Menulis

Perbedaan Blog dan Website

Posted by Romel Tea ● Follow @romeltea ● Like Romeltea Media on Facebook

Perbedaan Blog dan Website
ilustrasi: bloggers.or.ke
BLOG dan website (situs web) hakikatnya sama, sama-sama media online (cybermedia). Pembeda utamanya: blog itu umumnya bersifat personal dan berisi "catatan harian" (diary) sedangkan website lebih luas dari itu.

Data Wikipedia meyebutkan: "A blog (a blend of the term web log) is a type of website or part of a website supposed to be updated with new content from time to time".

Dijelaskan, blog merupakan sebuah tipe atau jenis website atau merupakan bagian dari website.

Dengan demikian, bisa disimpulkan, sebuah blog sudah pasti sebuah website, tapi sebuah website belum tentu sebuah blog.
Ibaratnya, website itu sebuah rumah. Yang namanya rumah, tentu ada kamar-kamar (ruangan), seperti ruang tamu, ruang tidur, dapur, dll. Nah, blog itu ibaratnya salah satu kamar (ruangan) dalam rumah (website) itu.
Satu hal yang menarik, menurut Jeff Korhan, Google menyukai blog karena konten yang dipublikasikannya itu segar, relevan, dan aktual. Jika berkualitas tinggi, justru blog yang biasanya ada di peringkat teratas di halaman hasil pencarian atau Search Enginge Result Pages (SERP) Google atau mesin penelusuran lainnya --Yahoo, Bing, Ask, dll.

"Google loves blogs because the content they publish is fresh. Fresh content is relevant. It’s current. If it also happens to be high quality, it quickly rises to the top of Google search," tulis Korhan.

Detail Perbedaan Blog dan Website

Perbedaan blog dan website biasanya dilihat dari empat hal:
  1. Kepemilikan
  2. Tampilan
  3. Domain - Hosting
  4. Gaya Bahasa
Blog biasanya dimiliki individu atau perorangan yang hobi menulis yang disebut blogger. Website biasanya dimiliki lembaga atau perusahaan.

Namun, banyak juga lembaga/perusahaan memilih jenis blog sebagai situs webnya --dengan menggunakan nama domain sendiri (cutom domain) atau blog selfhosting dengan menggunakan CMS Wordpress misalnya.
Tampilan blog biasanya lebih simple daripada website. Namun, dengan platform blogger (blogspot.com), tampilan blog bisa lebih bagus dari website. Banyak template blog yang keren dan bagus, layaknya web profesional.
Gaya bahasa blog biasanya personal, gaya ngobrol atau percakapan. Namun, blog yang dimiliki lembaga juga menggunakan gaya bahasa "formal" layaknya website.

Barangkali pembeda utama blog dan website saat ini adalah dari sisi domain dan hosting. Blog itu situs dengan domain dan hosting gratis (free hosting), sedangkan website itu berbayar --sewa domain dan hosting/server sendiri.

Perbedaan blog dengan website secara rinci bisa disimak di Shout Me Loud yang lebih menitikberatkan pada desain dan konten.

"Infografis" berikut ini juga menambah wawasan kita tentang perbedaan blog dengan website:

Perbedaan Blog dan Website
Sumber: blog2teach.wordpress.com

Perbedaan Blog dan Website
Sumber: contentmarketingtoday.com
Kedua gambar di atas bisa saja membuat kita "makin bingung" tentang beda blog dan website. Yang jelas, blog atau website sama-sama media online --sarana atau saluran komunikasi yang tersaji secara online di internet. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

Previous
« Prev Post
0 Komentar untuk "Perbedaan Blog dan Website"

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.