June 1, 2019

Desain Ucapan Selamat Idul Fitri

By Romeltea | Published: June 1, 2019

UCAPAN "Selamat Idul Fitri" atau "Selamat Lebaran" biasanya"berseliweran" via WhatsApp (WA), SMS, Facebook, Twitter, dan media sosial lainnya, menjelang dan setelah Shalat 'Id usai puasa Ramadhan.

Desain Ucapan Selamat Idul Fitri

Ucapan selamat lebaran juga biasa bertebaran dalam bentuk spanduk, iklan, dan sebagainya. Teks ucapan selamat Idul Fitri biasanya sebagai berikut:
  1. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1435 H 
  2. Mohon Maaf Lahir dan Batin
  3. Minal 'Aidin wal Faizin
  4. Taqabbalallahu minna waminkum
Saya akan bicarakan poin 2 dan 4, khususnya dari sisi bahasa.

Mohon Maaf Lahir dan Batin

Poin 2, yakni "Mohon Maaf Lahir dan Batin", adalah penulisan yang benar berdasarkan kaidah tata bahasa Indonesia. Yang sering salah secara bahasa (baku) adalah penulisan "batin". Banyak yang menulis salah, menggunakan "h", menjadi "bathin".

Kata "BATHIN" tidak ada dalam kamus bahasa Indonesia. "Tidak menemukan kata yang sesuai dengan kriteria pencarian!!!" kata KBBI saat kita mencari kata "bathin".

Jadi, yang ada dan yang benar/baku adalah BATIN, tanpa "H".

batin = sesuatu yg terdapat di dl hati; sesuatu yg menyangkut jiwa (perasaan hati dsb): ia menceritakan apa yg terasa dl -- nya; 2 sesuatu yg tersembunyi (gaib, tidak kelihatan): sukar mengetahui (mengukur) -- seseorang; mohon maaf lahir dan --; 3 semangat; hakikat: lahirnya menolong, -- nya menggolong, kelihatannya spt hendak menolong, tetapi hakikatnya merugikan; (KBBI)

Kata batin sering salah tulis jadi bathin, seperti halnya kata darma (dharma), bakti (bhakti), embus (hembus), andal (handal), dan sebagainya.

Taqabbalallahu Minna wa Minkum

Ungkapan ini bermakna atau artinya adalah "Semoga Allah menerima amal ibadah kami dan kalian". Ringkasnya, semoga Allah menerima ibadah Ramadhan kita.
taqobbalallahu minna waminkum
Jadi, itu ungkapan doa. Menurut berbagai literatur Islam, itulah ungkapan yang biasa disampaikan para sahabat Nabi Saw, dulu saat mereka bertemu dalam suasana lebaran atau Idul Fitri. Tidak ada ungkapan lainnya.

Artinya, jika ada pertanyaan soal ucapan selamat Idul Fitri yang ada contohnya dari sahabat Nabi Saw, yaitu ungkapan "Taqabbalallahu minna wa minkum" itu saja, tidak ada yang lainnya.

Ungkapan "Mohon Maaf Lahir dan Batin" serta "Minal 'Aizin wal Faizin", juga "Kullu 'Aamin wa Antum Bikhoirin" adalah "kreasi" umat Islam masa kini. Apa boleh? Jawabannya, kata ustadz saya, boleh saja, tidak ada larangan.

Justru yang jadi pertanyaan adalah mengapa posting ini saya kasih judul "Desain Ucapan Selamat Idul Fitri"?

Desainnya mana? Hmm... iya ya.... Gini aja deh, maksudnya adalah "desain bahasa". Kalu mau desain dalam arti gambar, ini deh saya ambilkan dari Google, tinggal dimodif.

Desain Ucapan Selamat Idul Fitri

Contoh Desain Ucapan Selamat Idul Fitri banyak ditemukan di internet. Googling aja dengan kata kunci "Desain Ucapan Selamat Idul Fitri". Hasilnya seperti ini. Klik menu "Images" untuk melihat desainnya satu per satu.

Desain Ucapan Selamat Idul Fitri


Saya pun mengucapkan Selamat Idul Fitri, Taqobbalallahu minna wa minkum. Amin....!!! (www.romelteamedia.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Desain Ucapan Selamat Idul Fitri

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *