Pengertian Jurnalisme Umpan Klik (Clickbait Journalism)

Follow @romel_tea
Pengertian Jurnalisme Umpan Klik (Clickbait Journalism) - Jurnalisme Baru Era Media Online.

Jurnalisme Umpan Klik
Saya sudah berkali-kali menulis tentang Jurnalisme Umpan Klik (Clickbait Journalism).

Jurnalisme umpan klik adalah jurnalistik yang mengedepankan judul berita untuk menimbulkan rasa penasaran dan keingintahuan pembaca sehingga mengeklik link judul berita tersebut.

Umumnya, saat link judul berita itu diklik, isinya tidak sesuai dengan perkiraan. Maka, saya pun sudah menulis "Jangan Klik Judul Berita Umpan Klik".

Saat saya coba Googling dengan kata kunci "umpan klik", yang muncul di halaman depan Google mayoritas tentang "umpan pancing ikan".

Umpan klik dalam konteks jurnalistik atau media, di halaman depan Google hanya ada Wikipedia, lalu di halaman kedua ada tulisan saya.

"Umpan klik (clickbait) adalah suatu istilah peyoratif yang merujuk kepada konten web yang ditujukan untuk mendapatkan penghasilan iklan daring, terutama dengan mengorbankan kualitas atau akurasi, dengan bergantung kepada tajuk sensasional atau gambar mini yang menarik mata guna mengundang klik-tayang (click-through) dan mendorong penerusan bahan tersebut melalui jejaring sosial daring," tulis Wikipedia.

Disebutkan, tajuk umpan klik umumnya bertujuan untuk mengeksploitasi "kesenjangan keingintahuan" (curiosity gap) dengan hanya memberi informasi yang cukup membuat pembaca penasaran ingin tahu, tetapi tidak cukup untuk memenuhi rasa ingin tahu tersebut tanpa mengklik pada tautan atau pranala yang diberikan.

Saya telusiri lagi, ada dokumentasi berita Kompas Digital Premium berjudul "Prinsip Umpan Klik Ancam Jurnalisme".

"Di tengah perkembangan masif digital, terutama dalam media sosial, media massa bertarung untuk mempertahankan eksistensinya. Namun, kadang cara bertahan hidup tersebut justru mengancam jurnalisme, terutama dengan prinsip kerja umpan klik (click bait) yang mengedepankan sensasi" (Anggota Dewan Pers, Imam Wahyudi).

Saya garis bawahi kata-kata "mengancam jurnalisme". Saya sudah lama menyatakan hal itu dalam "Judul Berita Clickbait Akibatkan Degradasi Jurnalistik".

Jurnalisme Umpan Klik bukan jurnalisme yang baik. Ia jurnalisme baru era media online. Wartawan atau media online beusaha bertahan hidup dengan "terpaksa" melabrak kaidah dan tujuan utama jurnalistik.

Dulu, di era media cetak, wartawan menulis berita untuk dibaca. Kini, di era internet (media online), wartawan menulis berita "untuk diklik". Agar beritanya diklik, dibuka, dan dibaca, wartawan menulis judul berita dengan menembunyikan inti berita.

"Ini Fakta Baru...."
"Begini Komentar...."
"Pemain Ini Dukung ...."
"Wow! Terungkap, Ternyata.... "

Itu sekadar contoh. Fenomena penulisan judul berita umpan klik seperti itu menjadikan cara membuat judul berita begitu mudah. Karena mudah, maka "derajatnya" pun jadi rendah.

Jurnalise Umpan Klik memandang pembaca sebagai ikan yang harus dipancing, sebagaimana ilustrasi gambar di atas.

Demikian ulasan ringkas tengan pengertian jurnalisme umpan klik yang menggejala di era internet kini. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Thanks for reading Pengertian Jurnalisme Umpan Klik (Clickbait Journalism) | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

0 komentar on Pengertian Jurnalisme Umpan Klik (Clickbait Journalism)

Post a Comment

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.