Waspada Penipuan Email Scam PayPal Mengatasnamakan service@paypal.com

Follow @romel_tea
Waspada Penipuan Email Scam PayPal Mengatasnamakan service@paypal.com

Sebuah pesan email berjudul "Alert: Please check unusual activity in your account" masuk. Pengirimnya menggunakan nama service@paypal.com ‌‌‌ 

Sebagai orang yang "lumayan melek IT", saya cek alamat email sebenarnya bukan service@paypal.com, tapi <no-reply.service_gsjcz512589@kocax04.foxerwezzgg.com>

Halah! Ada kocax segala! Mau ngebodor lu?

Saya langsung berkesimpulan: ini penipuan! Ini scam! Ini phising! Kecurigaan pertama sih pada foto emailnya yang berlogo KN, buan PayPal, meski isi emailnya ada logi PayPal. 

email penipuan paypal

Si penipu minta saya login ke akun PayPal. Si borokokok penipu online ini melampirkan file Pdf dan link untuk diklik. Katanya sih, buat "recovery" akun PayPal. Hahayyy.... nipu aing siah!!!

Saya coba meyakinkan diri dengan mencari info. Dapat dari The Sun. Dengan judul huruf kapital semua, media asal Inggris ini menulis: PERINGATAN BAHAYA. PERINGATAN PayPal - jangan buka email penipuan ini atau komputer Anda akan terinfeksi.

Disebutkan, email yang meyakinkan mendesak Anda untuk mengambil langkah-langkah untuk mencegah penipuan pada akun Anda - tetapi jangan tertipu!

Pengguna PAYPAL diperingatkan tentang penipuan email baru yang menginstal virus yang melumpuhkan komputer pada PC Windows Anda.

Pesan kotak masuk berpura-pura berasal dari "service@paypal.com" dengan subjek "Peringatan akun PayPal" dan lampiran dokumen Microsoft Word yang secara diam-diam menanamkan perangkat lunak jahat (malware) di desktop Anda.

Sama seperti yang saya alami di atas, The Sun mengatakan, itu sebenarnya dari "noreply@administrationservpaypal-a.tk", yang merupakan "mirip situs web", domain situs web bertipe typo yang dirancang untuk menipu dan membingungkan para korban, menurut My Online Security.

"Salam, Klien terkasih! Kami melihat banyak penipuan yang dilakukan oleh intrik dengan layanan online dari akun klien kami," demikian bunyi email penipuan itu.

"Penyerang mendapatkan akses ke akun dengan mencuri data masuk dan kata sandi," katanya, menambahkan "ini mungkin sangat berbahaya bagi dana Anda dan reputasi kami, jadi kami meminta Anda untuk melakukan beberapa tindakan, untuk mencegah penipuan."

Ini berlanjut "Untuk melindungi dana Anda, harap verifikasi data akun Anda. Ini akan memungkinkan kami menyetujui alamat pos dan data pribadi Anda. Kami juga sangat menyarankan untuk menyimpan kata sandi dan data masuk, di tempat yang aman."

Cara mengidentifikasi email PayPal asli

Menurut perusahaan, email dari PayPal akan

  1. Berasal dari paypal.com. Scammers dapat dengan mudah memalsukan "nama yang ramah," tetapi lebih sulit untuk memalsukan nama lengkap.
  2. Pengirim seperti "Layanan PayPal (zxk1942R3@gmail.com)" bukan pesan dari PayPal. Tapi scammers yang canggih terkadang bisa memalsukan nama lengkap, jadi cari petunjuk lain.
  3. Alamat Anda dengan nama depan dan belakang, atau nama bisnis Anda.

Email dari PayPal tidak akan:

  1. Tanyakan informasi sensitif seperti kata sandi, rekening bank, atau kartu kredit Anda.
  2. Berisi lampiran apa pun atau meminta Anda untuk mengunduh atau menginstal perangkat lunak apa pun.

"Untuk membuat informasi akun Anda diverifikasi, silakan isi dan kirim formulir berikutnya melalui email atau melalui pos."

Menurut laman resmi PayPal, phishing dan email palsu merupakan penyebab utama pencurian informasi dan identitas, dan cukup sulit dikenali. Email palsu kerap terlihat seperti email sebenarnya sehingga penting untuk selalu waspada di dunia maya.

Email phishing dan situs web yang menipu meminta Anda untuk mengeklik tautan, menghubungi mereka, atau membuka lampiran untuk memperbarui informasi rekening, mengonfirmasi sandi atau pembelian yang tidak Anda lakukan. 

Saat Anda mengikuti tautan, ternyata situs tersebut tidak aman, memungkinkan penipu mengumpulkan detail login dan/atau informasi keuangan Anda.
Bagaimana, Anda --pengguna PayPal-- juga serin menerima email penipuan atas nama service@paypal.com? Yuk, waspada!

Thanks for reading Waspada Penipuan Email Scam PayPal Mengatasnamakan service@paypal.com | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

0 komentar on Waspada Penipuan Email Scam PayPal Mengatasnamakan service@paypal.com

Post a Comment

Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.