May 2, 2017

Penulisan Kata Baku: Ustadz, Ustad, atau Ustaz

By Romeltea | Published: May 2, 2017

Penulisan Kata Baku: Ustadz, Ustad, atau Ustaz
Penulisan Kata Ustadz, Ustad, Ustaz yang Benar (Baku) 

TANYA: Penulisan kata ustad yang benar itu ustaz, ustadz, atau ustad? Di media massa, kata ustaz yang sering muncul atau ditulis karena memang menurut KBBI penulisan yang baku demikian (ustaz).


Kalau memasukkan kata ustad atau ustadz di KBBI Daring, maka akan diarahkan ke laman pengertian ustaz.

Disebutkan, bentuk tidak baku: istaz, ustad, ustadz. Yang baku, ustaz, artinya guru agama atau guru besar (laki-laki) dan tuan (sebutan atau sapaan).

Wikipedia: Ustaz sering juga disalahejakan dengan ustad atau ustadz (Arab:الأستاذ al-`Ustāż) adalah kata bahasa Indonesia yang bermakna pendidik. Kata ini diserap dari bahasa Arab dari kata, pelafalan dan makna yang sama yaitu guru atau pengajar. Dalam bahasa Indonesia, kata ini lebih merujuk kepada guru, pengajar atau orang yang dihormati dalam bidang Islam.

Kesimpulannya: Penulisan Ustaz yang benar:
  1. Asli (Arab): الأستاذ
  2. Menurut KBB: Ustaz
  3. Menurut Pedoman Transliterasi Arab-Indonesia: Ustaz (dengan z menggunakan titik di atasnya)
  4. Menurut Pedoman Abjad Penulisan Bahasa Arab yang di Indonesiakan: Ustadz karena huruf akhir hurufnya DZAL (dz) bukan DAL (d) atau ZAY (z).
Transliterari Arab Indonesia
Transliterari Arab Indonesia

KESIMPULAN


Penulisan Ustadz, Ustad, Ustaz dalan konteks komunikasi semuanya benar. Bukankah dalam komunikasi, hal terpenting adalah pesan dapat dimengerti komunikan?

Jadi, Ustadz, Ustad, Ustaz, sing penting makna dan maksudnya dimengerti, yakni guru (secara harfiyah) dan guru agama, ahli agama Islam, atau penceramah agama (secara istilah).

Untuk penulisan ilmiah nan "kaku" dan "baku", tentu saja harus USTAZ. Di media atau dalam komunikasi tulisan sehari-hari, pilih saja USTADZ!

Saya sendiri lebih suka menulis Ustadz ketimban ustad atau ustaz. Coba aja lafalkan kata uztaz, 'kan gak enak dan gak sesuai dengan  tulisan asli ustadz dalam bahasa Arab: الأستاذ.

Demikian ulasan tentang Penulisan Kata Baku: Ustadz, Ustad, atau Ustaz. Wasalam (www.romelteamedia.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

2 comments on Penulisan Kata Baku: Ustadz, Ustad, atau Ustaz

  1. Ternyata menurut KBBI 'ustaz'. Saya sudah terbiasa ustadz, lebih mantep daripada akhiran -z hehehe

    ReplyDelete
  2. Terimakasih �� atas ulasannya.
    Ulasan/informasi tersebut sangat berguna bagi banyak insan media yang ingin membuat kata yang baik dan benar pada tulisan.

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *