Komunikasi Online - Penyampaian Pesan dalam Jaringan (Daring)

Follow @romel_tea
Komunikasi Online
Komunikasi Online - Penyampaian Pesan dalam Jaringan (Daring)

Istilah komunikasi daring (online communication) mungkin terasa asing di telinga dan mata kita.

Padahal, mungkin komunikasi online itu kita lakukan sehari-hari --kirim dan terima email, kirim/terima pesan via WhatsApp (WA), baca situs berita, Facebookan, Tweet dan Retweet, dan aktivitas online lainnya.

Komunikasi Online, secara praktis, bisa disebut "internetan". Aktivitasnya berupa Googling, searching, surfing, Facebookan, Twitteran, Blogging, bikin status, komentar di blog atau website, share, WA-an, dll.

Pengertian Komunikasi Online

Secara bahasa, Komunikasi Online adalah gabungan dua istilah: komunikasi dan online.

Komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami; hubungan; kontak (KBBI).

Online atau Daring (Dalam Jaringan) artinya "dalam jaringan, terhubung melalui jejaring komputer, internet, dan sebagainya" (KBBI).

Dapat disimpulkan, Komunikasi Online pengiriman dan penerimaan pesan (ide, informasi) melalui alat yang terhubung dalam jaringan atau internet. Alat komunikasinya bisa berupa komputer dan handphone (gadget).

Dengan kata lain, Komunikasi Daring atau Komunikasi Online adalah proses penyampaian pesan secara online melalui internet.

Jadi, komunikasi online adalah bentuk komuniksi yang menggunakan beragam saluran yang tersedia di internet untuk berkomunikasi dan berinteraksi sevara online untuk menyampaikan pesan kepada audiens tertentu.

Online communication is a form of communication, using the various channels available on the Internet to communicate and interact online to relay a message to a targeted audience. (Sumber)

Jenis-Jenis Komunikasi Online: Tools


Jenis-Jenis Komunikasi Online
Komuniksi Online bisa dilakukan dengan berbagai cara. Semuanya menggunakan situs web atau aplikasi online.

BBC merangkumnya dalam lima cara komunikasi online:

1. Email

Email --singkatan dari electronic mail (surat elektronik/surel)-- adalah versi digital pengiriman surat.


Selain bisa mengirmkan pesan melalui teks, juga bisa dilengkapi dengan gambar dan dokumen.

2. Blog

Blog --singkatan dari website log atau weblog-- adalah website yang bekerja layaknya catatan harian online (online diary). Di blog Anda bisa mempubliksikan pemikiran dan ketertarikan (passion). Orang lain dapat berkunjung dan menbuka posting Anda dan melihat gambar atau video yang Anda upload di sana.

Blogging adalah bentuk komunikasi online yang baik jika Anda ingin berbagi pemikiran dengan audiens yang luas. Blog memungkinkan Anda terhubung dengan siapa saja yang bisa mengakses web di seluruh dunia.

3. Email newsletter

Email Newsletter adalah perpaduan antara email dan "lembar berita" (newspaper). Jika Anda mengisi formulir berlangganan Romeltea Media, maka begitu ada posting baru, Anda akan menerima email newsletter yang dikirimkan Feedburner Google.

Jika Anda berlangganan email newsletter dari situs Manchester United, makan Anda akan menerima email berisi gambar seperti ini:

Man United Email newsletter

4. Instant messaging

Pengiriman dan penerimaan pesan instan melalui WhatsApp (WA), Line, BBM, Skype, WeChat, dll.

5. Video calling

Video Calling memungkinkan Anda berbicara kepada seseorang secara real time dan melihat langsung orangnya melalui layar komputer atau HP, misalnya lewat aplikasi WhatsApp atau Facebook Messenger Video Call.

Itu dia ulasan ringkas tentang Komunikasi Online - Penyampaian Pesan dalam Jaringan (Daring). Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Thanks for reading Komunikasi Online - Penyampaian Pesan dalam Jaringan (Daring) | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.