Cara Akses Berita Lebih Cepat dan Mudah Biar Tidak Kudet

Follow @romel_tea
Bagaimana cara Anda mengkses berita di internet? Bagaimana cara Anda membaca atau mengikuti berita terbaru? Apakah dengan cara langsung membuka situs berita favorit Anda?

Cara Akses Berita Lebih Cepat dan Mudah Biar Tidak Kudet


Saya akan berbagi dengan Anda cara lebih cepat dan mudah mengakses berita terbaru dan pilihan.

Maksudnya berita pilihan yaitu kabar terbaru dengan topik tertentu, misalnya berita tentang Manchester United, Persib Bandung, Liga 1, Pilpres, media sosial, kesehatan, dan sebagainya.

Saya mah jarang membuka langsung situs berita, misalnya membuka republika.co.id, detik.com, liputa6.com, antaranews.com, atau situs berita lainnya.

Bagaimana cara saya mengakses berita dengan lebih cepat dan mudah?

Cara Akses Berita Lebih Cepat dan Mudah

Saya mah mengakses berita melalui dua jalur. Cara ini lebih praktis, mudah, dan lebih lengkap, yaitu melalui email dan media sosial.

1. Melalui Email: Lansiran Google

Saya menjaga agar tidak "kudet" (kurang update) dengan cara berlangganan Lansiran Google (Google Alert). Gratis! Ini kebaikan Google bagi penggunanya.

Kata Google: "Anda bisa mendapatkan email saat hasil baru untuk suatu topik muncul di Google Penelusuran. Misalnya, Anda bisa mendapatkan info tentang berita, produk, atau sebutan nama Anda."

Manfaat menggunakan Google Alerts ini antara lain:
  • Memantau berita hangat atau terbaru
  • Mengikuti perkembangan pesaing atau industri
  • Mendapatkan berita terhangat seputar selebritas atau acara
  • Mengikuti kabar tim olahraga favorit

Saya berlangganan berita tentang MU, Persib, Kota Bandung, Media, dll. Inbox email saya tiap hari menerima lansiran berita terbaru tentang MU, Persib, dll itu via email. Dari berbagai situs berita.

Jika ada yang menarik, saya tinggal klik judul berita. Saya menghindari klik berita dari Tribunnews, soalnya di Tribunnews banyak judul umpan klik!

Cara ini juga yang harus dilakukan para praktisi humas agar bisa update terus tentang berita lembaga atau instansinya.

Cara Membuat Lansiran Google
  1. Buka Google Alerts.
  2. Pada kotak di bagian atas, masukkan topik yang ingin diikuti.
  3. Untuk mengubah setelan, klik Tampilkan opsi. Anda dapat mengatur frekuensi, jenis situs, bahasa, akun email yang mendapat lansiran, dll.
  4. Klik Buat Lansiran. Anda akan mendapat email saat Google menemukan hasil penelusuran yang cocok.
Cara Membuat Lansiran Google



2. Media Sosial: Twitter

Cara kedua mengakses berita dengan cepat, mudah, dan lengkap adalah melalui media sosial. Saya mah seringnya mencari berita terbaru melalui Twitter.

Twitter bagi saya --mungkin juga bagi Anda-- menjadi salah satu sumber berita aktual. Twitter bahkan sudah menjadi sumber berita (news source) bagi para wartawan online.

Cara Akses Berita Lebih Cepat dan Mudah melalui Twitter biasa saya lakukan dengan tiga cara:

- Follow akun-akun resmi situs berita.

Situs berita biasanya otomatis share berita terbaru di akun Twitter, bahkan berita yang belum dimuat di situsnya pun suka dishare duluan.

- Klik Tagar (Hashtag).

Tagar yang lagi trending akan menampilkan berita-berita terbaru, selain status update pata Tweeps yang tidak kita follow sekalipun. Iya sih, banyak juga cuitan yang "gak nyambung" dengan tagar.

- Gunakan Kotak Pencarian

Saya sering menggunakan kotak pencarian Twitter untuk memantau berita terbaru atau informasi terkini tentang berbagai hal.

Selain Twitter, media sosial lain yang bisa digunakan adalah Facebook dan Instagram. Saya mah jarang akses berita via kedua medsos ini. Facebook sekarang sudah gak asyik. Banyak status alay, lebay, dan... status politik!

Instagram saya cuma follow dua akun, Manchester United dan Persib Bandung. Kalu mau tahu info dari akun lain, saya gunakan kotak pencarian dan tagar.

Itu dia Cara Akses Berita Lebih Cepat dan Mudah Biar Tidak Kudet versi saya. Bagaimana dengan Anda? Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Thanks for reading Cara Akses Berita Lebih Cepat dan Mudah Biar Tidak Kudet | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

0 komentar on Cara Akses Berita Lebih Cepat dan Mudah Biar Tidak Kudet

Post a Comment

Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.