;
  4. perantara; penghubung;
  5. zat hara yang mengandung protein, karbohidrat, garam, air, dsb. baik berupa cairan maupun yang dipadatkan dengan menambah gelatin untuk menumbuhkan bakteri, sel, atau jaringan tumbuhan.

Pengertian Media Menurut Istilah

Pengertian media menurut istilah umumnya terkait dengan komunikasi dan pendidikan. Umumnya, ketika orang menyebut media, maka yang dimaksud adalah media massa, yakni media komunikasi massa, seperti suratkabar, majalah, radio, dan televisi.
Kita pun mengenal istilah "insan media", "awak media", atau "orang media". Yang dimaksud tak lain adalah wartawan atau "insan pers".
Menurut Leksikon Komunikasi, media massa adalah “sarana penyampai pesan yang berhubungan langsung dengan masyarakat luas, misalnya radio, televisi, dan surat kabar”.

Karakteristik Media Massa

Tidak semua media bisa disebut media massa. Karakteristik media massa terpopuler antara lain: 
  1. Publisitas. Disebarluaskan kepada publik, khalayak, atau orang banyak.
  2. Universalitas. Pesannya bersifat umum, tentang segala aspek kehidupan dan semua peristiwa di berbagai tempat, juga menyangkut kepentingan umum karena sasaran dan pendengarnya orang banyak (masyarakat umum).
  3. Periodisitas. Tetap atau berkala, misalnya harian atau mingguan, atau siaran sekian jam per hari.
  4. Kontinuitas. Berkesinambungan atau terus-menerus sesuai dengan priode mengudara atau jadwal terbit.
  5. Aktualitas. Berisi hal-hal baru, seperti informasi atau laporan peristiwa terbaru, tips baru, dan sebagainya. Aktualitas juga berarti kecepatan penyampaian informasi kepada publik.

Jenis-Jenis Media Massa

Jenis-jenis media massa saat ini secara garis besar dibagi tiga:
  1. Media Cetak (Printed Media): Suratkabar, Tabloid, Majalah.
  2. Media Elektronik (Electronic Media): Radio, Televisi, Film/Video
  3. Media Siber (Cyber Media): Website, Portal Berita, Blog, Media Sosial.
Untuk berkomunikasi melalui media massa (komunikasi massa), keahlian atau keterampilan (skills) yang harus dimiliki antara lain menulis (writing skill), jurnalistik, broadcasting/announcing skills, editing, bahasa jurnalistik (bahasa media), dan editing foto, audio, dan video. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

Previous
« Prev Post
0 Komentar untuk "Media Massa: Pengertian dan Jenis-Jenisnya"

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.