Tips SEO: Menulis Artikel Panjang untuk Merebut Peringkat Teratas Google

Follow @romel_tea
Dalam posting Cara Menulis Artikel SEO Berkualitas saya sebutkan, salah satu ciri tulisan ramah mesin pencari adalah tulisan panjang antara 800-1500 kata. Trik ini mempertegas konten adalah raja (content is king).

menulis konten panjang

Salah satu tips SEO yang dibagikan para pakar SEO memang menulis artikel panjang. Neil Patel menyebutnya "long-form content" (konten bentuk panjang), yakni artikel atau tulisan panjang hingga 4000 lebih kata.

Patel juga menunjukkan artikel yang panjangnya lebih dari 3000 kata memperoleh trafik (pengunjung) lebih banyak karena berada di peringkat atas hasil pencarian Google.

Karena lebih seo friendly, maka para blogger kini beradu panjang dalam menulis artikel untuk merebut peringkat teratas Google. "Write a really long article!"

Tapi ini masalahnya, kata Patel, posting blog bentuk panjang tidak cukup. Rumusnya menang sederhana, tetapi tidak berfungsi secara otomatis hanya karena Anda memiliki artikel yang panjang.

Banyak yang menulis artikel sepanjang-panjangnya, namun gagal dalam merebut perhatian mesin pencari. Penyebabnya, tulisan itu belum dioptimalkan SEO-nya.

Tips SEO: Menulis Artikel Panjang

Berikut ini tips SEO dalam menulis artikel panjang sebagaimana dikemukakan Patel. Ada 27 trik. Saya bahas beberapa saja di antaranya.

1. Gunakan kata kunci ekor panjang.


Kata kunci ekor panjang (long-tail keywords) adalah kata kunci atau "topik" berupa frasa yang terdiri dari tiga hingga empat kata.

Contohnya, media dan media massa adalah kata kunci utama (short keywords). Kata kunci ekor panjangnya sebagai berikut:

kata kunci media massa


kata kunci media massa

2. Tulis judul artikel yang sempurna.


Create the perfect h1 tag (title). Judul biasanya menjadi heading tag H1 di halaman postingan. Jika blog Anda belum menggunakan H1 untuk judul tulisan, silakan ubah: Cara Membuat Heading Tags H1 Dinamis untuk SEO.

Pastikan pula judul artikel panjang Anda:
  • Menyertakan kata kunci panjang
  • Ringkas(20-70 characters)
  • Jelas menggambarkan topik atau isi artikel.

3. Gunakan subjudul


Artikel panjang sebenarnya tidak disukai pembaca. Capek bacanya! Lama pula menyelesaikannya. Gak hemat waktu.

Maka... potong-potong artikel panjang itu kedalam beberapa subjudul (subheading). Subjudulnya juga digedein hurufnya. Gunakan H2 atau H3 untuk subjudul.

subjudul


4. Optimalkan alamat atikel.

Optimize your URL. Dalam blogging, url adalah permalink. Pastikan kata kunci masuk dalam permalink. Hindari stop words atau kata-kata yang terlalu umum, seperti dan, di, ke, yang, untuk, bagi, dll.

permalink artikel blog

5. Sertakan tautan keluar.

Include outbound links. Jangan ragu mencantumkan link ke website sumber atau blog populer, apalagi kalau memang kita menjadikan web tersebut sebagai sumber tulisan.

Outbound adalah kenalikan inbound (backlink). Link website Neil Patel dan link ke Forbes di alinea pertama tulisan ini adalah outbound atau eksternal link (tautan keluar).

6. Sertakan tautan kedalam.

Include internal links. Tautan kedalam yaitu link ke posting yang ada di blog sendiri. Contohnya link yang ada dalam "cara menulis artikel seo berkualitas" di alinea pertama postingan ini adalah internal link.

7. Gunakan LSI

Nah lho! Lembaga Survei Indonesia? Bukan. Maksudnya LSI adalah singkatan dari Latent Semantic indexing. 

LSI yaitu kata-kata kunci yang mirip atau sinonim dengan kata kunci utama. Misalnya "car stereo system" itu LSI-nya "car stereo speakers" dan "best car audio speakers".

8. Gunakan kata kunci di awal tulisan

Tempatkan kata kunci di awal artikel, di 100-150 kata pertama yang ditulis dalam naskah artikel. Ini akan membantu Google merambah konten dan memahami kata kunci itu penting untuk indeks dan pemeringkatan.

Itu dia Tips SEO: Menulis Artikel Panjang untuk Merebut Peringkat Teratas Google. Sebenarnya masih banyak lagi, namun saya ringkas dengan mengambil hal-hal yang terkait langsung dengan penulisan artikel panjang.

Hal lainnya misalnya artikel panjang itu harus didukung desain blog yang ramah seluler (mobile-friendly) dan tampil cepat (fast loading). Jadi, gak asal panjang. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Thanks for reading Tips SEO: Menulis Artikel Panjang untuk Merebut Peringkat Teratas Google | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

0 komentar on Tips SEO: Menulis Artikel Panjang untuk Merebut Peringkat Teratas Google

Post a Comment

Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.