June 6, 2014

20 Manfaat Blog - Keutamaan Ngeblog

By Romeltea | Published: June 6, 2014

20 Manfaat Blog - Keutamaan Ngeblog
APA saja manfaat ngeblog alias blogging? Apa keuntungan atau keutamaan punya blog? Apakah kita rugi kalau tidak memiliki blog sendiri?

MEMBUAT atau punya blog itu banyak sekali manfaatnya. Blog --singkatan dari website blog-- menjadi sarana mengasah keterampilan menulis, media berbagi (share) pengalaman, sedekah ilmu, berbagi cerita, bahkan berbagi kesedihan dan kesenangan.

Blog itu online diary sekaligus personal branding. Kita juga bisa menjadikannya sebagai ajang bisnis (bisnis online) alias mendapatkan uang di internet --istilah blogger mah "Make Money with Your Blog". Minimal blog menjadi sarana promosi online produk atau jasa kita.

Membuat blog itu gratis! Tinggal maunya. Tinggal niat, motivasi, dan punya target.

User internet yang tidak punya blog bisa dikatakan "rugi". Kenapa? Karena ia hanya menjadi konsumen, menjadi objek, menjadi "penonton" saja, tidak menjadi pelaku, bahkan bisa menjadi "korban"!

Dengan menjadi blogger, maka kita akan ikut menjadi orang yang mengendalikan informasi, membentuk opini, dan banyak lagi.

20 Manfaat Punya Blog

Dari hasil "riset online" alias Googling, saya menemukan satu posting yang relatif lengkap tentang manfaat atau keuntungan punya blog, yaitu 20 benefit terbesar blogging (The 20 Biggest Benefits of Blogging). Saya akan diulas di bawah ini, dengan "sedikit" editing.

Dengan membaca 20 manfaat blog ini, kita akan makin termotivasi membuat blog dan makin merasa rugi kalau tidak punya blog.

#1 Get a Better Job

Blog bisa membuat kita mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dari yang sekarang.

Menurut MediaBistro, 9 dari 10 perusahaan memeriksa profile online sebelum merekrutnya. Para bos dan manajer perushaan ingin mempekerjakan orang-orang yang memiliki pengaruh kuat di dunia online.

Blogging adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan pengaruh online itu. Dengan ngeblog, kita mencantumkan profil sekaligus minat, hobi, keahlian, bahkan karakter yang tercermin dalam posting atau isi (konten) blog.

Fotografer, desainer, dan sejenisnya, bisa posting karya-karyanya di blognya, juga berbagi tips yang menunjukkan keahliannya dalam bidang fotografi dan desain.

Ringkasnya, blog itu menjadi "personal branding" kita. Promosi online tentang keahlian dan identitas diri kita.

#2 Start a New Business

menjadi Blogpreneur
Buku tentang Blogpreneur.*
Blog bisa menjadi ajang bisnis. Kadang-kadang, awalnya ngeblog itu hanya hobi, tapi berkembang menjadi bisnis penuh waktu (full-time business). Anda bisa menjadi Blogpreneur!

Itulah yang dialami Pat Flynn. Awalnya ia ngeblog di Green Exam Academy hanya untuk sharing pemikiran dan ulasan tentang arsitektur.

Ketika ia keluar dari pekerjaannya, ia memutuskan mengurus blognya lebih serius dan setahun kemudian blognya itu bisa mendapatkan 100.000 dolar per tahun!

Google AdSense salah satu sumber pendapatan blogger, juga media-media online pada umumnya. "Turn your passion into profit!" kata Google.

Saya sudah menulis buku tentang Blogpeneur atau Wirausaha dengan Blog. Penerbit: Nuansa Bandung. Klik aja: www.nuansa.co

#3 Get More Clients to Your Existing Business

Mendapatkan tambahan klien dan relasi bisnis.

Website statis tidak menarik klien dan konsumen baru. Tapi, blog yang diupdate secara reguler, bisa memproduksi a constant stream of good leads from all around the world. Naon tah terjemahana?

Ketika Anda mempublikasikan posting blog "in-depth" yang membantu klien/pelanggan potensial untuk mengatasi masalah mereka, maka mereka akan datang kepada Anda dan respek kepada Anda sebagai ahli di bidang itu. Jika mereka butuh bantuan lebih, mereka kemungkinan akan tertarik untuk merekrut Anda atau mengundang Anda.

#4 Become a Better Writer

Menjadi penulis yang lebih baik adalah manfaat ngeblog yang paling terasa. Blog itu mengasah keterampilan menulis. Cara terbaik latihan menulis ya ngeblog!

The only way to become a better writer is to write – pages and pages, day after day. The more you blog, the more you write – and the better writer you become.

#5 Become a Published Author

Menjadi penulis di media. Ngeblog bukan saja cara yang baik untuk menjadi penulis yang lebih baik, tapi juga bisa menjadi jalan tercepatr untuk menjadi penulis di media massa --menulis artikel opini dan mendapatkan honor tulisan.

#6 Get Immediate Feedback
Mendapatkan umpan balik yang cepat. Penulis buku harus menunggu waktu lama untuk mendapatkan umpan balik atas bukunya. Tapi blogger bisa mendapatkan umpan balik di hari yang sama saat ia klik "Publish".

Itulah yang menjadikan blog sebagai cara terhebat untuk mendapatkan feedback atas ide atau pemikiran Anda.

#7 Learn More About a Group of People

Belajar lebih banyak tentang karakter dan minat orang. Kita akan tahu tema atau tulisan apa yang disukai pembaca dari jumlah like, share, dan komentar, juga dari posting terpopuler yang bisa dilihat di statistik blog dan Google Analytic.

#8 Gain Influence

Manfaat blog berikutnya adalah meraih pengaruh. Apa cara terbaik untuk menguah dunia? Anda bisa menjadi politisi, aktivis, atau relawan (volunteer). Jika ketiganya tidak Anda lakukan, maka menjadi blogger alternatif terbaiknya! Blogger yang sukses akan meraih fans, pengagum, kepercayaan, dan respek.

#9 Establish Yourself as an Expert in Your Field

Memapankan dan meningkatkan keahlian. Dengan ngeblog, wawasan dan keahlian kita akan meningkat di bidang tertentu yang menjadi "niche" blog kita.

Tiap orang bisa mulai ngeblog tentang apa saja yang mereka sukai atau kuasai. Ngeblog soal blogging, akan menunjukkan keahlian blogging, demikian pula ngeblog soal jurnalistik, akan menunjukkan kemahiran Anda di bidang itu. Dengan menjadi ahli dalam suatu bidang, Anda akan mendapatkan karier yang lebih baik, penghargaan, dan kesempatan menjadi konsultan.

Manfaat Blogging #10 Build a Network

Membangun jaringan. Ini manfaat blog yang sudah dipastikan akan terasa. Ngeblog menjamin Anda akan memiliki jaringan --pertemanan dan bisnis. “The richest people in the world build networks. Everyone else looks for work,” kata Robert Kiyosaki.

#11 Learn In-Demand Skills

Dengan ngeblog, kita otomatis akan learning by doing soal desain web, HTM, dan CSS yang merupakan "keterampilan bernilai tinggi" (highly valued skills) di msa kini dan masa depan. Kita juga akan belajar desain grafis, marketing, dan pemasaran sosial media.

#12 Improve Your SEO

Sama seperti no. 11, ngeblog akan membuat kita akrab dengan SEO (Search Engine Optimization), yakni sebuah proses, teknik, trik yang bertujuan menjadikan posting blog atau website cepat terindeks Google atau mesin pencari lainnya dan mendapatkan peringkat teratas di halaman hasil pencarian (SERP, Search Engine Result Page).

#13 Collect Emails

Mengumpulkan email. Meskipun sudah ada media sosial, tapi email masih menjadi sarana komunikasi online andalan. Orang biasa mengecek email secara reguler. Ngeblog membuka jalan untuk "koleksi email" dari komentar ataupun dari pengunjung yang langsung kirim email ke Anda. (Maka, jangan lupa membuat halaman "about me" atau "hubungi saya" di navigasi menu blog Anda).

#14 Stay Knowledgeable in Your Field

Pengetahuan Anda tentang info terkini dan bidang keahlian Anda akan terus terbarui. Saat menulis posting, Anda akan Googling dulu untuk mencari data atau "ngintip" tulisan blogger lain tentang tema yang Anda angkat.

#15 Sell a Product

Blog bisa menjadi sarana pemasaran online. Anda bisa menjual produk. Benar, di Facebook pun bisa, tapi ingat.... mayoritas Facebooker tidak suka iklan!

#16 Talk to Your Idols

Blog bisa menjadi medium ngobrol dengan idola Anda.

#17 Express Yourself

Blogging is powerful form of self-expression. Ngeblogh itu bentuk terkuat untuk ekspresi diri, bahkan sekadar menunjukkan video atau gambar favorit Anda.

#18 Help Others

Blog yang baik berisi posting yang bermanfaat bagi pembaca. Anda bisa berbagi soal makanan yang enak, tips mengurus burung kenari, dan sebagainya. Dengan ngeblog, Anda sedekah ilmu dan menginspirasi orang banyak.

#19 Build Trust Online

Blog membangun kepercayaan online. You can’t buy trust! Anda tidak bisa membelu kepercayaan. Ia bisa diraih dengan menunjukkan komitmen kepada pembaca. Poin ini terkait dengan poin  #9.

#20 Take Control of Your Online Identity

Blog itu menjadi "biodata online" atau "profil online" Anda. Anda akan dikenal dan dikenali. Orang akan mudah mengetahui siapa Anda lewat blog yang Anda miliki.

Itulah 20 manfaat, fadilah, keuntungan, atau keutamaan ngeblog. Are you ready? Just GO BLOGging! BIKIN BLOG SEKARANG JUGA!

Saya sarankan Anda membuat blog di blogspot itu, biar sekalian punya email Gmail dan belajar HTML, CSS, SEO, dan sebagainya. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

>>> Klik: Panduan Blogging bagi Newbie

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

66 comments on 20 Manfaat Blog - Keutamaan Ngeblog

  1. artikelnya memberi pencerahan buat newbie seperti saya, makasih mastah tlah memberi kesempatan membangun links

    ReplyDelete
  2. yuuups,,bagi saya pribadi,,Blogging adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan pengaruh online itu sendiri. Dengan ngeblog, kita mencantumkan profil sekaligus minat, hobi, keahlian, bahkan karakter yang tercermin dalam posting atau isi (konten) blog.

    terima kasih dan HAPPY BLOGGING sobat (^_^)
    >> tutorialblogwiky.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. mantap gan bermanfaat juga

    mampir ya di blog ku belajardii.blogspot.com
    makasih

    ReplyDelete
  4. weh ternyata banyak juga manfaat blogging selain latihan menulis ya

    ReplyDelete
  5. Thanks, tulisan ini memotivasi saya untuk konsisten menulis. juga nge-blog pastinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. YW :) Just...... write!

      Delete
    2. Terimakasih Uda jadi Om super bagi pengguna internet..

      Delete
  6. saya pengen sekali punya blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikuti aja kang panduannya klik aja link yang disediakan. heheh

      Delete
  7. aku tu masih bingung, sudah punya blog tapi kaya masih ada yg kurang, blm lagi q msh bingung untuk mengisinya. sobat punya saran???

    ReplyDelete
  8. Kalo pake PHP bagus gak buat website gan??

    ReplyDelete
  9. zajakalloh om infonya, ini jadi ilmu dan motifasi buat saya. semoga jadi ladang amal kita untuk kebaikan manusia abad ini. amin.

    ReplyDelete
  10. great,, sangat bermanfaat gan...

    ReplyDelete
  11. dan juga tempak untuk mengekspresikan diri. keep spirit for blogger. :)

    ReplyDelete
  12. Manfaat blog yang sedang saya bangun untuk diri saya itu wanna be a writer. Dan jadi expert di bidang yang saya bahas di blog.

    ReplyDelete
  13. Ya. Blogging membuka peluang dalam mengembangkan karier, menyalurkan hobi, serta mendapatkan penghasilan. Saya pribadi sejauh ini mengelola 15 blog (5 blog pilar 2 custum domain) seorang diri tanpa ada keluhan meski harus memulai dari warnet. Sharing must go on! Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah hebat ini bang ali 15 blog apa nggak puing bang!

      Delete
    2. Di awal memang agak sulit, tapi karena sudah terbiasa jadi terasa ringan dan enjoy aja sih...

