December 14, 2014

Tampilan Posting Blog SEO & User Friendly

By Romeltea | Published: December 14, 2014

Tampilan Posting Blog SEO & User Friendly
Ilustrasi: blog.imagistic.com

MENULIS di blog membutuhkan "teknis ekstra" agar menarik dan terindeks mesin pencari --SEO & User Friendly.

Tulisan SEO Friendly artinya mudah terindeks mesin pencari, terutama Google. User Friendly artinya mudah dibaca dan nyaman di mata user.

Tulisan di blog jangan terlalu panjang --bikin susah user membacanya. 

Jangan juga terlalu pendek --bikin sulit trindeks mesin pencari terutama Google.

Panjang posting blog yang ideal antara 300-800 kata. Tulisan berisu ulasan mendalam, kajian, atau tips, boleh hingga 1000 kata.

Namun, terpenting adalah bagaimana menyusun, mendesain, atau menyajikan tampilan naskah (teks) itu di blog. Berikut ini panduannya:

1. Alinea Pendek
Shorter Paragraphs! Dunia digital seperti blogging membutuhkan tampilan tulisan dengan alinea pendek, agar enak & mudah dibaca.

Disarankan per alinea hanya berisi 2-3 kalimat dan maksimal 5 baris saja per alinea.  Alinea pendek akan mudah dibaca dan lebih menarik ketimbang alinea panjang.

2. Subjudul
Gunakan Sub-Headings.  Menggunakan subjudul adalah cara terbaik untuk menampilkan posting seo & user friendly. 

Dunia blogging mengenal istilah "heading tags", yakni trik mengatur ukuran dan tampilan judul-subjudul agar seo friendly --H1, H2, H3, dst. (Baca: Heading Tags Dinamis untuk SEO Blog).

Heading Tags ini juga terkait mesin pencari, seperti robot Google. Mesin pencari akan membidik langsung "heading tags" (judul-subjudul) dalam indexing.

3. Bullets & Numbered Lists
Tulisan blog yang menggunakan daftar bullet & nomor akan lebih menarik dan mudah dibaca. Skor tingkat keterbacaannya (readibility) bisa mencapai 124%. (Lihat hasil studi NN Group).

4. Tautan ke Tulisan Lain.
Links to Other Blog Posts. Link adalah ciri utama media online. Link mengarahkan pembaca ke posting terkait atau data pendukung, juga menambah informasi.

Link, dalam hal ini internal link, berfungsi sebagai navigasi bagi pengunjung untuk berlama-lama di blog kita. 

Tautan bisa berupa daftar "Related Posts" di bawah posting, widget "Popular Posts" dan "Posting Terbaru" di sidebar blog, bisa juga di dalam postingan.

Contoh terbaik soal tautan ke tulisan lain adalah konten Wikipedia.

5. Call to Action
Di akhir tulisan, mengajak pembaca untuk melakukan sesuatu, misalnya memberikan komentar, nge-share posting ke media sosial mereka, mengajak pembaca berdiskusi, atau mengajukan pertanyaan.

Kelima elemen posting blog yang baik di atas saya sadur dengan penambahan & pengurangan dari Social Solution Collective.

Di posting sebelumnya saya berbagi tentang Cara Menulis di Media Online. Ringkasannya:
  1. Gunakan Alinea Pendek
  2. Ada Jarak Antar-Alinea (White Space)
  3. Tidak Ada Indent (tekuk/lekuk ke dalam) di awal alinea
  4. Gunakan Rata Kiri (Align Left)
  5. Gunakan Highlight seperti tebal (bold), miring (italic), warna (color), atau block qoute
Demkikian tips menyajikan tulisan di blog agar mudah diindeks mesin pencari dan menjadikan naskah online Anda "eye catching" --menarik perhatian mata user. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

3 comments on Tampilan Posting Blog SEO & User Friendly

Contact Form

Name

Email *

Message *