August 29, 2014

Survei Nielsen: Televisi Media Terpopuler di Indonesia

By Romeltea | Published: August 29, 2014

Survei Nielsen: Televisi Media Terpopuler di Indonesia
Televisi (TV) menjadi media terpopuler di Indonesia, menurut temuan lembaga survei AC Nielsen. Hasil Survey AC Nielsen mengenai konsumen media baru-baru ini, secara keseluruhan, konsumsi media di kota-kota di Indonesia menunjukkan Televisi masih menjadi medium utama yang dikonsumsi masyarakat Indonesia (95%), lalu Internet (33%), Radio (20%), Suratkabar (12%), Tabloid (6%), dan Majalah (5%).

Top Media Terpopuler di Indonesia Temuan AC Nielsen
  1. Televisi (95%)
  2. Internet (33%)
  3. Radio (20%)
  4. Suratkabar (12%)
  5. Tabloid (6%)
  6. Majalah (5%)
Dalam hal konsumsi Radio, konsumen di luar Jawa tercatat lebih banyak mendengarkan radio (37%) dibandingkan dengan konsumen di Jawa (18%). 

Konsumen di luar Jawa rata-rata mendengarkan Radio melalui pesawat radio, namun konsumen di Jawa lebih banyak mendengarkan radio melalui telepon genggam. 

Pop Indonesia dan Dangdut merupakan jenis musik yang banyak digemari oleh para pendengar radio. Penduduk luar Jawa lebih banyak mendengarkan radio di sore hari, sementara di Jawa pada pagi hari.

Apa makna data di atas bagi Anda? 

Bagi saya, fokus ke TV nih..., TV merupakan media paling berpengaruh bagi pola pikir dan perilaku masyarakat. 

Mengacu pada "Teori Jarum Suntik" dalam literatur komunikasi massa, yang dianggap penting oleh TV, akan dianggap penting oleh publik. Yang dianggap benar oleh TV, juga akan dianggap benar oleh publik.

Maka, betapa besar peran manajemen TV dalam dinamima kehidupan. Betapa besar juga dosa TV jika berdusta atau manipulatif dalam pemberitaannya. Sebaliknya, betapa besar pahala manajemen TV jika menyampaikan kebaikan, kebenaran, dan hal-hal positif lainnya secara jujur (fair). Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

2 comments on Survei Nielsen: Televisi Media Terpopuler di Indonesia

  1. kalau yang dianggap penting oleh tv, dianggap penting bagi publik itu teori agenda setting deh,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Em.... :) Klik linknya makanya...
      http://www.romelteamedia.com/2014/07/hasil-pilpres-2014--teori-jarum-suntik.html

      Delete

Contact Form

Name

Email *

Message *