Menulis

12 Ide Posting Blog untuk Blogger Pemula

Posted by Romel Tea ● Follow @romeltea ● Like Romeltea Media on Facebook

Posting Blog
Image: shutterstock.com
12 Ide untuk Mengisi Blog yang baru dibuat. Tips untuk Blogger Pemula (Newbie)

MEMBUAT blog itu mudah. Yang sulit, mengisinya. Banyak yang membuat blog, namun "cul" begitu saja, dibiarkan kosong --lumayan sih, daripada nggak bikin sama sekali :)

Banyak sekali manfaat blogging, sebagaimana sudah saya share di posting 20 Manfaat Blogging. Bagi yang belum membuat blog, silakan ikuti Panduan Membuat Blog SEO Friendly.

Berikut ini panduan bagi blogger pemula yang baru atau akan membuat blog namun bingung bagaimana mengisi atau menulis postingnya.

1. Tanggapi Berita atau Tulisan Blog Lain.

Respond to something elsewhere on the web. Anda bisa mengisi blog dengan menulis respons, tanggapan, kritik, atau persetujuan terhadap sebuah berita atau tulisan blogger lain.

Anda bisa menyertakan link sebagai data pendukung argumen Anda --dikenal dengan sebutan "link journalism".

2. Tulis sebuah Saran atau Ide.
Suggest an idea. Banyak sekali masalah sosial, politik, ekonomi, gaya hidup, dan sebagainya di sekitar kita atau menjadi isu di media. Tulis saran atau ide Anda dan undang reaksi atau komentar pembaca.

3. Wawancara.
Interview someone. Ini cara termudah mengisi blog atau menulis posting. Anda hanya perlu memikirkan pertanyaan, menentukan narasumber, dan menuliskan jawaban narasumber.

Kirim pertanyaan via email. Narasumber bisa guru Anda, ustadz Anda, dosen Anda, teman Anda, artis, pejabat, atau siapa saja. Ya, benar, layaknya wartawan mencari sumber berita.

4. Posting Acara.
Blog an event. Banyak sekali event di sekitar kita  --konferensi, seminar, demosntrasi, pelatihan, konser, dan sebagainya. Tulis dan publikasikan di blog Anda.

5. Ajukan Pertanyaan
Ask a question. Inilah salah satu keunikan blog. Anda bahkan bisa menulis hal yang tidak Anda pahami atau ingin Anda ketahui, dengan cara mengajukan pertanyaan. Anda juga bisa membuat polling atau survei dengan widget yang disediakan provider blog.

6. Ngajak Gelut.
Pick a fight. Maksudnya, menulis kritik pedas terhadap blogger ternama dengan harapan ada tanggapan. Ini seperti ide no. 1, yaitu merespons blogger lain atau isu yang berkembang, namun fokus "menyerang" satu blogger.

7. Refleksi terhadap Sesuatu.
Reflect on something. Saat membaca atau mendengar sebuah berita, pastinya muncul reaksi di benak Anda. Tuliskan! Banyak kejadian di sekitar kita, mulai kriminalitas, korupsi, balap liar, teman facebook yang update statusnya narsis terus, dan sebagainya.

8. Gunakan Kamera!
Do something visual. Ambil gambar (foto) atau video dan jelaskan foto/video tentang apa.


9. Ulas sesuatu.

Review something. Anda bisa membuat resensi buku, film, sinetron, acara TV, atau sebuah acara. Bisa juga mereview hotel, tempat wisata, kampus, sekolah, dll.

10. Buat daftar.
Make a list. Buat daftar, misalnya Top 10 situs berita terpopuler di dunia dengan merujuk pada situs Alexa. Anda juga bisa membuat "daftar situs yang saya kunjungi tiap hari" misalnya atau daftar restoran, hotel, atau tempat yang pernah Anda kunjungi.

11. Tulis Tips.
Write a how-to. Ini posting terpopuler yang dicari pengguna. Anda bisa menulis cara mengatasi, cara membuat, cara menghadapi, dan panduan atau tutorial lain.

12. Undang Guest Blogger.
Let someone else post. Ajak teman atau orang lain menulis di blog Anda. Jika mereka sudah punya blog sendiri, minta tulis ulang dengan perspektif atau sudut pandang baru.

Demikian 12 ide posting blog atau cara mengisi blog baru yang saya sadur dari pakar jurnalisme online dari Birmingham University, Paul Bradshaw, dalam 12 Ideas for Blog Posts. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

Previous
« Prev Post
3 Komentar untuk "12 Ide Posting Blog untuk Blogger Pemula"

Apakah menampilkan tanggal dan waktu posting itu penting atau tidak? maaf newbie tanya-tanya. :)

1. untuk blog berita / masalah aktual, YA!
2. untuk blog tips, opini, selain berita, TIDAK!

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.