Cara Membuat Website Masjid Gratis di Blogger

Follow @romel_tea
DALAM sebuah forum diskusi tentang masjid, saya menekankan pentingnya setiap masjid punya website atau blog. Sebagai follow up, saya buatkan tips Cara Membuat Website Masjid Gratis di Blogger ini.

Di hadapan sekitar seratus pengurus masjid di kota Bandung itu, saya mengajak para pengurus DKM meluaskan syiar dakwah masjidnya di internet.

website masjid
Contoh Website Masjid. Lihat Live Demo

Website masjid paling tidak berisi susunan pengurus, kontak, link donasi, jadwal khotib jumat, jadwal shalat, program atau jadwal kegiatan (pengajian), dan berisi artikel-artikel keislaman.

Usai acara, beberapa pengurus mendekat, minta nomor HP/WA, lalu... teu aya kontak nanaon. Sugan teh rek bikin web masjid! Semangat punya web masjid cuma saat acara itu saja, rupanya.

Saya bilang, membuat website itu mudah, cepat, bahkan gratis jika membuatnya di platform blogging seperti Blogger dan WordPress.

Eh, sebentar, saya Googling dulu... cara membuat website masjid... Wah, ada tuh jasa membuat website masjid gratis, tapi bayar domain + hosting. Buat webnya gratis.

Ada juga... tema desain website masjid gratis, tapi khusus wordpress selfhosted. Yang lainnya juga sama, gratisnya tidak full, tapi bayar domain + hosting.

Baiklah, saya teruskan kalau begitu tips cara  membuat website gatis di Blogger ini. Membuat website masjid berikut ini gratis, tinggal nawaitu doang, niat, mau, lalu prung amalkan!

Cara Membuat Website Masjid Gratis di Blogger

1.Tentukan nama websitenya, misalnya Masjid Abu Bakar
2. Tentukan nama domainnya, misalnya www.masjidabubakargca.com
3. Buat blognya di Blogger. Ikuti Cara Membuat Blog di Blogger
4. Pasang/Ganti Template

Jika poin 3 sudah beres, Anda bisa gunakan salah satu template blog yang didesain khusus untuk blog Islami yang cocok buat website masjid berikut ini:

Ramadan Magazine Islamic Blogger Template


Al-Islamic Blogger


The Haven Of Karbala


Ramadhan Al-Mubarak Islamic Blogger Template

DEMO | DOWNLOAD

Ramadhan Al-Mubarak Islamic Blogger Template

DEMO | DOWNLOAD

Insya Allah Blogger Template

DEMO | DOWNLOAD

Templat blog Islami untu website masjid di atas kebanyakan belum responsive. Anda tinggal mengaktifkan template mobile bawaan blogger. Namun, jika mau tampilan seperti contoh web masjid dalam gambar paling atas (ilustras), silakan kontak Admin. Free (gratis) untuk masjid Anda.

Blog masjid Anda bisa juga menggunakan salah satu template terbadi di koleksi template seo friendly.


Website masjid Anda sudah jadi dengan langkah 1-4 di atas. Alamatnya masih menggunakan subdomain blogspot.com atau blogspot.co.id. 

Jika ingin menggunakan nama domain sendiri, misalnya menjadi seperti masjidabubakargca.com, maka Anda harus menyewa domain, hanya 100 ribuan per tahun. Cek aja nama domannya di provider domain seperti Qwords.

Mengapa Harus Website Masjid?

Membuat web masjid artinya digitalisasi masjid atau membuat masjid jadi online. Ini untuk ekspansi peran masjid era milenial, menyermarakkan dakwah online juga. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Thanks for reading Cara Membuat Website Masjid Gratis di Blogger | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

1 komentar on Cara Membuat Website Masjid Gratis di Blogger

  1. AnonymousJune 02, 2019

    Kalo tema ini cara memasukkan laporan real-time untuk infaq bulanan dan tahunan bagaimana?

    ReplyDelete

Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.