November 3, 2013

Persiapan Materi Public Speaking

By Romeltea | Published: November 3, 2013

Persiapan Materi Public Speaking
Persiapan Materi adalah bagian penting dalam persiapan sebelum Public Speaking. Persiapan materi dilakukan bersamaan dengan persiapan lainnya --yaitu persiapan mental (psikis) dan persiapan fisik sebagaimana sudah diposting di blog ini.

PERSIAPAN MATERI PUBLIC SPEAKING
Penguasaan materi, tema, atau topik pembicaraan merupakan kunci untuk membuat Anda percaya diri dan tampil meyakinkan di depan hadirin.

Lakukan persiapan materi dengan cara sebagai berikut:

1. Pahami!
Baca literatur dan cari sumber data sebanyak mungkin. Semakin banyak pengetahuan dan wawasan, Anda pun kian percaya diri.

2. Write!
Tuliskan, jika berupa menjadi naskah lengkap pidato (Complete Text, Speech Script) dan lakukan latihan dengan menggunakan naskah tersebut. Bawa saat public speaking berlangsung.

3. Write!
Tuliskan poin-poin penting materi public speaking Anda. Pointers atau garis besar (Outline) materi bisa dibawa ke podium sebagai "contekan".

EMPAT CARA MENGUASAI MATERI
Ini dia empat cara menguasai materi dalam public speaking sekaligus model public speaking dari segi format penyampaian materi:

  1. Reading from complete text. Bad! Cara buruk dalam public speaking karena akan kurang kontak mata dan gesture. Fokus perhatian akan tertuju ke naskah, bukan ke hadirin. Ini gaya pidato pejabat yang "membosankan" (boring).
  2. Using Notes – Outline. Great! Ini cara terbaik, menggunakan catatan sebagai contekan. Isinya berupa poin penting yang akan disampaikan.
  3. Memorize. Worst! Ini cara public speaking terburuk. Berupa hafalan. Intonasi tidak akan terjaga. Konsentrasi akan pada ingatan (hafalan). Mata Anda akan melihat ke atas, sebagaimana orang mengingat-ingat sesuatu.
  4. Using Visual Aids as Notes. Good! Ini cara terbaik dan trend public speaking, terutama dalam pelatihan-pelatihan. Menggunakan infokus atau OHP sebagai alat bantu penyampaian materi, bisa dilihat oleh hadirin dan Anda. (Sumber: Buku "Lincah Menulis Pandai Bicara" karya Asep Syamsul M. Romli, penerbit Nuansa Cendikia, Bandung).*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Persiapan Materi Public Speaking

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *