Menulis

Corporate Blogging: Tugas Baru Humas Modern (PR Online)

Posted by Romel Tea ● Follow @romeltea ● Like Romeltea Media on Facebook

Corporate Blogging --disebut juga Business Blogging dan Content Marketing-- adalah tugas baru praktisi humas dan bagian pemasaran di era digital. Corporate Blogging merupakan bagian dari aktivitas Humas Internet, Humas Online, e-Public Relations, atau Online PR dan Online Marketing. 

PENGERTIAN praktis Corporate Blogging yaitu membuat tulisan (posting) untuk dimuat di website instansi, lembaga, atau perusahaan. Kontennya berupa informasi aktual instansi/perusahaan, review produk/jasa, atau pengumuman penting bagi publik.

Corporate Blogging merupakan tugas Humas dan/atau divisi marketing. Dibutuhkan keterampilan khusus untuk dapat melaksakan fungsi PR Online ini dengan baik, termasuk online writing skill. Para staf humas atau praktisi PR bisa mengasah keterampilannya dengan bogging alias ngeblog.

Website perusahaan atau lembaga bisnis biasanya menyajikan konten kategori "blog" yang berisi informasi terbaru seputar perusahaan. Lihat, misalnya, navigasi menu sebuah template website bisnis di bawah ini:

navigasi menu blog perusahaan


Demikian pula website lembaga nonbisnis, instansi, atau organisasi. Lihat contoh navigasi menu template website lembaga nonprofit/nonbisnis di bawah ini:

Di kategori atau halaman khusus "BLOG" yang bisa disebut "halaman dinamis" (dynamic page) itulah, info terbaru seputar produk, jasa, dan dinamika perusahaan dipublikasikan. 

Tidak harus "kaku" seperti navigasi menu di atas, kategori blog bisa saja langsung "dipecah" dalam navigasi menu menjadi --misalnya-- Berita Terkini, Tips & Trik, Opini, dan sebagainya.

Kehadiran kategori "Blog" itulah yang memunculkan istilah Corporate Blogging, Busniness Blogging, atau Content Marketing yang menjadi bagian dari tugas humas modern sebuah instansi (PR Online) dan/atau bagian pemasaran sebuah perusahaan (Online Marketing).

Tujuan Utama Corporate Blogging

Blog merupakan perangkat marketing bisnis yang "poweful" saat ini. Tujuan utama Corporate Blogging adalah meningkatkan trafik pengunjung website instansi/perusahaan (driving traffic to company website) dan mendukung pemasaran online. 

Blog menjadikan website instansi/perusahaan lebih mudah dan cepat diakses user (publik). Posting blog "berperang" dengan posting lain untuk bisa menempati ranking teratas dalam halaman hasil pencarian (Search Engine Result Page, SERP).

Website statis --yang jarang update atau minim konten-- sulit menarik klien dan konsumen baru.

Tiap kali ada posting baru di situs instansi/perusahaan, maka otomatis ada halaman baru, dan mesin pencari seperti Google pun mengindeks satu halaman baru lagi. Inilah yang akan memainkan peran untuk menarik pengunjung, terlebih jika posting blognya berkualitas dan seo friendly.

Sebuah studi  “The State of Business Blogging 2013,” melaporkan:
  1. Sebanyak 75% of perusahaan tidak mengupdate websitenya.
  2. Hanya 20% yang memiliki laman khusus "blog" yang merupakan halaman dinamis yang updated!
  3. 1 dari 8 perusahaan punya "active blog".
Studi lain menyebutkan:
  1. Sebanyak 57% perusahaan yang punya halaman blog berhasil meraih klien/konsumen baru.
  2. Sebanyak 61% konsumen online melakukan transaksi berdasarkan rekomendasi dari posting blog.

References:
http://blog.hubspot.com/marketing/what-is-business-blogging-faqs-ht
http://socialmediatoday.com/feldmancreative/1776836/21-benefits-blogging-and-22-blogging-tips
http://problogservice.com/business-blogging/

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

Previous
« Prev Post
0 Komentar untuk "Corporate Blogging: Tugas Baru Humas Modern (PR Online)"

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.