November 2, 2013

Pengertian Public Speaking

By Romeltea | Published: November 2, 2013

Pengertian Public Speaking

Apa itu public speaking? Ini istilah bahasa Inggris. Dibacanya pablik spiking. Dalam bahasa Indonesia, public speakings sering diterjemahkan dengan "berbicara di depan umum".

Public (publik) artinya orang banyak. Speaking artinya berbicara. Jadi, public speaking secara bahasa artinya berbicara di depan orang banyak, seperti pidato dan presentasi.

Pengertian Public Speaking Menurut Ahli

Public Speaking adalah aktivitas berbicara di depan umum. Webster’s Third New International Dictionary memberikan pengertian Public Speaking sebagai berikut:
  • The act of process of making speeches in public (proses pembuatan pidato di depan publik).
  • The art of science of effective oral communication with an audience (seni dari ilmu berkomunikasi lisan yang efektif dengan para pendengarnya).

Menurut David Zarefsky dalam Public Speaking Strategic for Success, public speaking adalah sebuah proses komunikasi berkelanjutan, di mana pesan dan lambang terus berinteraksi, di antara pembicara dan para pendengarnya.

“Public speaking is a continous communication process in which messages and signals circulate back and forth between speaker and listeners.” 

Menurut Ys. Gunadi dalam Himpunan Istilah Komunikasi, public Speaking adalah sebuah bentuk komunikasi yang dilakukan secara lisan tentang suatu hal atau topik di hadapan banyak orang. 

Tujuan public speaking adalah untuk mempengaruhi, mengubah opini, mengajar, mendidik, memberikan penjelasan serta memberikan informasi kepada masyarakat tertentu pada suatu tempat tertentu.

Karena sifatnya yang dinamis, maka Public Speaking juga dapat diartikan sebagai sebuah aktivitas yang sangat dekat dengan asosiasi kata perubahan (change). 

Melalui Public Speaking, kita dapat mengetahui pola pemikiran dari seseorang, mengetahui gagasan masa depan seseorang, dan ide-ide luar biasanya. 

Kita juga dapat mengetahui perubahan seperti apa yang digagas atau direncanakan oleh seseorang.

Public Speaking merupakan sebuah rumpun keluarga Ilmu Komunikasi (Retorika) yang mencakup diskusi, berdebat, pidato, memimpin rapat, moderator, MC dan presenter, serta kemampuan seseorang untuk dapat berbicara di depan publik, kelompok maupun perseorangan.*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Pengertian Public Speaking

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *