September 18, 2014

Radio Tools - Peralatan Siaran Radio (Konvensional)

By Romeltea | Published: September 18, 2014

Radio Tools - Peralatan Siaran Radio
MENGENALI alat-alat siaran radio (Radio Tools) merupakan bagian dari dasar-dasar siaran radio yang harus dipahami setiap penyiar atau reporter radio. Radio Tools adalah "logistik perang" atau "alutsista"-nya broadcaster.

Peralatan siaran radio terpopuler adalah mikrofon (mike). Coba saja ketik "announcer" di Google, lalu klik "Gambar/Images", maka bermunculannya gambar-gambar orang plus mike. 

Gambaran alat siaran radio di ruang siaran juga bisa dengan cepat diintip lewat Google. Ketik aja "penyiar", klik "Images/Gambar", maka akan bermunculan penyiar in action (on air) di ruang siaran, plus kelengkapan siaran di ruangan itu.

Tentu, yang dimaksud radio tools di sini adalah perangkat siaran radio konvensional, bukan radio online atau radio internet yang "cuma" butuh komputer, headset (mike plus earphone), dan koneksi internet.

Radio Tools di Ruang Siaran (Tempat Penyiar Bertugas)
1. Komputer 
2. Mixer/Radio Console
4. Microphone
5. Headphone
6. Power Amplifier
7. Telephone Hybrid

Peralatan Ruang Produksi (Tempat Produser dan Staf Produksi Bekerja)
1. Komputer 
2. Microphone
3. Mixer/Radio Console 
4. Microphone 
5. Headphone
6. Power Amplifier

Lho....? Sama ya kayak ruangan siaran? Iya, bedanya cuma "Telepon Hybrid" aja karena ruang produksi 'kan gak nerima telepon dari pendengar. Nah, jika ruang siaran lagi "trouble", maka ruang produksi bisa digunakan sebagai ruang siaran.

Peralatan Pemancar (Luar Ruang Siaran)
1. Pemancar
2. Audio Prossesor
3. Antenna
4. Power Divider
5. Cable Coax
6. Connector Plange
7. Tower

Radio Software
Selain “perangkat keras” (hardware) di atas, ada juga “perangkat lunak” (software) berupa program atau aplikasi komputer untuk proses produksi --seperti merekam dan audio editing-- serta ”memainkan” file-file lagu, iklan, atau lainnya yang harus ”diputar” di ruang siaran. 

Software program ini antara lain:
  1. Sound Forge
  2. Adobe Audition
  3. Music Match Jukebox
  4. Megamix Radio
  5. Broadcasting Automatic System (BAS)
  6. Jet Audio
  7. Real Player
  8. WinAmp
Itu dia Radio Tools - Peralatan Siaran Radio (Konvensional) yang dibagi dalam dua bagian: hardware dan software. Wasalam (www.romelteamedia.com).*

-- Materi Kuliah Jurnalistik Radio UIN SGD Bandung. Setelah menerima materi ini, mahasiswa mengadakan "radio visit" atau kunjungan ke radio untuk melihat langsung dan mendalami kinerja peralatan tersebut.

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Radio Tools - Peralatan Siaran Radio (Konvensional)

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *