December 19, 2014

Tren Desain Tampilan Blog: Responsive & Minimalis

By Romeltea | Published: December 19, 2014

Tren Tampilan Blog 2015: Responsive & Minimalis
TREN desain tampilan situs website --termasuk blog-- terutama Responsive & Minimalis.

Responsif alias Mobile Friendly artinya tampilan web beradaptasi dengan lebar layar, seperti SmatPhone.

Minimalis artinya simple, sederhana, sing penting mah konten atau isinya berkualitas.

"Responsive or Go Home," tulis laman Elegant Themes dalam "Web Design Trends To Look Out For In 2015" yang menempatkan responsif sebagai tren pertama.

Gunakan tampilan responsif atau "ke laut aja"! Gitu kali ya kira-kira kata Elegant Theme tadi. Jika blog Anda masih menggunakan template tidak responsive, segera ganti deh... dan gunakanlah template blog responsive.

Baca Juga:
1. Cara Mengganti Template Blog.
2. Koleksi Template Blog Responsive.

Tampilan blog responsive yang artinya adaptif, fleksibel, menyesuaikan dengan ukuran layar monitor, atau mobile friendly populer sejak 2013 dan jadi "major issue" di dunia blogging dan webdesgin selama 2014.

Google, sebagai situs mesin pencari terpopuler di dunia, juga merekomendasikan para webmaster dan blogger agar "make it (your site) responsive" dan "Responsive Web Design".

Acuan rekomendasi Google adalah fakta: makin banyak orang (user) yang mengakses internet menggunakan mobile device (HP/SmartPhone) yang memiliki ukuran layar serta resolusi yang berbeda satu sama lain.  Responsive desain membuat website/blog sangat "user friendly" alias "bersahabat dengan pengguna" dan "bikin nyaman pengunjung".

Cek tampilan blog Anda di Am I Responsive. Kalo gak responsive, ganti! Tapi... ada tapinya... untuk blog blogspot, sudah disediakan kok versi default mobile-nya. 

Cek aja di menu "Template" > "Mobile", pilih "Yes, Show mobile template on mobile devices." Namun, tentu tampilannya akan beda dengan template yang digunakan versi desktop.

Nah, biar tampilannya sama, maka gunakan template blog responsive.

TREND DESAIN BLOG: MINIMALIS

Minimalis alis simple atawa sederhana adalah trend tampilan blog lainnya. Gak ribet, gak banyak kolom. Tampilan situs-situs berita saat ini juga kebanyakan simple, seperti blog, biar lebih mudah dan tidak memusingkan pengguna untuk mencari berita.

Lagi pula, di dunia media online alias website/blog, yang terpenting adalah konten, isi blog, bukan desain/tampilan. Content is STILL and ALWAYS the KING!!!

Berikut ini sekadar contoh tampilan template blog yang memenuhi kaidah responsive dan minimalis gak pake "lebay".

the writer template
DEMO: http://thewriterdemo.blogspot.co.id/

Bagaimana caranya agar tampilan blog yang sekarang dijadikan responsive saja, tanpa ganti template? Monggo... Aktifkan mobile templatenya.  (www.romelteamedia.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

2 comments on Tren Desain Tampilan Blog: Responsive & Minimalis

Contact Form

Name

Email *

Message *