Romeltea Media

Cara Mengatasi Filler Words Hmmm Eeee Apa Namanya dalam Public Speaking

Cara Mengatasi Filler Words Hmmm Eeee Apa Namanya dalam Public Speaking
Cara Mengatasi Filler Words Hmmm Eeee Apa Namanya dalam Public Speaking.

Pembicara publik atau orang yang pidato, bahkan dalam obrolan sehari-hari, kita sering mendengar suara-suara tak enak, seperti hmmm, eeee, euuu...,emmm..., umm... anu, apa namanya.

Dalam Public Speaking, suara-suara "kata-kata tak berarti" atau "suara-suara yang mengganggu" (noisy sounds) tadi disebut Filler Words atau Fillers.

Filler artinya pengisi, yaitu mengisi kekosongan. Filler disebabkan mulut sudah terbuka, tapi "pasokan data (kata/kalimat)" dari otak belum nyampe ke mulut.

Akibatnya, daripada mulut hanya menganga (terbuka) tanpa suara, maka diisilah dengan kata-kata tak bermakna tadi: hmmm, eeee, eeeeuuuhh.... apa namanya, ehh anu...!

Secara umum, suara-suara yang keluar dari mulut seorang pembicara seperti hmm, uh, oh, mm dalam bahasa Inggris disebut Non-Lexical Conversational Sounds.

non-lexical conversational sounds

Public Speaker profesional sekalipun tidak dapat terhindar dari filler words atau non-lexical conversational sounds tadi, jika tidak bisa "mengendalikan mulut" atau dalam kondisi "terburu-buru", ingin cepat ngomong, padahal bahan yang akan disuarakan belum ditemukan.

Filler words seperti eee, emmm, dsb itu juga sering kita dengar keluar dari mulut presenter TV, penyiar radio, narasumbe berita, dan sebagainya. 

Cara Mengatasi Filler Words dalam Public Speaking

Cara terbaik mengatasinya adalah jangan dulu buka mulut sebelum kata-kata atau kalimat sudah siap dikemukakan.

Menurut Forbes, ada empat cara mengatasi filler words salam public speaking:
  1. Hear Yourself Using Filler Words.
  2. Chunk Your Information.
  3. Make Eye Contact. 
  4. Pre-plan Your Transitions
Laman Superheroyou  memberikan 15 tips mengatasi filler words sebagai berikut:
  1. Identify how often you use filler words.
  2. Know which filler words you want to stop saying.
  3. Slow down.
  4. Don’t be afraid of silence
  5. Make eye contact
  6. Rehearse for presentations and meetings.
  7. Practice chunking
  8. Focus on your conversation.
  9. Gesticulate
  10. Talk loudly.
  11. Relax.
  12. Shorten your sentences.
  13. Institute reminders.
  14. Replace fillers with other words.
  15. Be persistent.

Demikian Cara Mengatasi Filler Words Hmmm Eeee Apa Namanya dalam Public Speaking. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Romeltea Media

Perhitungan Google AdSense: Cara Google Membayar Publisher

Google membayar penayang iklannya dengan dua cara, yaitu Biaya Per Klik (BPK/CPC) dan Biaya Per Seribu (BPS/CPM).

Perhitungan Google AdSense: Cara Google Membayar Publisher
Postingan ini khususnya buat penayang iklan Google pemula. Yang belum mengerti bagaimana Google menghitung komisi buat blogger yang menjadi publisher AdSense.

Bagi Anda yang belum diterima menjadi penayang iklan Google, silakan simak Cara Agar Blog Diterima Google AdSense.

Cara pembayaran yang saya maksud di postingan ini bukan cara Google mengirimkan pembayaran atau menyerahkan penghasilan yang kita dapat, tapi cara perhitungan komisi. Sistem pembayaran AdSense kepada publisher a.l. via Cek dan Western Union. Saya pilih yang kedua.

Secara garis besar, Google AdSense akan membayar penayang iklan (publisher) dengan dua cara, yaitu jika ada pengunjung yang klik iklan dan jika iklan tampil seribu kali.

Jadi, jika iklan AdSense tidak ada yang klik pun, penayang iklan masih tetap dibayar atau mendapatkan penghasilan dari jumlah tampilan halaman atau jumlah kunjungan, minimal seribu tampilan atau seribu kali halaman dibuka pengunjung.

Dengan demikian, jumlah penghasilan AdSense tetap ditentukan oleh jumlah kunjungan atau trafik. Makin banyak pengunjung, makin sering blog atau website penayang AdSense dibuka pengguna internet, maka kian tinggi potensi pendapatannya.

Tugas kita sebagai publisher Google AdSense adalah terus berusaha meningkatkan jumlah pengunjung blog dengan cara rajin upate, membuat konten berkualitas, dan menerapkan teknik Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO).

Perhitungan Google AdSense: Cara Google Membayar Publisher

Berikut ini pejelasan ringkas tentang Perhitungan Google AdSense: Cara Google Membayar Publisher. Secara garis besar ada dua perhitungan pendapatan:

1. Biaya Per Klik (PPK) atau Cost Per Click (CPC)

Biaya per klik (BPK) adalah jumlah yang Anda peroleh setiap kali pengguna mengeklik iklan Anda. BPK untuk iklan ditentukan oleh pengiklan; sebagian pengiklan mungkin bersedia membayar lebih per klik daripada pengiklan lainnya, tergantung pada apa yang diiklankan.

2. Biaya Per Seribu (BPS) atau Cost per Mille (CPM)

Publisher adsense akan menerima pembayaran berdasarkan perhitungan per seribu kali halaman tayang.

BPS adalah singkatan dari "biaya per seribu tayang". Pengiklan yang menjalankan iklan BPS menetapkan harga yang diinginkan per 1000 kali penayangan iklan, memilih penempatan iklan tertentu untuk menampilkan iklan, dan membayar setiap kali iklan tampil.

Iklan BPS dapat berupa iklan teks atau gambar, dan selalu bertarget penempatan. Iklan teks BPS akan diperpanjang untuk menempati seluruh unit iklan. Iklan teks diperpanjang ini dapat ditampilkan pada laman Format Iklan.

Dari dua jenis cara Google membayar penayang iklan itu, ada pula turunannya yang disebut Click Through Rate (CTR) dan Revenue Per Thoushand Impression (RPM).

CTR yaitu jumlah klik iklan dan dibagi dengan jumlah tayang iklan.

Misalnya, jika iklan Google ditayangkan di sebuah blog sebanyak 1500 kali dan mendapatkan klik 12 kali, maka CTR-nya adalah 12/1500 = 0,008 = 0,8%

RPM yaitu pendapatan rata-rata yang bisa di dapatkan dari setiap 1.000 impresi. Untuk kebanyakan Publisher Adsense, RPM yang di peroleh antara US$1 – 5 tergantung wilayah, jenis konten, dan relevansi iklan.

Selengkapnya tentang Perhitungan Google AdSense atau Cara Google Membayar Publisher bisa disimak di Glosarium Bantuan AdSense.

Saya sendiri "tidak terlalu peduli" atau "tidak ambil pusing" soal bagaimana Google menghitung komisi atau penghasilan AdSense saya.

Yang saya lakukan adalah berusaha membuat konten berkualitas sebagaimana dianjurkan Google agar pengunjung blog saya banyak. Makin banyak pengunjung, kian tinggi potensi pengasilan AdSense saya.

Kata Google, prinsip dasar konten berkualitas atau postingan berharga itu adalah sebagai berikut:
  • Buat laman yang utamanya untuk pengguna, bukan untuk mesin telusur.
  • Jangan menipu pengguna Anda.
  • Hindari trik yang dimaksudkan untuk meningkatkan peringkat mesin telusur. Yang paling penting adalah apakah Anda merasa nyaman menjelaskan apa yang telah Anda lakukan ke laman web pesaing Anda, atau kepada karyawan Google. Pengujian berguna lainnya adalah menanyakan, "Apakah ini membantu pengguna saya? Akankah saya melakukan ini jika tidak ada mesin telusur?"
  • Pikirkan tentang apa yang membuat situs web Anda unik, berharga, atau menarik. Buat situs web Anda menonjol dari yang lain di bidang Anda.
Google Fesh Content

Ulasan ringkas tentang Perhitungan Google AdSense: Cara Google Membayar Publisher di atas juga memberi gambaran, betapa besar penghasilan AdSense situs-situs berita yang trafiknya tinggi banget, mencapai jutaan pengunjung per hari.

Saya sudah mengulasnya di penghasilan situs berita dari AdSense karena konten dibagikan gratis kepada pengunjung atau pembaca.

Karena orientasinya trafik yang identik dengan pendapatakan, maka tak heran jika banyak wartawan atau media siber (media online) yang "melacurkan diri" dengan menganut jurnalisme umpan klik. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Romeltea Media

15+ Template Blog Toko Online Gratis Download Terbaik

Template Blog Toko Online Gratis Download Terbaik berikut ini tentu saja versi saya. Best Online Store Blogger Template my version hasil Googling.

Template ini gratis download. Anda tinggal pasang di blog bisnis atau warung online Anda. Bikin dulu blognya, lalu ganti dengan salah satu template blog toko online terbaik ini.

15+ Template Blog Toko Online Gratis Download Terbaik

1. WeCommerce - Free Online Store Blogger Template

WeCommerce - Free Online Store Blogger Template
 
DEMO | DOWNLOAD

2. Mega Shop - Responsive eCommerce Blogger template

Mega Shop Responsive eCommerce Blogger template
 
 
3. Shopingo - Template Toko Online Responsive Gratis

Shopingo - Template Toko Online Responsive Gratis
 
4. BetaCommerce Responsive eCommerce Blogger Template
BetaCommerce Responsive eCommerce Blogger Template
 
 
5. Boutique - Template Blog Toko Online Responsive

Boutique - Template Blog Toko Online Responsive
 
6. Simplex eShop - Blogger eCommerce Template
Simplex eShop - Blogger eCommerce Template 
 

7. BukaBaju - Template Blog Toko Online

BukaBaju - Template Blog Toko Online
 

8. JohnyBlackstore Template
JohnyBlackstore Template


DEMO | DOWNLOAD

9. Catalogspot K2 E-Commerce - Template Blog Toko Online

Catalogspot K2 E-Commerce - Template Blog Toko Online

DEMO | DOWNLOAD

10. Shopping Cart - Template Blog Toko Online
Shopping Cart - Template Blog Toko Online

DEMO | DOWNLOAD

11. Blogger Store - Template Blog Toko Online
Blogger Store - Template Blog Toko Online

DEMO | DOWNLOAD

12. Baby Shop - Template Blog Toko Online

Baby Shop - Template Blog Toko Online

DEMO | DOWNLOAD


13. BlogrShop - Online Store Responsive Blogger Template BlogrShop - Online Store Responsive Blogger Template
DEMO | DOWNLOAD
 
14. CatalogSpot - Online Store Responsive Blogger Template  
 
CatalogSpot - Online Store Responsive Blogger Template

DEMO | DOWNLOAD

15. Shoppaholic - Responsive Blogger Template for Online Shop
Shoppaholic - Responsive Blogger Template for Online Shop

DEMO | DOWNLOAD

Itu dia 15 Template Blog Toko Online Gratis Download Terbaik yang bisa dipasang di blog bisnis Anda -- Toko Online Berbasis Blogger.
 
 
Romeltea Media

Top 10 Toko Online Terpopuler & Terbaik di Indonesia

Top 10 Toko Online Terpopuler & Terbaik di Indonesia
Top 10 Toko Online Terpopuler & Terbaik di Indonesia.

ANDA suka belanja di Toko Online? Saya juga. Bahkan, ketika mau belanja offline pun, saya ke toko online dulu buat cek harga, spesifikasi, model, dan tinjauan (review) jika ada.

Saya suka belanja di Lazada, khususnya yang Bayar di Tempat (COD, Cash on Delivery). Sejauh ini, tidak ada pengalaman buruk belanja di Lazada. Aman-aman saja. Lancar jaya.

Tiga penghuni rumah lainnya juga diam-diam suka belanja online di Lazada. Saya sering "katempuhan" untuk bayarnya :)

Iseng-iseng, saya ingin tahu toko online terpopuler di Indonesia. E-commerce, Online Shop, atau Marketplace terbaik pastinya banyak pengunjung sekaligus terpercaya.

Saya menemukan data dari laman EcomEye. Ternyata, Lazada nomor satu. Bhinneka nomor 10 dari "Top 10 online shopping ecommerce sites in Indonesia 2017".

Total pengunjung Lazada mencapai 88,76 juta. Beda dikit, Tokopedia di urutan kedua dengan 87,23 juta pengunjung. Bhinneka di posisi 10 besar 5,12 juta pengunjung.

Top 10 Toko Online Terpopuler di Indonesia

Berikut ini Top 10 Toko Online Terpopuler di Indonesia versi EcomEye tadi. Deskripsinya saya kutipkan dari masing-masing Meta Tags (Title & Description) halaman websitenya.

1. Lazada Indonesia (88.76M visits)

Belanja Online Harga Terbaik di Indonesia. Lazada adalah Toko Jual Beli Online & Promo Elektronik, Fashion, Furnitur, Kebutuhan Bayi dan Isi Pulsa Disini | Bisa COD ✓ Cicilan 0% ✓ Gratis Ongkir Seluruh Indonesia. 

Lazada.co.id merupakan bagian dari Lazada Group yang menjadi tujuan belanja online nomor satu di Asia Tenggara. Lazada Group beroperasi di Indonesia.

2. Tokopedia.com (87.23M visits) 

Jual Beli Online Aman dan Nyaman. Mal online terbesar Indonesia, tempat berkumpulnya toko / online shop terpercaya se Indonesia. Jual beli online semakin aman dan nyaman di Tokopedia.

3. Bukalapak.com (61.07M visits) 

Situs Belanja Online dan Jual Beli Mudah Terpercaya. Situs jual beli online terpercaya di Indonesia. Belanja online murah, aman dan nyaman dari jutaan toko online pelapak Bukalapak garansi uang kembali.

4. Kaskus.co.id  (55.18M visits)

Forum Diskusi Terbesar & Jual Beli Paling Murah. Forum diskusi, rumah ribuan komunitas dan pusat jual beli online di Indonesia.


5. Samsung.com

Samsung Indonesia | Mobile | TV | Home Appliances. Samsung membantu Anda menemukan jajaran produk elektronik dengan teknologi terkini termasuk smartphone, tablet, TV, peralatan rumah tangga dan lainnya.

6. Olx.co.id (51.55M visits) 

OLX - Jual Cepat Beli Dekat. OLX Indonesia, pusat jual beli online terbesar di Indonesia. Semua barang ada disini, dari handphone, komputer, otomotif, fashion bahkan rumah dan lowongan kerja.

7. Blibli.com  (45.08M visits)

Toko Online Blibli.com, Sensasi Belanja Online Shop ala Mall. Blibli.com toko online dengan pengalaman belanja online yang fun & simple. Beli gadget baru, Branded Fashion, Sports, Elektronik & Otomotif free shipping.


8. Shopee.co.id  (18.41M visits)


Shopee Indonesia. Jual Beli di Ponsel dan Online. Jelajahi pusat perbelanjaan mobile, Shopee! Jual Beli dalam 30 detik. Kapanpun, Dimanapun. Garansi Shopee | Gratis Ongkir | 100% Bebas Biaya. ual-Beli Praktis dgn Harga Terbaik di Tempat Belanja Online No.1 Indonesia.

9. MatahariMall.com (5.88M visits).

Belanja Online Aman, Nyaman, Terpercaya. Situs belanja online terbesar yang menyediakan ratusan ribu pilihan produk dengan harga paling murah. Belanja online aman, nyaman, dan lengkap tanpa ongkir disini.

10. Bhineka.com  (5.12M visits)

Toko Online Komputer, Gadget, Fotografi, Elektronik, Musik, dan banyak lagi. Toko Online No. 1 dan Terbesar di Indonesia dengan produk LENGKAP, Kualitas TERJAMIN, Harga MURAH, CICILAN 0%, dan GRATIS Pengiriman.

Toko Online yang belum masuk 10 besar terpopuler di Indonesia a.l.
  • Jualo.com
  • Carousell
  • Taobao
  • eBay
  • Gumtree
  • Reebonz
  • JD.id
  • Zalora
  • Sales Stock
  • Akulaku
  • Blanja

Itu dia Top 10 Toko Online Terpopuler & Terbaik di Indonesia. Toko online langgan Anda yang mana?

Btw, kita juga bisa lho membuat Toko Online sendiri. Bikin aja Blog lalu gunakan template toko online. Gratis! Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Romeltea Media

Daftar Istilah Jurnalistik Online - Online Journalism Glossary

Daftar Istilah Penting Jurnalistik Online - Online Journalism Glossary
Daftar Istilah Jurnalistik Online - Online Journalism Glossary.

Jurnalistik Online adalah pemberitaan atau publikasi peristiwa dan informasi aktual melalui situs web di internet. Media publikasinya disebut media online atau meda siber (cyber media).

Kamus bebas Wikipedia mendefinisikan jurnalisme online atau digital journalism sebagai ”pelaporan fakta yang diproduksi dan disebarkan melalui internet” (reporting of facts produced and distributed via the Internet).

Disebutkan juga, jurnalisme online adalah bentuk jurnalisme terkini berupa penyebarluasan konten editorial melalui internet (online journalism is a contemporary form of journalism where editorial content is distributed via the Internet).

Karakteristik junalistik online yang tidak dimiliki media lainnya ada dua: Link dan Multimedia.
  1. Link (tautan) atau hyperlinks adalah tautan ke berita atau informasi lain yang mendukung berita yang disajikan. Umumnya diawali dengan teks "Baca Juga", "Berita Terkait", atau "Lihat" diikuti judul atau kalimat berupa anchor teks dan url sehingga bisa diklik.
  2. Multimedia. Jurnalistik online bisa menyajikan informasi atau berita dalam bentuk teks, gambar, video, audio, dan grafis sekaligus dalam satu judul atau halaman web (web page).
Karakteristik Jurnalistik Online liannya, seperti kecepatan, kesegaran, dan interaktivitas masih bisa dilakukan jurnalistik radio dan televisi (broadcast journalism).

Daftar Istilah Penting Jurnalistik Online

Berikut ini Daftar Istilah Penting dalam Jurnalistik Online.

User (Pengguna)
User (pengguna) adalah sebutan bagi pembaca media online. Secara umum, user adalah sebutan bagi pengguna internet atau orang yang mengakses internet dan membuka, mencari, dan membaca informasi di situs web yang tersaji di internet.

User dalam konteks media atau jurnalistik identik dengan pembaca (media cetak), pemirsa atau penonton (media televisi), dan pendengar (media radio).

Visitor (Pengunjung)
Pengertian visitor sama dengan user, yaitu orang yang membuka, membaca, atau mengunjungi media online.

Unique Visitors (UV, Pengunjung Unik)
Pengunjung unik yaitu orang yang baru pertama kali membuka sebuah website, termasuk situs berita.

Pengunjung unik berbeda dengan pengunjung reguler, yaitu pembaca setia atau orang yang berulang-ulang membuka sebuah sebuah situs.

AdSense
AdSense adalah sumber utama pendapatan atau penghasilan media online.

AdSense adalah singkatan dari Google AdSense atau Iklan Google, yaitu program periklanan Google yang melibatkan para pemilik situs web atau blog sebagai penayang (publisher).

Iklan AdSense muncul secara otomatis di halaman tertentu sesuai dengan tempat pemasangan kode iklan yang disediakan Google.

Iklan yang diklik pengunjung dan/atau tampil seribu kali akan menghasilkan komisi bagi penayang.

AdWords
AdWords adalah program periklanan dari Google bagi pemasang iklan. Jika kita memasang iklan di Google, maka iklan kita akan tampil di berbagai situs web dengan konten yang relevan dengan materi iklan kita.

Search Engine Optimization (SEO)

Google SEO
SEO dalam bahasa Indoensia disebut Pengoptimalan Mesin Telusur atau mesin pencari (search enginze).

Mayoritas pengguna, pengunjung, atau pembaca membuka situs web dari mesin pencari seperti Google, Yahoo, atau Bing dengan menggunakan penjelajah internet seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Opera di komputer atau telepon seluler pintar (smarthone).

Bersaing dengan media lain yang menulis berita atau menyajikan informasi serupa, kalangan jurnalis atau manajemen media online harus melalukan teknik SEO agar berita atau medianya terindeks dengan cepat dan mudah sehingga tampil di peringkat teratas halaman pertama hasil pencarian (SERP, Search Engine Results Page).

Teknik SEO secara umum meliputi keunikan dan keaslian berita (bukan salinan/copy paste), kelengkapan (detail), dan dukungan elemen lain seperti gambar dan video.

Teknik SEO juga meliputi tampilan situs web yang harus ramah seluler (mobile-friendly) dan ringan atau tampil cepat (fast loading).

Social Marketing Optimization (SMO)
Bagian dari teknik SEO, yaitu pemasaran atau promosi melalui media sosial, baik dengan cara mencari followers sebanyak-banyaknya, upate status, dan membuat konten unik dan menarik sehingga dibagikan (share), disukai (like), dan dikomentari (comments).
 

Social Media Marketing (SMM)
Pemasaran melalui Media Sosial, yaitu promosi berupa pemasangan iklan di Facebook, Twitter, atau media sosial lainnya.

Stand-Alone Journalism
Istilah ini dikemukakan guru besar jurnalistik Jay Rosen dan Chris Nolan. Stand-Alone Journalism atau "Jurnalis Mandiri" merujuk pada wartawan profesional yang membuat situs web atau media online sendiri.

Di Indonesia kayaknya belum ada "Jurnalis Mandiri" seperti Rafat Ali, Nick Denton, Om Malik, Jason Calacanis, atau Josh Marshall di luar sana.

Keywords (Kata Kunci)
Kata kunci bisa dikatakan sebagai TEMA atau TOPIK dalam pemberitaan media online.

Berita media online atau media siber akan banyak dibanyak jika menyajikan berita dengan kata kunci yang menjadi trending topic atau viral di media sosial.

Kata kunci juga merupakan bagian dari SEO, yaitu dengan cara menempatkannya di judul (head), teras (lead), isi (body), dan di akhir tulisan.

Tags
Tag yaitu kata kunci yang menggambarkan konten atau isi sebuah situs web. Tags biasanya ditampilkan di bawah naskah berita sehingga memudahkan pembaca untuk membuka info lain dalam tema yang sama.

Category

Kategori mirip dengan tags. Di media cetak kita mengenal rubrikasi atau rubrik, yaitu halaman khusus yang memuat berita-berita dalam satu tema, misalnya rubrik ekonomi, politik, olahraga, dan sebagainya.

Di media online, rubrik ini namanya kategory yang biasanya ditampilkan di atas atau di bawah judul berita dalam bagian yang dikenal dengan istilah breadcrumbs.

Clickbait (Umpan Klik)
Saya sudah sering pisan menulis tentang umpan klik di blog ini. Apa itu clickbait atau umpan klik, silakan buka ClickBait.

Catatan pentingnya, umpan klik adalah "modus" wartawan atau media online untuk mendatangkan trafik atau pengunjung sebanyak-banyaknya. Judul Umpan Klik bukan jurnalistik yang baik, bahkan merusak kaidah jurnalistik.

Demikian Daftar Istilah Penting Jurnalistik Online (Online Journalism Glossary). Tentu belum atau tidak lengkap. Anda bisa menambahkannya di kolok komentar. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*