August 14, 2014

Jumlah Teman yang Baca Status Facebook Hanya 35%, Maksimal!

By Romeltea | Published: August 14, 2014

Jumlah Teman yang Baca Status Facebook
BERAPA persen jumlah teman yang melihat (membaca) status update atau posting Anda di Facebook? Studi terbaru menjawabnya: 35%. "How Many Of Your Friends See Your Facebook Posts? The Debate's Over, It's 35%," tulis Cooper Smith di Business Insider.

Silakan itung sendiri. Jika teman Facebook Anda ada 1000, misalnya, maka yang melihat status update, foto yang Anda upload, atau link yang Anda share, maka jumlah teman yang melihat (membaca) posting Anda itu 350 orang. Tapi, ada tapinya.... dengan catatan mereka online, membuka Facebook, dan "klik" menu "Home" (Beranda) untuk melihat "News Feed".

Catatan lainnya, itu pun kalo teman-teman Facebook Anda mau "scroll" ke bawah karena yang "nongol" di layar monitor komputer (PC) paling atas sekitar 2-3 posting saja.

Nah, kalo teman FB kita itu cuma buka akun Facebooknya sendiri? Tanpa "klik" home? Ya... dia cuma lihat "keadaan" laman FB-nya sendiri, plus "Notifikasi" kalau-kalau ada yang "Like", "Comment", "Mention", atau "Posting" baru di Grup ataupun Page.

Belum lagi kalo teman kita itu "Unfollow" posting kita di News Feed. Woalaah....! makin dikit aja tuh yang bisa lihat status atau postingan kita! Lebih parah lagi kalo gak punya teman sama sekali :) Hanya berharap postingan bisa muncul di laman hasil mesin pencari (SERP) seperti Google dan berharap ada yang klik.

Kembali ke ... soal 35% tadi. Angka itu muncul dari hasit studi periset Stanford University, Michael Bernstein, yang berkolaborasi dengan tiga ilmuwan data FB. "Tiap posting user di Facebook dilihat oleh rata-rata 35% teman user," demikian kesimpulannya.

Angka 35% itu pun punya catatan. Menurut hasil studi, post (status update) yang tidak di-like atau tidak dikomentari oleh teman, cenderung dilihat oleh lebih sedikit teman: rata-rata 28,9% pengguna.

Bahkan, ketika responden survei ditanya soal status atau posting khusus yang sudah lama, mereka menjawab hanya 60 hingga 99 orang teman yang melihatnya.

Data Sebelumnya: Hanya 16% Teman!

Data di atas tentu menjadi kabar gembira bagi Fabooker, terutama "Jupe" (Jurig Pesbuk) :) --user yang sudah "maniak" Facebookan.

Data sebelumnya menyebutkan, "Your Average Facebook Post Only Reaches 12% of Your Friends," kata Tech Crunch. Yang baca status upade atau posting Facebook Anda cuma 12% dari jumlah teman Anda. Tech Crunch lalu meng-update-nya menjadi 16%. Maksimal!

[Update 3/5/2011: Despite confirming with me several times at FMC that a user's posts reach an average of 16% of their friends, Facebook now tells me the average reach of a user's posts is 12% of their friends. This article has been updated to replace mentions of 16% with 12%.]

Lalu, apakah dengan minimnya audiens atau pembaca status/posting itu kita harus "mengabaikan" Facebook? Tentu tidak! 

Lumayan lah, daripada tidak ada yang baca sama sekali? Lagian, jempol atau komentar 10 orang saja di status/post Facebook, berasa 1.000 orang! Bahagiaaaaaaaa banget rasanya, 'tul tidak? Apalagi kalo komentarnya berisi puja-puji: kamu hebat euy! Mantap! Subhanallah! Masya Allah! dan sebagainya.

Saran saya sih, Anda "curhat" dan berbagi (share) di blog. Just start blogging! Nanti, usai posting di blog, di-share deh ke akun Facebook Anda, juga ke Grup dan Fans Page! Kalaupun link posting blog kita 'gak ada yang "like" and "comment" di Facebook, tidak masalah.... minimal kita sudah menjalankan "Social Media SEO" atau optimisasi mesin pencari di media sosial untuk popularitas blog.

Kelebihan posting di blog antara lain bisa dibaca bukan saja oleh teman-teman di FB, tapi juga oleh user internet di seluruh dunia --yang tidak menjadi teman sekalipun! 

Pasalnya, mesin pencari Google akan lebih menawarkan posting blog ketimbang status update Facebook di SERP atau halaman hasil pencarian yang berisi daftar link posting (tulisan). Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Jumlah Teman yang Baca Status Facebook Hanya 35%, Maksimal!

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *