September 3, 2015

Nah Lho, Blogspot.com Berubah Menjadi Blogspot.co.id

By Romeltea | Published: September 3, 2015

Nah Lho, Blogspot.com Berubah Menjadi Blogspot.co.id
GOOGLE, pemilik Blogger, mengubah domain blogger Indonesia dari dot COM menjadi dot CO.ID, yaitu blogspot.com menjadi blogspot.co.id.

Misalnya, mulai hari ini, Kamis (3/9/2015), URL atau alamat blog (blog address) blogromeltea.blogspot.com sudah berubah menjadi blogromeltea.blogspot.co.id


Hingga posting ini di-publish, saya belum menemukan rilis atau penjelasan resmi dari Google pun Blogger. Ujug-ujug berubah saja hari ini, tepatnya mulai Kamis sore WIB.

Rumornya sih, ini bagian dari update algoriitma Google. Ada juga yang bilang perubahan alamat blog platform blogger dari blogspot .com jadi .co.id ini agar sesuai dengan domain negara masing-masing.

Terus, gimana dong? Ya, gak gimana-gimana. Kita, blogger, manut aja. Biar Blogger yang bekerja mengurus domain + hosting blogger kita. Kita mah fokus saja ke Konten Berkualitas, tulisan asli, bukan copy paste, unik, menarik, dan positif serta inspiratif!

Di Hong Kong, misalnya, sudah lama kok blogspot.com berubah menjadi blogspot.hk. Inggris juga begitu, dari blogspot.com menjadi blogspot.co.uk. Jadi, ekstensi domainnya disesuaikan dengan negara asal blogger.

Tapi, kenapa co.id ya? Ya gak kenapa-kenapa, lha wong Yahoo saja sudah lama kok ada yahoo.co.id. Google juga ada google.co.id.

Co Id artinya apa? Company Indonesia. Kalo .com? Com = Commercial, bisa juga Company. Dot com ini disebut Top Level Domain (doman tingkat teratas), seperti halnya .net, .co, .org, .go.id, .co.id, .or.id, dan lainnya.

Dengan perubahan nama domain blogspt.com jadi blogspot.co.id ini, jelas dong... kian me[m]populerkan domain .co.id yang beridentitas Indonesia.

Amannya sih, lakukan saja Custom Domain pada blog blogspot Anda, ubah menjadi nama domain sendiri. Contohnya, blog ini tadinya romelteamedia.blogspot.com (eh, sekarang mah romelteamedia.blogspot.co.id), lalu di-custom domain menjadi www.romelteamedia.com.

Aman 'kan? Ayo beli domain sekarang! Murah kok! Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

5 comments on Nah Lho, Blogspot.com Berubah Menjadi Blogspot.co.id

  1. betul, kalau mau aman ya diubah menjadi .com aja tanpa blogspot. buat publisher sebaiknya hati-hati jika memasang script anti redirect ke .co.id karena itu termasuk melanggar bagian dari kebijakan google.

    ReplyDelete
  2. Google memang lagi galau nih

    ReplyDelete
  3. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai bisnis. Artikel ini sangat menambah wawasan mengenai bisnis. Saya memiliki beberapa tulisan sejenis mengenai ekonomi bisnis yang dapat dilihat di Journal Ekonomi Bisnis

    ReplyDelete
  4. Bagus dong kalo berubah jadi .co.id... Aku sih setuju

    ReplyDelete
  5. Aku awalnya pas lihat berubah jadi (dot)co(dot)id sempat khawatir. Soalnya ketik (dot)com masuk ke blog, ketik (dot)co(dot)id juga masuk ke blog. Takutnya gimana gitu. Gak jelas statusnya.
    Tapi kalau sekarang, ikut saja gimana google. Gratis ini (jiaaahaha) :D .
    Ya mungkin kalau blognya sudah maju, ingin custom domain juga. Sekarang fokus isi dan juga jati diri blog nya dulu.

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *