Pengertian Blog, Blogger, Blogging

Follow @romel_tea
Makna, arti, definisi, atau pengertian blog, blogger, dan blogging.

Pengertian Blog, Blogger, Blogging


Pengertian Blog


Blog adalah singkatan atau kependekan dari Website Log, yaitu situs (website) berisi informasi yang dipublikasikan di World Wide Web (www). Blog umumnya merupakan website pribadi.

WWW sendiri adalah sistem dokumen hypertext (teks yang merujuk  pada teks lainnya) yang saling terkait dan bisa diakses melalui intenet. (Wikipedia)

Secara bahasa (Inggris), Web artinya jaringan; Log artinya buku harian atau catatan.

Dengan demikian, bisa dikatakan blog adalah catatan harian yang tersaji secara online (online diary), yaitu catatan pribadi seorang bloger (pemilik blog) tentang apa saja yang ia alami, rasakan, dan ketahui.

Bisa juga catatan itu tentang topik tertentu, dikenal dengan istilah Niche Blog, yaitu blog yang berisi tema tertentu, misalnya blog kesehatan, blog pendidikan, blog sepakbola, dan sebagainya.

Baca Juga: 20 Manfaat Blogging

Dari berbagai pengertian atau definisi blog yang bisa kita temukan via Googling, umumnya ada kata-kata "tulisan yang tampil dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama)", meskipun tidak selamanya demikian.

Salah satu definis blog:
Aa blog is a type of website that is usually arranged in chronological order from the most recent ‘post’ (or entry) at the top of the main page to the older entries towards the bottom.

Pengertian Blogging

Pengertian blog paling umum dan mudah dipahami adalah definisi dari Computer Glossary of Terms yang mencantumkan tiga istilah sekaligus: blog, blogging, dan blogger:
‘From “Web log.” A blog is basically a journal that is available on the web. The activity of updating a blog is “blogging” and someone who keeps a blog is a “blogger.”
Dari pengertian di atas, blogging adalah aktivitas mengupdate blog atau mengelola (mendesain dan mengisi) blog.

Blogging umumnya dilakukan menggunakan platform blog gratis, seperti Blogger(blogspot.com) dan Wordpress (wordpress.com).

Namun, bloger profesional umumnya menggunakan nama domain dan hosting sendiri, misalnya dengan beli hosting murah di niagahoster.

Pengertian Blogger

Blog pada dasarnya adalah jurnal yang ada di web. Aktivitas update-nya disebut blogging. Orang yang "ngeblog" disebut blogger (Inggris) dan bloger (Indonesia).

Jadi, pengertian blogger adalah orang yang ngeblog atau mengelola blog. Dalam KBBI disebutkan, bloger adalah sebutan untuk orang yang mengeblog; pengeblog; narablog.

Blogger juga merujuk pada platform blog milik Google, yakni Blogger dengan subdomain blogspot.com atau blogspot.co.id (Indonesia).

Dari pengetian awal blog sebagai catatan harian pribadi, kini blog berkembang menjadi media online untuk kepentingan yang beragam, mulai dari toko online, bisnis online, marketing online, hingga menjadi website resmi instansi/lembaga atau organisasi.

Umumnya, website profesional yang menggunakan Blogger menggunakan nama domain sendiri, dengan melakukan Custom Domain. Anda bisa membeli domain dengan harga murah.

Banyak pula portal berita yang dasarnya sebuah blog. Dengan menggunakan template, desain, atau tampilan seperti situs berita, sebuah blog bisa menjadi sebuah situs berita yang banyak pembacanya.

Demikian pengertian blog, blogger, dan blogging. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

    Thanks for reading Pengertian Blog, Blogger, Blogging | Tags:

    Next Article
    « Prev Post
    Previous Article
    Next Post »

    Related Posts

    Your Comments

    2 komentar on Pengertian Blog, Blogger, Blogging

    Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.