Tips Sukses Public Speaking Khotbah Jumat: Ringkas!

Romel Tea   Follow @romel_tea   Like RomelteaMedia on Facebook

Tips Sukses Public Speaking Khotbah Jumat: Ringkas!
Tips Sukses Public Speaking Khotbah Jumat: Ringkas! 

KHOTBAH JUMAT sebaiknya singkat, pendek, sebentar.

Ya, khotbah jumat sebaiknya ringkas saja, maksimal 15 menit di luar pembukaan (iftitah) dan penutup (doa).

Menurut saya, durasi terbaik khotbah jumat itu maksimal 20 menit.

Rinciannya sebagai berikut:
  1. Pembukaan (Salam, Hamdalah, Sholawat, Baca Quran) -- 3 menit
  2. Materi Khotbah -- 15 menit
  3. Penutup (Doa) -- 2 menit
PEMBUKAAN

Gak usah "lebay". Kalu sudah bilang alhamdulillah, cukup kali dilanjut "atas segala nikmat Allah SWT". Kalu ditambah "yang telah memberi kita nikmat iman dan Islam. Nikmat ini merupakan nikmat terbesar yang .... dst."

Nah, jadi panjang entar. Belum lagi ditambah dalil Quran dan Hadits. Makin panjang tuh pembukaannya

Habis sholawat, misalnya "sholawat dan salam semoga dilimpahkan atas Nabi Muhammad Saw". Kalau ditambah, misal, "yang telah berjuang mendakwahkan Islam dan menjadi teladan bagi kita semua. Tanpa perjuangan beliau, maka.... " Waaaah panjang deh!

MATERI

Saya suka jika ada khotib menyampaikan materi khotbah aktual, kekinian, membahas isu aktual dengan landasan satu ayat atau hadits.

Jamaah jadi memahami sebuah isu dalam perspektif Islam. Misalnya, aksi demonstrasi menurut Islam itu bagaimana hukumnya dan bagamana adabnya.

PENUTUP

Sampaikan ringkasan, sekilas saja, dalam satu-dua kalimat, lanjut dengan doa. Doanya pun pendek saja, gak usah "lebay" dengan kata-kata berona (colorful words) nan indah layaknya syair (puisi).

Itu dia Tips Sukses Public Speaking Khotbah Jumat: Ringkas! Ini persepaktif komunikasi praktis ya.

Mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada Pak Kiai, Pak Ustadz, para khotib, bukan maksud mengajari, tapi hanya masukan seorang jamaah sholat Jumat yang sering ngantuk :) Punten.... Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Contoh Khotbah Jumat  Rasulullah Saw

"Segala puji bagi Allah, kepada-Nya aku memohon pertolongan, ampunan, dan petunjuk. 

Aku beriman kepada Allah dan tidak kufur kepada-Nya. Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah, dan tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan, aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan Allah. 

Dia telah mengutusnya dengan petunjuk dan agama yang benar, dengan cahaya dan pelajaran, setelah lama tidak ada rasul yang diutus, minimnyua ilmu, dan banyaknya kesesatan pada manusia di kala zaman menjelang akhir dan ajal kian dekat.

Barang siapa yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya, sesungguhnya ia telah mendapatkan petunjuk. Dan, barang siapa yang bermaksiat kepada Allah dan Rasul-Nya, sesungguhnya ia telah melampaui batas dan tersesat dengan kesesatan yang sangat jauh.

Aku berwasiat kepada kalian untuk bertakwa kepada Allah. Itulah wasiat terbaik bagi seorang Muslim. Dan, seorang Muslim hendaknya selalu ingat akhirat dan menyeru kepada ketakwaan kepada Allah.

Berhati-hatilah terhadap yang diperingatkan Allah. Sebab, itulah peringatan yang tiada tandingannya. Sesungguhnya ketakwaan kepada Allah yang dilaksanakan karena takut kepada-Nya, ia akan memperoleh pertolongan Allah atas segala urusan akhirat.

"Barang siapa yang selalu memperbaiki hubungan dirinya dengan Allah, baik di kala sendiri maupun di tengah keramaian, dan ia melakukan itu tidak lain kecuali hanya mengharapkan rida Allah, maka baginya kesuksesan di dunia dan tabungan pahala setelah mati, yaitu ketika setiap orang membutuhkan balasan atas apa yang telah dilakukannya. Dan, jika ia tidak melakukan semua itu, pastilah ia berharap agar masanya menjadi lebih panjang. Allah memperingatkan kamu akan siksa-Nya. dan Allah Mahasayang kepada hamba-hamba-Nya." (QS Ali Imran [3]: 30).

Dialah Zat yang benar firman-Nya, melaksanakan janji-Nya, dan semua itu tidak pernah teringkari. Allah berfirman, "Keputusan di sisi-Ku tidak dapat diubah, dan Aku sekali-kali tidak menganiaya hamba-hamba-Ku." (QS Qaf [50]: 29).

Karenanya, bertakwalah kalian kepada Allah dalam urusan sekarang maupun yang akan datang, dalam kerahasiaan maupun terang-terangan. "Sesungguhnya barang siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan menghapus kesalahan-kesalahannya dan akan melipatgandakan pahala baginya." (QS At-Thalaq [65]: 5). "Barang siapa bertakwa kepada Allah, sungguh ia telah memperoleh kemenangan yang besar." (QS Al-Ahzab [33]: 71).

Sesungguhnya ketakwaan kepada Allah menghindarkan dari kemarahan, hukuman, dan murka-Nya. Takwa kepada Allah akan membuat wajah bersinar terang, membuat Allah rida, dan meninggikan derajat. Lakukanlah dengan sepenuh kemampuan kalian, dan jangan sampai kurang di sisi Allah.

Dia telah mengajarkan kepada kalian dalam kitab-Nya dan membentangkan jalan-Nya, untuk mengetahui siapa yang benar dan untuk mengetahui siapa yang dusta. (QS Al-Ankabut [29]: 3).

Maka, berbuat baiklah, sebagaimana Dia berbuat baik kepada kalian, dan musuhilah musuh-musuh-Nya. Berjihadlah di jalan Allah dengan sebenar-benarnya jihad. Dia telah memilih dan menamakan kalian sebagai Muslim. (QS Al-Hajj [22]: 78). Agar orang yang binasa itu binasanya dengan keterangan yang nyata dan agar orang yang hidup itu hidupnya dengan keterangan yang nyata. (QS Al-Anfal [8]: 42).

Tiada daya upaya, kecuali hanya dengan kekuatan Allah. Karenanya, perbanyaklah mengingat Allah, dan beramallah untuk kehidupan setelah mati. Sesungguhnya orang yang membangun hubungan baik dengan Allah, Allah pun akan membuat baik hubungan orang itu dengan manusia lainnya.

Karena Allah yang memberi ketetapan kepada manusia, sedang manusia tidak mampu memberi ketetapan kepada-Nya. Dia menguasai manusia, sedang manusia tidak bisa menguasai-Nya. Allah itu Maha Agung. Tiada daya dan kekuatan selain dengan kekuatan Allah Yang Mahatinggi dan Mahaagung."


Sumber: Republika

Related Posts

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

0 Komentar untuk "Tips Sukses Public Speaking Khotbah Jumat: Ringkas!"

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.