      Delete
  14. Replies
    1. Waduh kok copas sih, tapi sopan juga terus terang gitu nggak diam-diam. baguslah!

      Delete
  15. Replies
    1. Makanya gan harus siering singgah disni biar tambah ilmu

      Delete
  16. trims infonya buat pencerahan saya buat ngeblog :)

    ReplyDelete
  17. Bagi saya manfaat ngeblo adalah menambah penghasilan adsense saya

    ReplyDelete
  18. ini dia yang di cari jadi jelas apa tujuan ngeblog

    ReplyDelete
  19. sukses selalu yahh agan..artikelnya sangat bermanfaat>>

    ReplyDelete
  20. Terima kasih gan, sangat bermanfaat. Ijin ngutip ya. Sekalian buat backlink untuk agan. Hehe..

    ReplyDelete
  21. Tulisannya bagus banget pak, izin copas semoga ilmunya bermanfaat buat orang banyak dan berpahala

    ReplyDelete
  22. Saran yg sangat membantu gan thanks

    ReplyDelete
  23. ternyata manfaatnya banyak juga ya, terima kasih ya infonya :)

    ReplyDelete
  24. Salam sejahtera,terima kasih mas,kang,agan,atas sharing tips nya,semoga ini bisa menjadi wacana yang bermanfaat bagi teman teman yang ingin menekuni dunia blogger ke depan nya termasuk saya,semoga menjadi berkah dan berpahala,Amiin.

    ReplyDelete
  25. Semua manfaat yang diberikan sangat membawa dampak positif bagi Blogging. Terutama #11 Learn In-Demand Skills.

    Tidak hanya belajar Blogging saja yang bisa saya ketahui, tetapi disana saya bisa belajar banyak hal. Seperti :

    1. Menguasai teknik menulis
    2. Memahami web programming
    3. Dan Marketing :)

    Thanks to rometeamedia.

    http://rickynotes.com

    ReplyDelete
  26. Terima kasih atas informasinya. Saya jd tau manfaat blog

    ReplyDelete
  27. Dunia memang luas, masih banyal ilmu yang harus kita cari, salah satunya bloging, thanks penulis, it's very inspiring me.

    ReplyDelete
  28. Tq. Bermanfaat banget

    ReplyDelete
  29. Bener apa yang bilang, tapi keuntungan tentang mendapatkan uang itu diperoleh dari mana gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari Google AdSense, Affiliate Marketing, undangan jadi pembicara, posting berbayar, dll.

      Delete
  30. Setelah banyak mmbaca artikel ini. Rasa semngt ngeblog jdi brtmbh. Trnya bnyk mnfaatnya

    ReplyDelete
  31. Keren neh kang arahannya..moga tetep fokus ngeblog deh abis liat neh artikel.xixiixi..

    ReplyDelete
  32. ga salah, keren bro artikel nya ;)

    ReplyDelete
  33. Memang banyak manfaat dari blogging... Semoga entri ini sukses menarik ramai orang untuk belajar buat blog :)

    ReplyDelete
  34. maksasih gan atas info yang gan berikan
    selalu lancar gan dalam ngeblognya
    kunjungi balik gan blog saya
    terima kasih

    ReplyDelete
  35. Terimakasih infonya jd tau gunanya blog..

    ReplyDelete
  36. Mantap, terimakasih informasinya gan..

    ReplyDelete
  37. Gila! Saya dapat apa yang saya pikirkan selama ini di sini. Thanks, Gan.

    ReplyDelete
  38. Wow!! Artikelnya Bagus sekali Thanks yaaa....:)

    ReplyDelete
  39. thank much master atas pencerahannya.mmng sya baru buat blog moga ilmu yg aku punya bermanfaat bgi publik.please bimbingannya master. .

    ReplyDelete
  40. Setuju banget, sejak ngeblog dunia saya lebih berwarna. Saya bisa mengekspresikan diri meski menjadi full time mom.

    ReplyDelete
  41. saya minat tapi masih belajar.... bisa gak ya oplud vidio di blog ?

    ReplyDelete
  42. makasih ini sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  43. bagus artikelnya, banyak manfaatnya.
    mampir di blog saya ya dediinugroho.blogspot.com

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *