August 25, 2014

Cara Mudah Membuat dan Menerbitkan Buku

By Romeltea | Published: August 25, 2014

e-book panduan membuat blog
Cara mudah dan praktis menulis, membuat, dan menerbitkan buku secara online (e-book).

DI zaman serba online ini, banyak hal jadi mudah, termasuk cara menerbitkan atau membuat buku, dalam format e-book (electronic book) atau buku online. Jika Anda punya naskah buku, 'gak ada penerbit yang mau cetak, maka online-kan saja. Ini namanya self publishing --menerbitkan sendiri.

Dalam tiga hari terakhir ini sebelum posting ini dibuat (25/8/2014), saya sudah menerbitkan dua buah buku online (e-book):

  1. Cara Membuat Blog
  2. Teknik MC (Master of Ceremony)
Tiga hari, dua buku? Ya... dua buku! Bahkan bisa lebih jika Anda melakukannya seharian atau semaleman! 

Syaratnya, tentu naskahnya sudah tersedia, sudah ada, tingga edit dikit, lalu klik sana klik sini, jadi deh buku dan siap dijual ataupun digratiskan.

Tips dari saya, jika Anda memulai dari "nol" untuk membuat buku online (e-book), yakni belum punya naskah sama sekali, maka mulailah dengan blogging.

  1. Start Blogging Now
  2. Panduan Membuat Blog

e-book teknik pembawa acara MC
Buatlah jenis Niche Blog, yaitu blog dengan tema khusus, misalnya "pendidikan", "kesehatan", atau apa pun topik yang menjadi bidang keahlian (kompetensi) dan ketertarikan Anda. 

Tulis sekitar 10-20 posting atau lebih. Jika sudah beres, maka tinggal dijadikan e-book dengan cara memanfaatkan fasilitas Papyrus Editor.

Silakan "Sign Up" dan mulailah membuat buku online atau buku elektronik (e-book) dengan mudah! 

Jika e-book Anda akan digratiskan, maka naskahnya tidak boleh lebih dari 5.000 kata. Jika lebih dari 5.000 kata, maka Papyrus akan "memaksa" agar buku Anda dijual, tidak digratiskan, dengan harga minimal US$20.

Makanya, dua buku online/e-book saya, Teknik MC dan Panduan Membuat Blog, isinya tidak lengkap. Soalnya, kalau dilengkapkan, maka saya dipaksa oleh Papyrus untuk meng-upgrade buku itu menjadi "business" alias dijual. Saya gak mau, lha wong naskahnya sudah saya "gratiskan" kok di blog www.romeltea.com dan www.romelteamedia.com!

Ok sodara-sodara....! Itulah cara mudah membuat buku di zaman online ini. Jangan sampai "ngemis" deh sama penerbit, jika buku Anda mau diterbitkan. Terbitkan sendiri aja! SelfPublishing! Bikin saja Buku Online alias e-Book! Mudah, praktis, cepat!

Papyrus hanyalah satu dari sekian situs jasa pembuatan buku online. Masih banyak yang lainnya, seperti Lulu. Googling aja deh dengan kata kunci "online publishing". Banyak tuh. Ayo... sedekah ilmu! Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Cara Mudah Membuat dan Menerbitkan Buku

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *