April 13, 2014

Pengertian Gaya Selingkung (StyleBook) Media

By Romeltea | Published: April 13, 2014

gaya selingkung ap stylebook
Gaya Selingkung adalah pedoman tata cara penulisan sebuah media. Dalam bahasa Inggris, Gaya Selingkung disebut Style Book, Style House, atau Style Guide. Jangan coba-coba mencari pengertian kata "selingkung" di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Anda akan "dimarahi" begini: Tidak menemukan kata yang sesuai dengan kriteria pencarian!!! 

Selingkung berasal dari kata lingkung-melingkung yaitu yang artinya "memberi batas (pagar) sekeliling". Dalam contoh kalimat, KBBI mencantumkan kata selingkung yang artinya sekeliling; sekitar; dan gaya selingkung artinya gaya yang terbatas pada satu lingkungan.

Dalam bahasa Inggris, salah satu pengertian gaya selingkung adalah sebagai berikut:

(Journalism & Publishing) a set of rules concerning spellings, typography, etc, observed by editorial and printing staff in a particular publishing or printing company.(Style House)

Jadi, Gaya Selingkung adalah pedoman, cara, atau gaya penulisan yang berlaku di lingkungan sebuah media. Dengan adanya gaya selingkung ini, wartawan akan "kompak" dalam penggunaan ejaan, kalimat, dan penulisan sebuah kata.

Stylebook as a guide for grammar, punctuation and principles and practices of reporting.

Contohnya, gaya selingkunglah yang akan memandu wartawan dalam menulis kata ka'bah/kabah, alquran/al-quran, salat/shalat/sholat, wudu/wudhu/wudlu, dan sebagainya.

Penerapan gaya selingkung satu media dengan media lainnya berbeda-beda. Tidak semua media menaati Ejaan yang Disempurnakan (EYD).

Gaya Selingkung juga berlaku di kalangan penerbit buku dan dalam penerbitan jurnal ilmiah.

Gaya Selingkung terpopuler di dunia adalah AP Stylebook. Kabarnya, Associated Press (AP) Stybook ini biasa digunakan koran-koran dan dalam industri berita di Amerika Serikat.

Media Anda sudah punya Gaya Selingkung 'kan? Awas, BUKAN Gaya Selingkuh ya...? :) Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

1 comment on Pengertian Gaya Selingkung (StyleBook) Media

Contact Form

Name

Email *

Message *