October 4, 2014

5 Cara Menerbitkan Buku Secara Online

By Romeltea | Published: October 4, 2014


Cara Menerbitkan Buku Secara Online
ANDA punya naskah buku? Belum diterbitkan oleh penerbit mana pun? Mau menerbitkan sendiri tanpa biaya? Jika jawabannya "ya", maka teruskan baca posting "Cara Menerbitkan Buku Secara Online" ini. (Lihat CONTOH E-BOOK)

Kini siapa pun dengan mudah bisa menjadi penulis dan menerbitkan sendiri bukunya secara online berupa e-book (electronic book). Yang jualnya siapa? Biarkan penyedia jasa online publising dan selling book online melakukannya.

Sejumlah situs web di bawah ini membuka kesempatan bagi Anda untuk menerbitkan buku secara online, tanpa harus "mengemis" kepada penerbit buku :)

1. PAPYRUS
Buka http://papyruseditor.com. Klik "Sign Up". Anda bisa mengimport file yang sudah tersedia, bahkan bisa mengimport link posting blog atau link dari situs mana pun!

Cocok banget buat blogger yang ingin membukukan posting blognya. This is A simple way to create ebooks!

2. DOCSTOC 
Buka www.doctsoc.com, daftar (Sign Up), dan publikasikan naskah buku Anda (dalam satu file, sebaiknya file .Pdf), dan Anda akan mendapatkan "royalti" dari docstoc.

3. LULU
Buka www.lulu.com, daftar, dan ikuti langkah selanjutnya. Hebatnya lagi, LULU menyediaka ISBN gratis bagi naskah buku yang Anda upload dan publish di LULU.

Di Lulu Anda bisa menentukan harga  buku Anda sendiri. Royaltinya hingga 70%. Anda bisa menentukan harga mulai "free" alias digratiskan hingga sekian dolar. Untuk dijual, minimal harga US$0.99.

4. BLURB
Buka http://www.blurb.com/book-makers dan Sign Up. Ikuti proses selanjutnya.

Dalam "biodatanya" disebutkan, Blurb ini Self- and indie-publishing: Democracy in action.

Independent publishing has come a long way since Blurb launched in 2006. Back then, just being able to publish your own book easily and affordably was a shock to the traditional system. But the self- and indie-publishing industry today is thriving, and once again we’re leading the way.

5. ONLINE PUBLISHING
Masih banyak cara dan tempat/situs lain untuk menerbitkan buku secara mandiri. Googling aja dengan kata kunci "online publishing" atau "self book publishing".

Bagi Anda yang punya naskah buku dan "males" berurusan dengan "birokrasi" bahkan "kenakalan/kecurangan" penerbit --soal oplah buku, cetak ulang, hingga royalti yang "dibikin lupa"-- sebaiknya pilih "self-publising" secara online ini. "Kepuasan batinnya" gak jauh beda kok sama edisi cetak. Demikian pula royaltinya.

Ayo, menulis dan terbitkan sendiri naskah buku Anda! Ayo ngeblog dan "sulap" posting blog Anda menjadi buku! (www.romelteamedia.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

7 comments on 5 Cara Menerbitkan Buku Secara Online

  1. kalo seandainya menerbitkan sebuah lagu gan dimana ya ?
    mohon penjelasannya juragan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagu mah gampang... di Youtube saja atau di SoundCloud.com....

      Delete
  2. Keren bener nih idenya, makasih pak, bisa saya coba eksplorasi.

    ReplyDelete
  3. Cara gampang mewujudkan mimpi menerbitkan karya tulis, tidak ada lagi masalah kecuali menulis itu sendiri.

    ReplyDelete
  4. Kalau bukunya berbahasa Indonesia krn target audience-nya utk orang Indonesia sementara bayarnya pakai US Dollar akan jadi barrier besar utk mereka beli ngga tuh Pak..?

    Ada yg Bapak bisa rekomendasikan utk situs lokal dg servis yg sama? Terima kasih.

    ReplyDelete
  5. Sayang ingin menerbitkan sebuah karya tulis tangan saya yang selama 17tahun tidak tau wajah ayah sendiri dan mengenai masalah cerita cinta saya yang fatal😊

    ReplyDelete
  6. Saya siswa kelas11 didaerah kota bandung saya mohon beri kesempatan agar saya bisa menerbitkan sebuah karya tulis tangan saya tentang perjalanan saya yang tdk tau sama sekali ayah dan masalah cinta membuat ku fatal suram di masa depan

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *