January 3, 2019

Antivirus Komputer Terbaik: Avast & Smadav Plus AdwCleaner

By Romeltea | Published: January 3, 2019

Antivirus Komputer Terbaik untuk melindungi komputer adalah Avast dan Smadav, plus CCleaner dan AdwCleaner untuk ekstra proteksi.

Melindungi komputer (desktop, laptop, notebook, netbook) dari virus merupakan bagian dari cerdas berinternet dan dasar-dasar IT. Caranya dengan memasang antivirus di komputer.

Apa antivirus terbaik? Menurut laman Acer Indonesia, ada lima antivirus terbaik:

  1. BitDefender Antivirus
  2. Avira Antivirus
  3. Avast Antivirus
  4. AVG Antivirus
  5. Symantec Norton Security

Dari lima antivirus komputer terbaik itu, saya sudah lama menggunakan Avast.

Soalnya, Avast Antivirus benar-benar gratis selamanya, update otomatis, dan telah tersedia untuk berbagai perangkat.

Avast mampu menandai dan mengatasi berbagai malware secara real time. Perangkat lunak ini juga bisa memindai semua program yang terinstal dan memastikan semuanya baik-baik saja.

Pengalaman saya selama ini, saya pasang dua antivirus di komputer dan alhamdulillah aman dan lancar jaya. Ancaman virus relatif tertangani dengan baik dengan Avast dan Smadav.

Avast! dan Smadav antivirus gratis. Ada versi premiumnya.

avast antivirus komputer

smadav antivirus komputer


Saya pasang keduanya, meski seorang teman menyarankan salah satu saja sudah cukup.

Avast adalah adalah program antivirus dengan fitur lengkap yang dapat mendeteksi dan menghapus virus dari komputer.

Smadav adalah antivirus lokal yang membantu mendeteksi virus dan menampikan file tersembunyi di flash disk.

Smadav hanya befungsi sebagai pendamping antivirus utama yang menawarkan proteksi total.

Smadav juga anti-ransomware, yaitu sebagai antivirus tambahan untuk mencegah virus ransomware dari flash disk, email, dan web.

Jika ada aplikasi yang diblokir, karena dicurigai sebagai virus, nonaktifkan sementara antivirus, lalu aktifkan lagi setelah aplikasi diinstal.

Proteksi Tambahan: CCleaner dan AdwCleaner

Selain Avast dan Smadav, saya juga gunakan Computer Cleaner (CCleaner) jika komputer lambat karena banyaknya file sampah hasil browsing atau surfing internet.

CCleaner (sebelumnya Crap Cleaner) adalah fasilitas perangkat gratis yang digunakan untuk mengoptimalkan komputer dan membersihkan registry-nya.

Salah satu fitur penting pada program ini adalah tersedianya perkakas untuk membersihkan cache yang ditinggalkan oleh program peramban saat berselancar di internet.

ccleaner pembersih percepat komputer

adwcleaner pembersih percepat komputer


Saya juga gunakan antiadware AdwCleaner untuk mengantisipasi jebolnya pertahanan Avast dan Smadav. Adware adalah perangkat lunak yang diinstal pada komputer untuk menampilkan iklan.

AdwCleaner adalah sebuah program yang sangat meningkatkan keamanan komputer. Kita hanya harus mengunduhnya dan geser ke drive USB untuk menggunakannya dan buang semua masalah pada komputer.

Kesimpulan

  1. Untuk melindungi komputer agar bebas virus, error, dan ancaman lainnya, pastikan komputer dipasang antivirus Avast sebagai antivirus utama, ditambah Smadav sebagai antivirus pendamping.
  2. Download dan instal juga CCleaner untuk membersihkan dan mempercepat komputer, ditambah AdwCleaner untuk membersihkan virus bandel yang berhasil menyusup ke komputer.
Demikian Antivirus Komputer Terbaik versi saya. Versi Anda?

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

3 comments on Antivirus Komputer Terbaik: Avast & Smadav Plus AdwCleaner

  1. Antivirus memnang kadang penting digunakan om, kecuali untuk crack software wkwkwkwk

    ReplyDelete
  2. memang sangat penting untuk melindungi data di kompi om

    ReplyDelete
  3. Smadav adalah salah satu antivirus lokal asli Indonesia yang dikembangkan untuk membantu melindungi komputer dari serangan virus dan malware. Antivirus Smadav cukup populer di Indonesia karena kemampuannya untuk mendeteksi virus lokal yang mungkin tidak terdeteksi oleh antivirus internasional lainnya.

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *