August 22, 2014

Jenis-Jenis Blog

By Romeltea | Published: August 22, 2014

Jenis-Jenis Blog
BLOG yang dikenal sebagai web, website, atau situs pribadi (personal website) itu banyak macamnya. Jenis-jenis blog bisa diklasifikasikan berdasarkan platform (templat ngeblog) dan content (konten/isi).

Jenis Blog Berdasarkan Platform

Berdasarkan platform atau templat ngeblog, blog dibagi menjadi 5 jenis:

1. Free Blog
Ini jenis blog terpopuler dan sepenuhnya gratis, seperti blogger/blogspot, wordpress, thumblr, dll. Contoh: http://blogromeltea.blogspot.com.

2. Self-Hosting Blog
In jenis blog dengan nama domain sendiri, hosting sendiri, namun menggunakan Content Management System (CMS) gratis, seperti Wordpress.org, Joomla, Drupal, dll. Doman dan hostingnya menyewa ke provider domain-hosting, mulai harga Rp100 ribu hingga jutaan rupiah per bulan. Contoh selfhosting blog dengan CMS Wordpress: http://www.romeltea.com.

3. Citizen Journalism Blog
Ini juga gratis, sama seperti jenis blog nomor 1. Disebut blog jurnalisme warga karena blog ini disediakan oleh media online komersial. Jurnalisme warga adalah jurnalistik (pemberitaan, penulisan) yang dilakukan oleh warga biasa (bukan wartawan). Contoh jenis blog ini yang paling populer adalah Kompasiana (Kompas) dan Blogdetik (Detik.com).

4. Corporate Blog
Corporate Blog adalah jenis "blog dalam website", yaitu blog yang terintegrasi dalam sebuah website perusahaan (corporate website) atau website lembaga. Selain menampilkan profil, kontak, produk/jasa, website perusahaan/lembaga biasanya juga memiliki kategori BLOG untuk memuat berita-berita terkini seputar dinamika perusahaan atau opini terkait perusahaan.

5. Micro Blog 
Dinekal dengan sebutan microblogging yaitu ngeblog dengan tulisan atau teks terbatas, di bawah 200 karakter, seperti Twitter, Facebook, MySpace, dan LinkedIn. Namun, Facebok saat ini memungkinkan Facebooker menulis status panjang, plus fasilitas Facebook Note yang berfungsi sama dengan blog.

Jenis Blog Berdasarkan Konten

Berdasarkan isinya, jenis blog dibagi dua:
  1. Niche Blog, yaitu blog dengan tema khusus atau berisi topik tertentu, misalnya blog kesehatan, blog politik, blog komunikasi, blog agama, blog bisnis (toko online), dll. Ilustrasi jenis-jenis blog yang ada di posting ini, yang dikutip dari ProBlogger, juga menunjukkan ragam jenis Niche Blog.
  2. General Blog, blog yang berisi berbagai macam topik, tidak khusus tema tertentu, biasanya blog pribadi untuk "curhat" pemikiran atau gagasan tentang berbagai hal.
Berdasarkan FORMAT konten, blog dibagi lagi menjadi beberapa jenis:
  1. Vlog (Video Blog) atau Vlogging (Video Blogging), yaitu blog dengan konten utama berupa video.
  2. Phlog (Photoblog), yaitu blog dengan konten utama foto.
  3. Audioblog. Blog berisi rekaman vokal atau suara sebagai konten utama, misalnya Podcast dan MP3 blog atau musicblog, yang memungkinakan file musiknya bisa di-download.
  4. Spol (Spam Blog) atau Blog Pengganggu. Ini jenis blog yang menjadi "common enemy" para blogger. Blog ini hanya berisi tulisan yang "menipu" untuk kepentingan PageRank. Bloggernya sering "blogwalking" untuk berkomentar dengan meninggalkan link aktif atau link hidup (live link).
Jika kita Googling dengan kata kunci "Types of Blogs", maka akan ditemukan lagi jenis atau kategori blog lainnya, seperti:

  • Blog Ahli (Expert Blog)
  • Blog Tutorial (Tutorial Blog)
  • Blog Pendidikan (Educational Blog)
  • Blog Selebritas (Celebrity Blog) atau blognya para artis/aktor, dan masih banyak lagi.
Wordpress juga membuat posting khusus tentang jenis-jenis blog (Types of Blogs) sebagai panduan bagi usernya.

Wuihhh.....! Banyak juga ya jenis-jenis blog? CMIIW.... :) Blog Anda masuk jenis mana? Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

1 comment on Jenis-Jenis Blog

  1. mantap ulasan yang menarik..sukses terus ya..

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *