Menulis

Hoax Kian Populer - Ekses Kebebasan Dunia Maya

Posted by Romel Tea ● Follow @romeltea ● Like Romeltea Media on Facebook

pengertian hoax
DIKABARKAN, kartu suara Pilpres 2014 di Hong Kong cuma berisi gambar capres-cawapres No. 1. Ternyata.... itu HOAX. Dikabarkan, Jokowi menang di Arab Saudi menurut Exit Poll. Ternyata, itu pun HOAX.

Masih banyak Hoax-Hoax lainnya. Mungkin, hoax akan terus bermunculan. Kenapa? Inilah ekses kebebasan dunia maya. 

Setiap orang kini bisa menjadi "jurnalis" atau publisher. Semua user internet, lewat akun media sosial dan/atau blognya, bisa membuat berita, menyebar informasi, tanpa bisa dibendung! Maka, hoax pun menjadi "hal biasa".

Apa itu Hoax?

Hoax (baca: hōks) artinya berita bohong, informasi palsu, atau kabar dusta. Istilah ini populer seiring popularitas media online, terutama media sosial.

Kata hoax berasal dari “hocus pocus” yang aslinya adalah bahasa Latin “hoc est corpus”, artinya “ini adalah tubuh”. Kata ini biasa digunakan penyihir untuk mengklaim bahwa sesuatu adalah benar --padahal dusta. (Wikipedia).

Kata "hoax" muncul pertama kali di kalangan 'netter' Amerika, kata "hoax" didasarkan pada sebuah judul film yang berjudul "The Hoax". (Tribunnews)

Menurut Kamus Bahasa Inggris, hoax artinya olok-olok(an), cerita bohong, dan memperdayakan alias menipu. Pengertian "ringannya", hoax adalah berita "heureuy", becanda, just joke!

Dalam literatur jurnalistik, istilah yang semakna dengan Hoax adalah Libel, yakni berita bohong, tidak benar, sehingga menjurus pada kasus pencemaran nama baik.

Bisa juga disamakan dengan Berita Buatan atau Berita Palsu (Fabricated News). Hampir sama dengan berita bohong. Pemberitaan yang tidak berdasarkan kenyataan atau kebenaran (nonfactual) untuk maksud tertentu.

Berikut ini beberapa definisi atau pengertian Hoax:
  1. To trick into believing or accepting as genuine something false and often preposterous (merriam-webster)
  2. A hoax is a deliberately fabricated falsehood made to masquerade as truth (Wikipedia)
  3. A hoax is an act, document or artifact intended to deceive or defraud the public. (About)
  4. A hoax is a humorous or malicious deception (Web Definition).
Itu dia beberapa pengertian hoax. Terjemahin sendiri aje yee....!

Tujuan Hoax

Mengacu pada pengertian secara bahasa, maka tujuan hoax bermacam-macam, mulai dari sekadar lelucon, iseng, hingga membentuk opini publik. Yang jelas, hoax itu sesat dan menyesatkan, apalagi jika user internet tidak kritis dan "main share" aja berita yang ia baca.

Bagaimana hukumnya? Kata ustadz saya, karena hoax itu hakikatnya berbohong, maka... hukumnya ya... dosa dong! Terlarang! Nah, jika ingin tidak mendapatkan dosa dan akibat buruk pada diri, maka jauhilah hoax. "Mari jadikan internet sebagai ladang ibadah," kata ustadz saya. Mari.... ! Wasalam (www.romelteamedia.com).*

Ilustrasi: doubtfulnewscom

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

Previous
« Prev Post
3 Komentar untuk "Hoax Kian Populer - Ekses Kebebasan Dunia Maya"

main main ke blog saya http://belajarpajakoy.blogspot.com/ ini blog hasil acara bandung kang

ok pak, sudah saya tengok.... keep blogging :)

pak, tulisan-tulisan bapak sangat menginspirasi... banyak hal yang saya baru ketahui. terima kasih telah berbagi. mohon kasih masukkan di blog saya pradirwancell.blogspot,com. apa yang harus diperbaiki. terima kasih

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.