August 25, 2014

5 Prinsip dan Cara Menulis di Media Online

By Romeltea | Published: August 25, 2014

Cara Menulis di Media Online
Prinsip dan cara menulis di website, internet, atau media online ini berlaku juga buat nulis email, update status panjang di Blog, Facebook, Instagram, dll.

MENULIS di media online --website, media sosial, email, facebook, blog-- harus diatur sedemikian agar scannable, bisa atau mudah dipindai oleh mata pembaca, sehingga enak dilihat, enak dibaca, dan mudah dipahami.

Penulisan online (online writing) memiliki kaidah dan gaya tersendiri yang berbeda dengan gaya penulisan di media cetak atau elektronik (radio/TV).

Setidaknya ada 5 kaidah dan cara (gaya, teknik) menulis di media online (online writing) yang wajib kita perhatikan dan amalkan. Kaidah ini bertujuan agar tulisan kita User Friendly.

Anda boleh mengabaikan kelima kaidah dan cara penulisan online yang penting ini.

Risikonya, tulisan Anda tidak efektif. Anda "gagal" berkomunikasi via media online karena tulisan sulit dibaca atau menyusahkan mata user.

5 Kaidah Menulis di Media Online

1. Scannability

Mudah dipindai, enak dipandang mata, catchy, menarik perhatian.

2. Readability

Mudah dibaca, enak dibaca, nyaman di mata, tidak memberatkan mata.

3. Usability

Berguna, bermanfaat, dicari orang, dibutuhkan.

4. Findability

Mudah ditemukan, mudah diklik, muncul halaman pertama Google. Ini terkait teknik SEO, termasuk soal "keyword-rich" atau "keyword density" dan "SEO Onpage" lainnya.

5. Visibility

Mudah dilihat, mudah ditemukan, misalnya menggunakan huruf kapital, bold, italic, as well as underlining untuk kata, kalimat, atau bagian tertentu.

Cara Menulis di Media Daring: Online Writing Style

Berikut ini lima gaya penulisan untuk bisa memenuhi 5 kaidah menulis di atas.

1. Alinea Pendek

Tulisan online, termasuk di blog, hendaknya menggunakan alinea (paragraf) pendek. Idealnya, satu alinea maksimal 5 baris. Perhatina contoh tampilan naskah berita online di bawah ini!

alinea pendek naskah berita media online
Contoh tampilan naskah berita media online. Scannable! (Sumber: BBC Indonesia)


2. Jarak Antar-Alinea

Harus ada jarang antar-alinea, menyisakan "ruang kosong" atau "ruang putih" (white space) antar-alinea. Ini membuat naskah online mudah dipindai dan enak dibaca. (Perhatikan contoh di atas!)

3. Tidak Ada Indent

Tulisan online tidak mengenal indent, tekuk/lekuk ke dalam di awal alinea, seperti gaya naskah koran atau majalah. Ide penulisan online nomor 3 ini boleh diabaikan, tapi jadinya "tidak lazim". Coba simak situs-situs terkemuka, adakah indent?

4. Rata Kiri (Align Left)

Ini optional. Tapi jika menggunakan "align justify", maka tulisan Anda akan terkesan formal, serius, dan kaku. Jarang sekali ada situs yang menggunakan "justify", misalnya situs instansi pemerintah yang "terbawa suasana formal-birokratis".
Rata kiri akan membuat naskah menjadi nyaman dibaca, scannable, dan banyak menyisakan "ruang istirahat mata".

5. Highlight

Akan lebih scannable dan enak dibaca jika tulisan online diberi tanda-tanda khusus pada bagian khusus, seperti ditebalkan (bold), dimiringkan (italic), diberi warna (color), atau di-block qoute. Ini akan menjadikan naskah online Anda "eye catching" --menarik perhatian mata user.

Karakteristik Media Online

Sebagian kaidah penulisan online di atas dibuat berdasarkan hasil riset pembaca online, disesuaikan dengan karakteristik media online, sebagaimana bisa disimak di NN Group.

Masih banyak kaidah penulisan online, seperti hyperlink, penentuan jenis huruf, mengelola gambar (image), dan bullet/numbering.

Untuk melihat sajian teks/naskah terbaik, sekaligus penerapan kaidah dan cara menulis di media online sebagaimana ulasan di atas, bisa dilihat hasil studi NN Group tentang bagaimana user membaca konten website.
 
tingkat keterbacaan tulisan online

5 Prinsip dan Cara Menulis di Media Online


I also strongly recommend this great posting about writing for the web: Web Style Guide. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

10 comments on 5 Prinsip dan Cara Menulis di Media Online

  1. terima kasih mas, sangat bermanfaat untuk menulis artikel yang berkualitas
    Pembahasan Soal Tes STAN

    ReplyDelete
  2. artiikelnya sangat bermanfaat sekali buat saya yang lagi belajar blogging gan!
    ini blog saya :
    tasikota

    ReplyDelete
  3. bermanfaat sekali infonya, hatur nuhun Terima kasih

    ReplyDelete
  4. Makasih pak, mudah dicerna

    ReplyDelete
  5. Banyak berita dan cerita yang menjadi bahan konsumsi publik.terutama cerita pengalaman yang baru saja terjadi dan bisa jadi acuan para TKI yang mengadu nasib kerja diluar negeri.
    Bagaima dan apa yang terjadi mungkinkah mimpi mimpi itu jadi sebuah kenyataan setelah di alami sendiri. Pahit getirnya bekerja di negara asing.
    Sagat luar biasa..

    ReplyDelete
  6. terimakasih sangat membantu..

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *