Lincah Menulis Pandai Bicara - Tips Menulis dan Pidato

Follow @romel_tea
INILAH buku yang menurut banyak teman saya menggambarkan sosok penulisnya: lincah menulis dan pandai bicara (public speaking). Tips menulis artikel dan pidato. Panduan writing dan speaking. Tips komunikasi tulisan dan lisan.

Lincah Menulis Pandai Bicara

Bisa dikatakan, buku ini memang "mewakili" aktivitas sekaligus profesi saya: sebagai wartawan dan penyiar, juga dosen honorer dan pemateri/trainer pelatihan komunikasi praktis.

Judulnya unik dan menarik, semenarik isinya yang berisi dua keterampikan komunikasi praktis sekaligus, yakni cara menulis dan berbicara di depan umum alias tips jurnalistik dan tips public speaking.

Buku terbitan Nuansa Cendikia Bandung ini berisi dua bagian, yaitu Panduan Menulis Artikel di Media Massa dan Teknik Berpidato/Berbicara di Depan Umum.

Penerbitan buku ini sebenarnya "tidak direncanakan". Bahkan, yang memberi judulnya pun bukan saya, melainkan pihak penerbit.

Panduan Menulis Artikel adalah modul/makalah perkuliahan Menulis Artikel. Teknik Berpidato adalah modul/makalah mata kuliah Tekin Public Speaking.

Digabungkanlah oleh Redaksi Nuansa dan jadilah buku saku Lincah Menulis Pandai Bicara ini.

Menulis adalah mendokumentasikan pengetahuan, wawasan, keahlian, ide, pemikiran, dalam bentuk tulisan dan disebarluaskan melalui media. Cara terbaik mengembangkan skills menulis saat ini adalah Blogging.

Berbicara, dalam hal ini Public Speaking, adalah menyampaikan ide, pemikiran, atau gagasan secara lisan di depan orang banyak (public). Ada tips dan trik tertentu agar pembicaraan kita menarik, memukau, dan berksesan.

Resensi Buku Lincah Menulis Pandai Bicara

Data buku

• Judul buku : Lincah Menulis Pandai Bicara
• Genre : Tips dan Trik
• Penulis : Asep Syamsul M. Romli
• Penerbit : Nuansa Cendekia
• Tahun terbit : 2016
• Tebal buku : 134 halaman (beserta cover)
• ISBN : 978-602-350-367-4

Sinopsis

Dua hal yang ingin dikuasai banyak orang; yakni panda menulis dan pintar berbicara. Kedua keahlian ini bukanlah suatu yang sulit dipelajari. Setiap orang dapat mempelajarinya. Buku kecil ini merupakan panduan bagi Anda yang ingin pintar menulis sekaligus pandai berbicara di depan umum. Penulis memberikan kunci-kunci penting untuk menguasai kedua skill tersebut. Dengan ringkas, padat dan memikat penulis memberi panduan yang terarah dan sistematis.

Kelebihan

Buku Lincah Menulis Pandai Bicara menyajikan cara menulis bagi pemula dengan berbagai metode. Buku ini juga memberikan panduan berbicara yang dapat diterapkan untuk semua kalangan.
Buku ini ditulis dengan halaman yang tidak begitu banyak, sehingga dapat diselesaikan dengan cepat dan dapat langsung diimplementasikan. Hal ini dikarenakan, isi dari buku ini yang sangat informatif.

Kekurangan
Kekurangan dari buku ini terletak pada kebahasaannya yang terlihat acak-acakan sehingga sulit dimengerti. Selain itu, ada beberapa topik yang sudah dibahas namun ditulis kembali. Hal ini membuat beberapa bab terkesan bertele-tele karena mengulang pembahasan dan materi yang sama.

Kesimpulan

Buku ini ditulis dengan jumlah halaman yang tidak begitu banyak sehingga dapat diselesaikan dengan cepat oleh pembaca. Meskipun begitu, bahasa yang rumit membuat buku ini harus dibaca dengan teliti untuk dapat memahami isi yang ada di dalamnya. (Sumber)
Minat buku ini?
Silakan kontak Nuansa. Wasalam.

Thanks for reading Lincah Menulis Pandai Bicara - Tips Menulis dan Pidato | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

0 komentar on Lincah Menulis Pandai Bicara - Tips Menulis dan Pidato

Post a Comment

Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.