Menulis

Pengertian Media Massa, Online, Daring, Darling, Sponsor, Partner

Posted by Romel Tea ● Follow @romeltea ● Like Romeltea Media on Facebook

Pengertian & Jenis-Jenis Media
Pengertian Media Massa, Media Online, Media Daring, Media Darling, Media Sponsor, Media Partner.

SEORANG pengunjung blog ini bertanya via inbox Facebook tentang pengertian media darling, media sponsor, dan media partner.

Sekalian saja, kita ulas pengertian media dan jenis-jenisnya, termasuk pengertian media itu sendiri, definisi media online, media massa, dan media sosial, biar lengkap.

Tiga istilah terakhir --media darling, media sponsor, dan media partner-- lebih merupakan istilah dunia public relations (kehumasan) dan event organizer (EO).

Pengertian Media

Media adalah alat, sarana, penghubung, perantara, atau wasilah. Istilah media lebih merujuk pada media massa, yaitu media komunikasi massa (mass communication media), yaitu alat menyampaikan pesan kepada orang banyak atau publik.

Menurut guru bahasa Inggris saya, media itu kata jamak (plural) dari medium yang artinya alat atau perantara. Dalam kamus bahasa Inggris disebutkan:

kb. (j. -iums, media). 1 cenayang, medium, dukun yang dapat berhubungan dengan roh. 2 perantaraan. 3 perantara. 4 alat jalur (of communications). -ks. 1 sedang. 2 setengah matang (of boiled aggs, steak). (Google Translate)

Pengertian Media Massa

Media Massa adalah kependekan dari media komunikasi massa, yaitu alat atau saluran komunikasi kepada massa (orang banyak).

Saat ada tiga jenis media massa:
  1. Media Cetak (Printed Media): Suratkabar alias Koran, Majalah, Tabloid.
  2. Media Elektronik (Electrinic Media): Radio, Televisi, Film.
  3. Media Daring/Media Online: Situs Web (Website), termasuk situs berita dan media sosial.
Kita sering mendengar istilah "orang media" atau "insan media". Maksudnya adalah wartawan, yakni orang yang bekerja di sebuah media massa.

    Media Jurnalistik

    Media Jurnalistik yaitu media massa yang digunakan untuk menyampaikan karya atau produk jurnalistik, yakni berita atau informasi tentang peristiwa aktual. Tujuan utama media jurnalistik adalah to inform (menyampaikann informasi)

    Media jurnalistik bagian dari media massa karena media massa bisa digunakan untuk menyebarluaskan produk non-jurnalistik, misalnya iklan atau propaganda.

    Media Propaganda

    Media Propaganda yaitu media yang mengemban misi utama mempengaruhi (to influence) untuk membentuk opini publik tentang satu masalah atau peristiwa.

    Saya sudah mengulas khusus tentang dua jenis media ini: Media Jurnalistik vs Media Propaganda.

    Pengertian Media Online 

    Pengertian Media Online secara umum, yaitu segala jenis atau format media yang hanya bisa diakses melalui internet berisikan teks, foto, video, dan suara.

    Dalam pengertian umum ini, media online juga bisa dimaknai sebagai sarana komunikasi secara online. Dengan pengertian media online secara umum ini, maka email, mailing list (milis), website, blog, whatsapp, dan media sosial (social media) masuk dalam kategori media online.

    Selengkapnya: Pengertian dan Karakteristik Media Online


    Media Daring

    Media Online = Media Daring
    Kita sudah familiar dengan istilah media online, namun tidak dengan media daring. Pak Dahlan, eh... padahal, media daring itu bahasa Indonesianya media online.

    Jadi, media daring adalah nama lain media online. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) disebutkan, "daring" itu singkatan dari "dalam jaringan", maksudnya dalam jaringan internet.

    KBBI Online sendiri  menyebut dirinya "KBBI Daring" atau Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam Jaringan. Maksudnya, kamus yang tersaji secara online di internet.

    Secara umum, "online" menunjukkan keadaan konektivitas atau terhubung (tersambung), yakni komputer atau perangkat sejenis saling bertukar informasi karena sudah terhubung. (Wikipedia).

    Sebagai perbandingan, di Wikipedia ada juga istilah "Belanja Daring"  yang tak lain adalah belanja melalui internet alias Online Shopping. Belanja Daring adalah kegiatan pembelian barang dan jasa melalui media internet (website).

    Pengertian Media Sosial

    Media Sosial (Medsos) atau Social Media (Inggris) adalah saluran atau sarana pergaulan sosial secara online di dunia maya (internet). Para pengguna (user) media sosial berkomunikasi, berinteraksi, saling kirim pesan, dan saling berbagi (sharing), dan membangun jaringan (networking).

    Media Sosial bagian dari Media Online. Saya sudah "kupas tuntas" tentang media sosial ini di Pengertian, Karakteristik, dan Jenis-Jenis Media Sosial.

    Media Sponsor 

    Media Sponsor
    Media Sponsor --disebut juaga Media Sponsorship-- adalah salah satu jenis sponsor atau pendukung acara.

    Salah satu definisi media sponsor menyebutkan, "A media sponsor is a company that finances or secures media coverage for an organization, program or event. For example, a media sponsor may pay for an advertisement in a local paper, or foot the cost of putting up a billboard or filming a television commercial" (Small Business).

    Media Sponsor adalah individu atau lembaga (instansi/perusahaan) yang mendanai peliputan media sebuah organisasi, program, atau acara. Misalnya, sponsor ini membayar iklan di media, mendanai publikasi via spanduk, brosur, atau jenis publikasi lainnya.

    Media Sponsor memberikan keuntungan bagi kedua pihak karena pihak penyandang dana (sponsor) dapat ikut promosi dengan, misalnya, menyertakan logo atau kata-kata "disponsori oleh" atau "brought to you by nama perusahaan".

    Baca Juga: Tips Mendapatkan Media Sponsor.

    Media Partner

    Media Partner
    Partner artinya pasangan atau mitra. Media partner adalah kerja sama sebuah lembaga atau penyelenggara acara dengan media untuk penyebarluasan informasi.

    Individu atau lembaga yang sudah memiliki Media Partner akan sangat mudah menyebarluaskan ide, pemikiran, usulan, acara, sosialisasi kebijakan, produk baru, dan informasi lainnya kepada publik.

    Laman Aragon Valley mendefinisikan media partner sebagai "a media partnership is a media collaboration between two organizations to spread certain content."

    Media partner juga berlaku di dunia blogging, yaitu saling tukar link (link exchange). Blog romelteamedia ini juga banyak penawaran soal media partner ini, namun sayangnya kebanyakan penawaran dari pengelola situs atau blog judi online. Ih!

    Media Darling

    Istilah ini mirip dengan istilah media daring. Jadi, jangan tertukar ya. Yang ini mah pake "L", darLing!

    Media Darling
    Media darling adalah individu atau lembaga yang menjadi sumber berita (new source) penting atau menarik sehingga selalu menjadi "langganan" pemberitaan media. Contohnya, artis atau selebritas.

    Wiktionary bahkan mendefinisikan media darling sebagai  "a celebrity who is especially popular and who receives frequent and very favorable attention in the news media". Seorang selebritas yang kerap menjadi bahan pemberitaan atau diberitakan media.

    Dengan kata lain, media darling adalah orang dan/atau lembaga (instansi/perusahaan/organisasi) yang menjadi "sahabat karib media massa", baik karena kedekatan psikologis, geografis, maupun karena kedekatan (ada kepentingan) ekonomis dan politis, sehingga menjadi langganan objek pemberitaan.

    Dalam konteks Humas (Public Relations), menjadi media darling adalah pencapaian puncak hubungan media (media relations) sehingga setiap kegiatan atau kebijakan lembaha selalu diliput dan diberitakan media. 

    Baca deh: How to Bocome Media Darling

    Demikian "catatan ringan" tentang Pengertian & Jenis-Jenis Media, mulai pengertian Media Massa, Media Jurnalistik, Medua Online, Media Sosial, Media Sponsor, Media Partner, hingga Media Daring dan Darling.
    Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

    Author:

    I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

    Previous
    « Prev Post
    2 Komentar untuk "Pengertian Media Massa, Online, Daring, Darling, Sponsor, Partner"

    terkadang ada yang menyebutkan dalam satu event ada "supported by" dan "sponsored by" perbedaannya apa ya? mohon penjelasannya

    sama-sama pendukung acara, namun supporter hanya dukung dikit sedangkan sponsor dukung lebih banyak

    You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.