September 6, 2017

Cara Membuat Blog di Blogspot (Dilengkapi Gambar & Video)

By Romeltea | Published: September 6, 2017

Panduan cara membuat blog berikut ini untuk ngeblog di blogger/blogspot. Cara membuat blog di platform lain juga kurang-lebih sama.

Cara Membuat Blog
BLOG adalah situs pribadi (personal website) berisi "catatan harian" untuk berbagi pengalaman, wawasan, curhat, link, publikasi foto dan video, dan kini berkembang menjadi sarana bisnis online, pemasaran internet, bahkan jadi portal berita (media online, media siber).

Tagline blogger sebagaimana halaman depan Blogger di atas, "Publikasikan bakat dan minat Anda, cara Anda. Ciptakan blog unik dan indah. Mudah dan gratis", memberikan gambaran ringkas cara membuat blog dan pengertian blogging.

Cara membuat blog sangat mudah, semudah membuat email atau akun media sosial. Posting atau mengisinya juga mudah, semudah update status Facebook atau Twitter.

Untuk membuat blog yang SEO Friendly, yaitu blog yang mudah dan cepat terindeks Google, juga mudah. Banyak sekali template blog SEO Friendly gratis yang bisa digunakan. Banyak pula tips dan trik SEO untuk membuat blog Anda cepat populer dan mendatangkan banyak pengunjung.

Platform blog gratis yang bisa digunakan juga banyak. Menurut situs pemeringkat website dunia Alexa, platform blog terpopuler dan terbanyak digunakan adalah Blogger (Blogspot) milik Google.

Wajar, karena blogger merupakan milik mesin pencari terkemuka di dunia (Google). Kalau kita mencari informasi apa saja di Google, juga di Bing atau Yahoo, maka kebanyakan blog yang muncul dari blogger (blogspot).

Baca: 7 Kelebihan Ngeblog di Blogger/Blogspot

Cara Membuat Blog di Blogger

Membuat Blog di Blogger
Membuat blog di blogspot tidak memerlukan email  karena pada dasarnya, begitu SIGN UP, Anda sudah otomatis membuat email juga, yaitu email di gmail (Google Mail).

Akun Gmail sekaligus merupakan akun Blogger, Google Plus, Youtube, Google Drive, Google Analytic, Webmaster Google, dan fitur gratis lainnya.

Makanya, yang sudah punya email di gmail, blognya tinggal bikin aja! Klik menu "More" dan pilih "Blogger".

Ini dia langkah membuat blog di blogger/blogspot:

1. Buka www.blogger.com atau www.blogspot.com.

Akan muncul penampakan seperti gambar di bawah ini. Kok yang muncul Google? Iya benar, karena blogger itu milik Google dan terintegrasi dengan akun Google lainnya.

"Milik Google" adalah salah satu Kelebihan Blogger dibandingkan platform blogger lainnya. Blog di blogger akan lebih cepat dan mudah diindeks Google, sang pemilik, dibandingkan platform blog lainnya.

Cara Membuat Blog di Blogspot

2. Klik "Create an Account" (Buat Akun Baru).

Langkah 1 & 2 di atas bisa juga dengan cara langsung buka Halaman Depan Blogger di address bar browser internet Anda atau klik Blogger Homepage.

Akan muncul seperti gambar di bawah ini:

 Halaman Depan Blogger

Klik link/menu BUAT BLOG dan akan muncul gambar seperti di bawah ini:

Cara Membuat Blog di Blogspot

3. Isi "formulir" yang tersedia di sana dengan benaer hingga selesai:
  • Name -- isi dengan nama depan dan belakang Anda, misalnya Ahmad Fulan.
  • Choose your username -- isi dengan, misalnya: ahmadfulan (huruf kecil smua)
  • Create a password -- isi dengan password yang mudah diingat dan rahasiakan! Minimal 8 karakter (huruf), misalnya: 12345678, abcdefgh, atau a1b2c3d4. Bebas, pokoknya minimal 8 huruf/angka!
  • Confirm password -- ketik ulang password Anda. Jangan lupa, simpan tu password baek-baek ya, jangan sampai hilang, lupa, apalagi diketahui orang laen!
  • Birthday -- Isi dengan tanggal, bulan, dan tahun lahir. Beneran boleh, boongan juga gak apa-apa :)
  • Gender -- tunjukkan jenis kelamin Anda! Ups... maksudnya, pilih "Male" (laki-laki) atau "Female" (perempuan), "Other" (untuk lembaga/organisasi) atau "bukan laki bukan cewek".
  • Mobile Phone -- isi dengan Nomor HP Anda. Aman kok! Hanya Google, Anda, dan Tuhan yang tahu. Nanti kalo ada apa-apa, Google akan kirim SMS. 
  • Your Current Email Address -- kosongkan jika belum punya. Kalau sudah punya, tuliskan di sana. Itu nanti akan jadi email cadangan, kalo-kalo nanti lupa username dan password.
  • Ketik angka yang tertera di kolom yang tersedia (Verifikasi bahwa Anda manusia, bukan robot/mesin)
  • Centang "I Agree... dst."
4. Klik "Next Step" (Tahap Berikutnya) untuk Membuat Blog.

