September 25, 2014

Forum Pembaca, Trik Media Online “Copas” Berita dari Kompetitor

By Romeltea | Published: September 25, 2014

Forum Pembaca, Trik Media Online “Copas” Berita dari Kompetitor
Forum Pembaca, Trik Media Online “Copas” Berita dari Kompetitor

Selain punya trik “jebakan klik” (Click Bait), Media Online punya trik alias "modus" lain demi menyedot pengunjung, yaitu Forum Pembaca. Di laman forum inilah sebuah media online (news portal) memuat posting menarik dari media lain yang tidak dimilikinya.

Entah akun asli pembaca ataukah “orang dalam”, forum sebuah media online sudah “biasa” meng-copy paste berita menarik dari media lain, bahkan seringkali berita yang diposting di forum ini dipromosikan oleh redaksi di jejaring sosialnya.

Misalnya, detik.com tidak punya atau tidak memuat berita “Facebook Ungkap Jumlah Penggunanya di Indonesia”. Berita itu ada di Kompas.com. Nah, di Forum Detik berita itu di-reposting (baca: Copy Paste) dengan judul yang sama persis. Dengan begitu, detik.com pun sama-sama punya berita tersebut.

Demikian juga, misalnya, tribunnews.com, lewat Forum Tribun bisa Copas berita yang ada di detik.com, kompas.com, okezone.com, dan seterusnya.

Saling copas dan reposting dalam konteks kode etik jurnalistik masuk dalam pasal “kesetiakawanan profesi”. Disebutkan, kutip atau salin berita harus menyebutkan sumber. Jadi, ‘gak masalah selama reposting tersebut menyebutkan sumbernya. Namun, kredibilitas media tersebut ‘kan jadi menurun dong?

Segitu aja deh bahasan soal Forum Pembaca sebagai trik media online untuk menyedot pengunjung setia dengan “copas” berita media lain. CMIIW .... ! :) Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

1 comment on Forum Pembaca, Trik Media Online “Copas” Berita dari Kompetitor

  1. ane boleh gak copas berita disini (wkwkwkw) , ane juga punya blog .

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *