Menulis

7 Kelebihan Ngeblog di Blogspot

Posted by Romel Tea ● Follow @romeltea ● Like Romeltea Media on Facebook

Kelebihan Ngeblog di Blogspot
ADA dua platform blog terpopuler di dunia: Blogspot/Blogger & Wordpress. Sudah banyak ulasan tentang kelebihan ngebloh di Blogger & WP.

Uraian di bawah ini akan menunjukkan keunggulan, kelebihan, keuntungan, atau keutamaan membuat blog (ngeblog, blogging) di blogspot dibandingkan di platform lain.

Yang sudah punya blog di Wordpress dan lainnya, layak juga "tergoda" untuk pindah ke blogspot karena keunggulan platform blogspot.

7 Keunggulan Blogspot 

Sedikitnya ada 7 keunggulan atau kelebihan blogspot dibandingkan Wordpress atau platform blog lainnya.

1. Milik Google 

Blogspot itu milik Google. Karenanya, blog-blog di blogspot akan "dimanjakan" oleh mesin pencari (seacrh engine) nomor wahid di dunia ini.  Konten blog blogspot akan lebih didahulukan untuk ditawarkan kepada user yang mencari informasi apa pun. 

Begitu kita posting artikel di blog blogger ini, Google secara instan akan bereaksi (mengindeks). Posting blog kita dengan mudah terindeks di mesin pencari Google, terlebih jika kita memanfaatkan fasilitas Google Submit Url, Google Webmaster Tools, Google Feedburner,  Google Analytic, Google Plus, dan Google Page guna mendongkrak popularitas blog.

2. Otomatis Punya Email Gmail dan Akun Google Lainnya

Flatform blog lain umumnya menyaratkan email. Blogger tidak. Begitu "Sign up" untuk membuat blog, maka otomatis kita juga membuat email (Gmail) yang terintegrasi dengan fasilitas Google lainnya, termasuk Youtube, Picasa Web Album, Google Drive, Google Webmaster Tools, Google Feedburner,  Google Analytic, Google Plus, Google Page, dan masih banyak lagi.

Jika kita memiliki email Gmail, juga otomatis kita sudah memiliki akun di blogger.com. Kita tinggal login ke akun Gmail, lalu buka "tab baru" dan mengetikkan "blogger.com" di address bar. Pilih "Create a blog" atau "Buat Blog Baru"!

3. Monetize!

Fitur ini tidak dimiliki Wordpress. Blog di blogspot bisa mendatangkan duit. Blogger menyediakan caranya: "Make money with your blog", yaitu dengan mengikuti program Google Adsense (Iklan Google). Blog kita dipasangi iklan, dan itu akan menjadi "Passive Income".

Jika blog kita dikunjungi oleh minimal 250 pengunjung unik per hari, kontennya berkualitas, maka Google akan menerima blog kita untuk ikut Google Adsense, tanpa menghalangi kita untuk memasang iklan lainnya yang sesuai dengan ketentuan Google.

4. Tampilan Bisa Dimodifikasi

Ini dia, seperti halnya no. 1 s.d. 3 tadi, yang tidak dimiliki platform blog lain. Platform Blogspot menggunakan dasar HTML. Kita bisa leluasa menambah, mengubah, menampilkan apa pun di blog kita dengan kode CSS, Javascript, dan HTML. 

Template blog bisa gonta-ganti. Banyak banget yang gratis dan desainnya mirip website pro. Silakan cek di Google. Misalnya, ketika "magazine blogger template", maka akan muncul banyak sekali pilihan tampilan yang, lagi-lagi, bisa diubah (dimodif) sesuai selera. 

Banyak sekali template blogspot gratis dengan berbagai gaya: personal, magazine, online store, news, dll. Bahkan, banyak pula tema WordPress Selfhosting yang sudah dikonversi ke template blogger.

Jadi, kalo ingin tampilan blog keren layaknya website profesional, pilih blogspot!

5. Bisa Pake Domain Sendiri

Kita bisa mengganti alamat blog dengan nama domain sendiri. Ada fasilitas Custom Domain. Tanpa membeli paket hosting, pengguna blogspot dapat melakukan custom domain dengan tetap menggunakan free hosting di blogspot.

Benar, WordPress juga bisa Custom Domain. Namun, di WP templatenya tetap menggunakan bawaan WP. Berbeda dengan Blogspot yang bisa menggunakan template buatan sendiri sekalipun.

7. Hosting Paling Aman

Blogspot terlindungi (protected), karena ia milik Google. Selama kita tidak melanggar aturan, blog kita aman dan tidak akan pernah didelet. Demikian halnya dengan isi (kontent) blog, juga aman.

Belum ada ceritanya blog blogspot kena hack atau kena injeksi skrip, kecuali sang hacker berhasil mencuri username dan password akun gmail atau akun Google Anda. Email gmail Anda pun dilindungi Google dengan adanya konfirmasi via nomor HP.

Itulah 7 kelebihan membuat blog di Blogspot. Ada yang terlewat? Silakan tambahkan di kolom komentar. (www.romelteamedia.com).*

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

Previous
« Prev Post
0 Komentar untuk "7 Kelebihan Ngeblog di Blogspot"

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.