Menulis

Sejarah Blog: Penemu Istilah dan Blogger Pertama di Dunia

Posted by Romel Tea ● Follow @romeltea ● Like Romeltea Media on Facebook

Jorn Barge
LITERATUR online tentang sejarah blog selalu menyebut satu nama:  Jorn Barger. Orang Amerika ini tercatat dalam sejarah blog sebagai blogger pertama di dunia. Nama blognya: Robot Wisdom

Barger pula yang pertamakali menggunakan istilah "Weblog" untuk menggambarkan proses "pencatatan link-link website" (logging the web) yang dia koleksi diinternet.

On Dec. 17, 1997, Jorn Barger became the first person to use the term "weblog" to describe his collection of links logged from the internet.

Dengan demikian, istilah blog/weblog pertama kali muncul pada 17 Desember 1997. Dari sini, blog awalnya adalah website pribadi yang berisi koleksi link ke website.

Justin Hall
Namun, "status" Barger sebagai blogger pertama "gugur" dengan ditemukannya fakta bahwa sebelumnya, pada Januari 1994, seorang mahasiswa yang kemudian jadi wartawan Amerika, Justin Hall, membuat website pribadi “Justin’s Home Page” yang kemudian berubah menjadi “Links from the Underground”.

Kreativitasnya itu membuat Hall dikenal sebagai perintis blogger (pioneer blogger). Saat menjadi mahasiswa Swarthmore College, Justin membuat website pribadi "Justin's Links from the Underground" yang berisikan daftar link. 

Pada Desember 2004, New York Times Magazine menjuluki Justin Hall sebagai "pendiri blog pribadi" (the founding father of personal blogging).

Bisa dikatakan, sebagai "kompromi:, Jorn Barger adalah penemu istilah blog dan Justin Hall merupakan blogger pertama.

Istilah blog dipopulerkan oleh Peter Merholtz tahun 1998. Pendiri Open Diary yang merupakan diary online para penulis di seluruh dunia yang kemudian juga memiliki layanan blog. Open Diary juga memberikan kontribusi besar dalam sejarah blog dan blogging.

Blog kian populer ketika Pyra Labs menghadirkan platform blog Blogger pada Juli 1999 yang diakuisisi oleh Google akhir tahun 2002. Setelah kemunculan Blogger, penyedia blog gratis lainnya bermunculan hingga saat ini, termasuk Wordpress.

Saat media sosial seperti Facebook dan Twitter hadir, blog tetap bertahan. Bahkan, belakangan ini banyak portal berita (news portal) atau situs berita menggunakan blog sebagai basis pembuatan situsnya, berkat fasilitas "Custom Domain" yang disediakan blogger. Wasalam (www.romelteamedia.com).*

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

Previous
« Prev Post
0 Komentar untuk "Sejarah Blog: Penemu Istilah dan Blogger Pertama di Dunia"

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.