April 20, 2020

7 Tips Menulis Efektif di Website

By Romeltea | Published: April 20, 2020

Menulis di media online harus beda dengan menulis di media cetak apalagi elektronik (radio/TV). Karakter media online dan perilaku pembaca media online berbeda. Berikut ini tips efektif menulis di website atau blog.

7 Tips Menulis Efektif di Website

TAK jemu-jemu saya berbagi tips tentang teknik penulisan daring (online writing) atau cara menulis di media online.

Pasalnya, masih banyak penulis yang menyajikan tulisannya di website/blog bergaya menulis di media cetak.

Banyak yang masih tidak dapat membedakan gaya konten cetak dan konten online. Padahal, sebagian besar --jika tidak semua-- pengunjung situs web memiliki harapan yang berbeda ketika mereka membaca di layar komputer.

Hampir setiap media memiliki aturannya sendiri.

7 Tips Menulis Efektif di Website

Berikut ini 7 tips untuk membantu Anda menulis untuk audiens online, apakah Anda memiliki situs atau blog Anda sendiri atau apakah Anda mengirimkan konten ke situs orang lain.

1. Menulis untuk pemindai, bukan untuk pembaca.

Sebelum Anda membeli buku, Anda mungkin membaca the jacket copy -- sinopsis, testimonial, biografi penulis. Ketika Anda mengambil majalah atau koran, Anda dengan cepat membaca berita utama (headline).

Prinsip yang sama berlaku secara online: memberikan titik masuk untuk pemindai (scanner) --tajuk utama, subjudul, daftar peluru (bullet list), keterangan.

Tuliskan kalimat yang jelas dan singkat. Buat paragraf dan blok naskah lainnya pendek dan ketat.

Yang paling penting, perlu diingat bahwa pengunjung mungkin tidak pernah mengklik dari pemindaian untuk membaca, jadi kemas sebanyak mungkin informasi ke dalam titik masuk.

Pengguna internet itu hakikatnya bukan membaca, tapi memindai halaan web. "Users don't read Web pages, they scan!" kata NN Group.

2. Kenali audiens Anda.

Apakah Anda ingin pembaca mengetahui tentang beberapa topik teknologi tinggi? Apakah Anda berharap mereka akan kembali ke situs Anda karena Anda memberi peringkat produk secara efektif dan mereka tahu mereka dapat mengandalkan Anda?

Haruskah mereka meninggalkan situs Anda mengetahui apa yang terjadi di dunia saat ini? Apakah tujuan Anda untuk membuat mereka mem-bookmark situs Anda karena Anda merusak isi mereka dengan prosa cerdas Anda?

Bentuk konten Anda sesuai --tidak hanya bagaimana itu dibaca, tetapi juga bagaimana tampilannya.

3. Rancang konten Anda.

Berikan petunjuk visual tentang pengorganisasian, maksud, dan konten: Jadikan subpos lebih kecil dari tajuk utama.

Dalam tajuk daftar pro-dan-kontra, warna “Pro” hijau dan “Kontra” merah. Di situs tentang penembakan target, ganti titik-titik dalam daftar peluru dengan gambar peluru asli, atau, di situs berkebun, bertukar bunga-bunga kecil di tempat-tempat titik-titik.

Tapi jangan desak - pesan bawah sadar Anda harus “Lihat seberapa bermanfaat / menghibur situs ini?” bukan "Lihat seberapa pintar aku?"

4. Berpikir seperti jurnalis.

Think like a journalist! Salah satu prinsip penulisan jurnalistik adalah menyajikan informasi dalam piramida terbalik yang sangat penting bagi yang sepele, dengan siapa, apa, kapan, di mana, dan mengapa (atau dikenal sebagai 5W) tepat di atas.

Beri tahu pembaca apa yang Anda ingin mereka ketahui, sekarang, dan simpan informasi latar belakang dan detail tambahan untuk nanti.

5. Terjemahkan konten cetak.

Saat Anda mengunggah naskah tulisan yang sudah diterbitkan di atas kertas (media cetak), gunakan kembali untuk Internet:

Tawarkan poin masuk, kencangkan dan bagi kalimat yang kompleks, pisahkan paragraf panjang, dan potong konten yang tidak ada.

6. Berhematlah.

Judul langsung menjadi hasil pencarian mesin pencari dan menarik pembaca; permainan kata tidak. Jangan tuliskan semua hal dalam satu posting. Simpan hal-hal unik lainnya untuk pembaca setelah mereka berkomitmen untuk tetap mengunjungi situs Anda.

7. Tautan. Tautan. Tautan.


Saat membuat argumen atau memberikan contoh, alih-alih mengulangi apa yang sudah dipublikasikan secara online, masukkan tautan (link) ke sumbernya.

Jangan takut kehilangan pengunjung; Anda telah mengikuti seluruh saran saya, sehingga mereka akan kembali.

Source: dailywritingtips.com

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

2 comments on 7 Tips Menulis Efektif di Website

  1. makasih mas!! apakah ini berbentuk ebook? kalau ebook berbayar atau gratis?

    ReplyDelete
  2. sama-sama, it's free, klik print/pdf, tetap cantumkan sumber www.romeltea.com

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *