Menulis

Teknik Latihan Pernapasan & Olah Vokal untuk Penyiar & MC

Posted by Romel Tea ● Follow @romeltea ● Like Romeltea Media on Facebook

teknik vokal
MODAL atau "senjata utama" penyiar dan Master Ceremony (MC) adalah SUARA. Kedua profesi ini memerlukan suara yang baik, suara emas (golden voices).

Untuk memperoleh suara yang baik memerlukan pernapasan yang baik pula.

Maka, penyiar & mc mesti sering-sering latihan olah napas dan olah vokal agar "tidak ngos-ngosan" saat bertugas, juga agar tarikan napas tidak masuk mikrofon.

Latihan olah vokal bermanfaat guna melatih pengucapan alat pelafalan kata, kekuatan suara, dan kekuatan serta kendali napas.

Latihan teknik vokal juga dimaksudkan agar saat bertugas, penyiar dan MC bisa mengeluarkan suara (berbicara) secara jelas, "merdu", indah, dan "memikat".

Latihan Pernapasan & Vokal

Berikut ini beberapa teknik latihan olah vokal yang biasa dilakukan di tempat kursus menyanyi serta kursus penyiar radio dan pembawa acara (MC). Dirangkum dari berbagai sumber.
  1. Tarik napas (lewat hidung), keluarkan secara perlahan lewat mulut. 
  2. Tarik napas, tahan sejenak, lalu keluarkan secara perlahan.
  3. Ambil napas, keluarkan dengan cara berdesis: “sss… sss…s ss…” kaya ngempesin ban!
  4. Ambil napas, keluarkan dengan cara berdesis: “sss… sss…s ss…”, kali ini secara terputus-putus, kaya mompa ban sepeda pake pompaan "jadul".
  5. Aktifkan diafragma dengan tertawa lepas:  ha ha ha ha…. , hi hi hi hi…., he he he he…., hu hu hu hu….., ho - ho - ho - ho –ho…

  6. Ambil napas, keluarkan sambil menyuarakan vokal A-I-U-E-O.

  7. Melatih otot rongga suara: NIN NEN NO HO HO HO HO.... NIN NEN NU HU HU HU HU. NIN NEN NE HE HE HE HE. NIN NEN NI HI HI HI HI HI. (Tempo: dari lambat naik cepat)

  8. Melatih kekuatan suara: "DO RE MI FA SO LA SI DO RE MI FA SO LA... " (nada rendah terus meninggi).

  9. Melatih Artikulasi – kejelasan pengucapan huruf dan kata, misalnya mengucapkan  “Kepala digaruk kelapa diparut” dengan cepat minimal 10 kali, ditambah dengan mengucapkan kalimat di bawah ini dalam satu tarikan napas!
Kuku-kuku kaki-kaki kakak-kakak kakekku kaku-kaku kena paku-paku. Aku terpaku terkikik-kikik, kakak-kakakku terkekeh-kekeh. Aku terkikik-kikik bersama kakek-kakakku, saat lihat kakakku si wajah kaku meringkik dan merangkak hingga kuku-kukunya tersangkut paku-paku di sekitar palu.

Caca dan Cici coba cicipi cuka, lalu cepat-cepat cuci celana dan celemek. Ibu tak cocok cara cucinya Caca dan Cici, sebab ceroboh, celemotan, dan ciprat-ciprat. Caca dan Cici capek, coba-coba cuci mata dan cari angin..cuma kue cucur, cumi-cumi, dan cherry dicomot copet!

Rasaku bertanya rindukah dirimu pada diriku, karena dirimu telah menghancurkanku, remuk redam rasanya bagai dirajam ribuan duri-duri karena beribu-ribu hari memikirkanmu duhai permata hatiku.

Ngomong-ngomong aku nggak mengerti mengapa anjing itu sering menggonggong hingga kucing mengeong-ngeong, tetangga merongrong, dan engkau nggak menolong.

Akhirnya sampai di rumah, capai sekali, kubuka tirai dan langsung duduk santai di lantai. Terdengar sorak-sorai dari kedai dekat rumah yang menjual gulai, cabai dan bawang bombai, ternyata ada tupai yang lihai melompat-lompat minta dibelai. Berandai-andai tidak ada badai nanti malam sehingga bisa tidur dengan damai. Semogai sajai nggak lebay!
Untuk latihan napas dan vokal dalam bahasa Inggris, bisa gunakan cara “Acting Site”. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

Previous
« Prev Post
0 Komentar untuk "Teknik Latihan Pernapasan & Olah Vokal untuk Penyiar & MC"

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.