Setelah klik "Next Step" akan muncul tampilan bertuliskan "Welcome..." dan "Your Email Address is...."

Ini artinya, Anda sudah punya email gmail sekaligus akun Google serta username dan password untuk login ke blogger. Ini penampakannya:

Cara Membuat Blog di Blogspot

5. Klik tombol "Back to Blogger" - Kembali ke Blogger

Akan muncul halaman baru dengan tulisan "Selamat Datang di Blogger". Pempakannya seperti gambar di bawah ini.

Di kanan atas ada pilihan bahasa. Sebaiknya pilih "Bahasa Inggris" (US) agar nanti terbiasa dengan bahasa internasional ini, juga karena banyak istilah dunia blogging dalam bahasa Inggris.

Cara Membuat Blog di Blogspot

- Untuk pemula, pilih "Profil Blogger" dan Klik "Buat profil plogger terbatas".
- Setelah diklik, akan muncul gambar seperti ini. 

Cara Membuat Blog di Blogspot


6. Isi kolom "Nama Tampilan"
Misalnya, Ahmad Fulan. Isi dengan nama Anda atau terserah, mau nama panggilan juga boleh.

7. Klik "Lanjutkan ke Blogger"
Akan muncul tampilan baru, berupa Dashbord Blogger. Tampilannya seperti gambar berikut ini:

Cara Membuat Blog di Blogspot


8. Klik tombol "New Blog" (Blog Baru).

Anda sudah memasuki wilayah blogging. Akan muncul tampilan seperti ini:
Cara Membuat Blog di Blogspot

9. Isi "Title" (Judul) dengan Nama Blog Anda. 

Misalnya, dalam contoh di atas, Ahmad Fulan. Bebas! Sebaiknya ringkas, mudah diingat, dan sesuai/relevan dengan konten atau isi blog nanti. Kalo blognya soal pendidikan, maka sebaiknya nama blognya Seputar Pendidikan, dan seterusnya.

Judul Blog (Title) adalah Nama Blog Anda, sebagaimana nama media online, misalnya, Republika Online, Kompas, Merdeka, Detik, dll. Penulisannya menggunakan huruf kapital di bagian awal.

10. Isi "Address" (Alamat) dengan huruf kecil semua.

Misalnya, kalo nama blognya Ahmad Fulan, maka alamatnya ditulis ahmadfulan. Jika nama blognya Seputar Pendidikan, maka alamat blognya seputarpendidikan atau seputar-pendidikan. Bebas!

Nanti blogger akan mengecek ketersediaannya. Kalau tidak tersedia, artinya sudah dipake orang lain. Pilih nama lain, atau tambahin satu-dua huruf atau angka.

11. Untuk "Template", pilih saja no.1, "Simple" (nanti bisa diganti kok!)

12. Klik tombol "Creat Blog" (Buat Blog).

Selamat, Anda sudah punya blog! Akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini:


Cara Membuat Blog di Blogspot


Untuk mengecek penampilan blog baru Anda, klik tombol atau menu "View Blog" (Lihat Blog). Akan muncul seperti ini.

Cara Membuat Blog di Blogspot

Tahap pertama membuat blog di blogspot sudah selesai. Tentu, karena baru jadi, blognya masih kosong. Kita bahas cara mengisi dan settingan Dashboad dll di posting berikutnya.

Setelah blog jadi, kita bisa mengubah nama dan alamat blog dengan nama domain sendiri. Untuk ngeblog dengan nama domain sendiri dan hosting non-Blogger alias hosting sendiri, Anda bisa buka paketnya di Hosting Murah Indonesia.

Cara Menulis Posting Perdana 

Blog Anda sudah jadi. Kini saatnya menulis posting perdana.

Posting adalah sebutan bagi konten atau isi blog. Isi blog bisa berupa artikel (teks), foto, video, animasi, dan grafis. Apa saja! Makanya disebut posting atau postingan. Bahasa Inggrisnya: blog post.

1. Klik ikon pensil untuk membuat postingan.

Cara Menulis Posting

2. Akan muncul jendela baru seperti ini;;

Cara Menulis Posting


3. Isi Post Title dengan Judul Tulisan
4. Isi kolom di bawahnya dengan tulisan, foto, atau video.

Selengkapnya: Cara Mengisi Blog - Menulis Postingan.

Baca Juga:  

Sampai di sini cukup dulu panduan cara membuat blog di blogspot. Lanjutkan dengan cara mengganti tampilan (memasang template) setelah Anda berhasil membuat 5-10 postingan di blog baru Anda.

VIDEO TUTORIAL MEMBUAT BLOG
Video cara membuat blog di blogger dan cara mengisinya dengan postingan/artikel




Cara Ganti Tampilan / Memasang Template Blog

Template atau Tema adalah desain tampilan blog. Sangat banyak dan kebanyakan gratis. Anda bisa memilih desain tampilan blog yang sederhana (simple), bisa juga memilih tampilan blog yang "rumit" --biasa disebut Magazine Style (Gaya Majalah).

Contoh Template Blog Simple
Jurnalistik Template

Contoh Template Blog Magazine

flat news magazine blogger template
Untuk blogger pemula, disarankan menggunakan template simple, biar gak rumit bin lieur settingnya. Lagian, template blog simple menjadi trend desain website masa kini, biar lebih ringan, cepat, alias fast loading.

Cara ganti template blog sangat mudah. Siapkan dulu file templatenya yang berekstensi .xml, misalnya jurnalistik-template.xml

Lakukan langkah berikut ini:
1. Klik Tema (Theme)
2. Klik Cadangkan/Pulihkan (Backup/Restore)
3. Klik Choose File
4. Upload!
5. Beres.

Memasang Template Blog

Hal-hal lain seputar desain tampilan/desain blog, widget, dll. bisa Anda baca di Label/Kategori Blogging atau Desain Blog.

Demikian Cara Membuat Blog di Blogspot atau Blogger.

Platform Blog Lainnya
Selain Blogger, masih banyak platfom blog lainnya, seperti:

  1. Wordpress
  2. Wix 
  3. Tumbler
  4. Live Journal 
  5. Weebly 
  6. Yola
  7. Medium
  8. Contentful
  9. Jekyll
  10.  Svbtle


Platform Blog

Kita bisa membuat blog di platform lainnya selain di Blogger. Namun, matangkan dulu blog Anda di Blogger, lalu nanti meluas ke pembuatan blog di platform lainnya, terutama WordPress yang popularitasnya bersaing dengan Blogger/Blogspot.

Demikian Cara Membuat Blog. Selamat Ngeblog! Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

15 comments on Cara Membuat Blog di Blogspot (Dilengkapi Gambar & Video)

  1. halo, salam kenal... apakah alamat blog kita penting dalam pemilihan nama? apakah besar pengaruhnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. penting banget, nama blog hendaknya:
      1. pendek
      2. mudah diingat
      3. sesuai dengan niche / konten / mayoritas topik tulisan blog
      pengaruhnya besar sekali pada indeks mesin pencari

      Delete
  2. Penjelasan jenius. Makasih sob.. Saya suka ulasannya..ringkas & detail

    ReplyDelete
  3. Penjelasannya singkat,padat tepat dan mantap. . Thank you sob

    ReplyDelete
  4. terima kasih atas info yang anda berikan, info dan blog anda sangat bermanfaat

    agen bola terpercaya
    jasa bola
    situs bola

    ReplyDelete
  5. Artikel yang sangat menarik, makasih min

    ReplyDelete
  6. Terimakasih untuk artikel yang di share sangat membantu, akan saya coba terapkan untuk lebih mengembangkan bisnis saya.

    ReplyDelete
  7. Thank you for sharing such a awesome article. I love it.What an wonderful idea. Please check to explore Office Furniture Miami.

    ReplyDelete
  8. Hey I'm for the first time here. I came across this board and I find It truly useful & it helped me out a lot. I hope to give something back and help others like you helped me. Best Furniture Shops in Bangalore

    ReplyDelete
  9. Mantap dan keren banget penulisannya. Memang benarr hal tersebut itu memiliki dampak yang bagus. Selain baik, itu juga Keren dan Menguntungkan

    Tidak ada salahnya untuk selalu membaca dan mengeksplorasi hal hal yang seperti itu. Coba Hal Menyenangkan itu Baik.

    ReplyDelete
  10. Keren.. Ini baru Konten yang di cari

    ReplyDelete
  11. Bang klo jangka panjang enakan pake blogger apa wordpress ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blogger lebih aman, namun Wordpress lebih SEO. Silakan pilih.

      Delete

Contact Form

Name

Email *

Message *