Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenis Content Marketing

Follow @romel_tea
Content Marketing adalah istilah baru di dunia pemasaran, periklanan, atau promosi bisnis. Istilah "Pemasaran Konten" merujuk pada promosi secara online dengan cara yang berbeda dengan iklan (advertising).

Berikut ini ulasan tentang pengertian content marketing dan tipnya bagi kesuksesan bisnis online.

Tips dan stategi Content Marketing untuk kalangan Humas sudah saya bahas di posting tentang Corporate Blogging dan Corporate Journalism. Kuncinya: memaksimalkan website dan media sosial lembaga untuk promosi dan sosialisasi.

Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenis Content Marketing

Pengertian Content Marketing 

Secara bahasa, Content Marketing terdiri dari dua kata, Content dan Marketing.

Content artinya isi atau kandungan. Namun, lebih sering diterjemahkan menjadi konten yang artinya "informasi yang tersedia melalui media atau produk elektronik".

Marketing artinya pemasaran atau penjualan. Jadi, secara bahasa, Content Marketing artinya pemasaran isi, namun lebih populer dengan terjemahan "Pemasaran Konten".

Content Marketing merupakan salah satu jenis stategi pemasaran, khususnya promosi, secara online. Istilah ini berkaitan erat dengan istilah bisnis online, internet marketing, digital marketing, content strategy, content writing, blog, website, media sosial, dan SEO.

Pengertian praktisnya, Content Marketing adalah promosi produk atau jasa secara online dengan menyajikan artikel, gambar, audio, video, infografis, animasi yang informatif, menarik, dengan tujuan mengenalkan, promosi, dan mendatangkan pembeli atau klien secara tidak langsung (implisit).

Menurut kamus Google, Content Marketing adalah jenis pemasaran yang melibatkan pembuatan dan berbagi materi online (seperti video, blog, dan posting media sosial) yang tidak secara eksplisit mempromosikan merek, tetapi dimaksudkan untuk merangsang minat pada produk atau layanannya.

Joe Pulizzi and Newt Barrett dalam Get Content Get Customers (McGraw Hill Publication, 2009) mengartikan Content Marketing sebagai istilah umum yang mencakup semua format pemasaran yang melibatkan pembuatan atau berbagi konten untuk tujuan menarik basis konsumen saat ini dan potensial.

Beberapa orang menganggap pemasaran konten sebagai "era baru pemasaran" (new age marketing), tetapi sebenarnya Content Marketing hanya "anggur baru dalam botol lama" (new wine in old bottle).

Maksudnya, yang membedakan Content Marketing dengan cara pemasaran (promosi) lama lama adalah dari segi isi atau materi, yakni berupa materi online seperti video, blog, dan posting media sosial.

Menurut Content Marketing Institute, content marketing yaitu membuat dan mendistribusikan konten yang berharga, relevan, dan konsisten untuk menarik dan mendapatkan audiens dengan tujuan akhir untuk menghasilkan keuntungan bagi sebuah bisnis.

Dari Wikipedia, Content marketing adalah strategi pemasaran dengan cara merencanakan, membuat, dan mendistribusikan konten yang dengan tujuan promosi dan penjualan produk atau jasa (layanan) atau meraih konsumen atau klien.

Fungsi Content Marketing

Content Marketing berfungsi:
  1. Menarik perhatian
  2. Mengenalkan merek produk atau jasa
  3. Memperluas basis pelanggan
  4. Menghasilkan atau tingkatkan penjualan online
  5. Meningkatkan kesadaran atau kredibilitas merek
  6. Melibatkan komunitas pengguna online.
Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenis Content Marketing


Jenis-Jenis Content Marketing

Jenis-Jenis Content Marketing meliputi semua jenis konten halaman website di internet --teks (tulisan), gambar, foto, audio, video, animasi, dan infografis.

Jenis Content Marketing yang biasa disebarkan melalu strategi Content Placement adalah artikel atau tulisan, yaitu membuat semacam "guest post" di website/blog orang lain dengan menyertakan tautan (link).

Berikut ini jenis-jenis Content Marketing:
  1. Artikel
  2. Product Review
  3. Infografis
  4. Meme
  5. Animasi
  6. Video
  7. E-book
  8. E-Magazine
Contoh Content Marketing dalam bentuk artikel:
  • Provider domain dan hosting membuat tulisan tentang tips blogging. Di dalamnya ada link yang mengarahkan pembaca ke paket layanan webhosting yang mereka tawarkan.
  • Acer Indonesia menulis tentang cara merawat baterai laptop yang benar. Di dalamnya disisipkan tentang kualitas baterai dalam laptop Acer.
Sampai di sini, kiranya sudah cukup jelas apa yang dimaksud dengan Content Marketing, fungsinya, dan jenis-jenisnya. Namun harus diingat, Content Marketing berbeda dengan Iklan.

Perbedaan Content Marketing dan Iklan

Content marketing merupakan cara lebih efektif bagi pebisnis online untuk memasarkan produk atau layanan dibandinkan iklan.

Pasalnya, Content Marketing merupakan informasi yang tidak secara langsung promosi produk, melainkan memberi manfaat, sedangkan iklan secara eksplisit dan langsung berupa promosi.

Blule Adz menjelaskan, iklan secara langsung berisi promosi yang kemungkinan dihindari oleh orang, sedangkan content marketing membuat orang tidak sadar bahwa mereka sedang "digiring" untuk menjadi pembeli atau penggunan layanan.

"Pemasaran tradisional membuat Anda menginvasi ruang pelanggan pada tanggal dan waktu yang Anda tetapkan — dan Anda tidak memiliki cara untuk mengetahui dengan pasti apakah pesan Anda menjangkau mereka pada waktu di mana mereka setuju dengan hal itu."

"Dengan pemasaran konten, Anda membuat konten online (blog, halaman web, pos media sosial, whitepaper, dll.) dan membiarkan pelanggan datang kepada Anda."

Ketika calon pelanggan mencari sesuatu yang terkait dengan bisnis Anda secara online menggunakan Google, Bing, atau mesin pencari populer lainnya, konten Anda dapat diletakkan di halaman hasil mesin pencari (SERP) untuk diklik oleh pelanggan."

"Hal yang hebat tentang menggunakan pemasaran konten adalah bahwa pelanggan yang melihatnya biasanya mencarinya. Ini berarti lebih banyak keterlibatan dan lebih sedikit keluhan tentang spam. Ini dapat mendorong ROI gila untuk pemasaran konten inbound."

Demand Metric memiliki beberapa bukti bahwa content marketing adalah strategi marketing yang efektif. Ini dia:




A Guide to Marketing Genius:  Content Marketing 
Powered by Demand Metric

Content Marketing meningkatkan "brand awareness", kedekatan dengan pembeli, membangun loyalitas dan kebanggan,

Artikel atau postingan blog (blog post) adalah jenis konten yang paling sering digunakan dalam content marketing. Kategori Blog" di website bisnis akan menarik pengunjung baru ke web bisnis Anda.

Tips Content Marketing 

Berikut ini tips content marketing terbaik dari WordStream.

  1. Mulai Pemasaran Ulang Konten
  2. Jawab Pertanyaan Kompleks dengan Konten Anda
  3. Terus Asah Keterampilan Menulis Anda
  4. Jangan Salin Blog Perusahaan Lain - Lihat ke Para Bintang Indie Sebagai gantinya
  5. Pastikan Konten Anda Mencerminkan Suara Merek Anda
  6. Cadangkan argumen Anda dengan data
  7. Gunakan kata kunci spesifik dalam konten Anda
  8. Berani dan Bicaralah Pikiran Anda (Terutama Saat Orang Lain Tidak Berani)
  9. Terima Bahwa Tidak Semua Konten HARUS Menceritakan Kisah
  10. Gunakan kembali Headline Terbaik Anda di Iklan PPC
  11. Gunakan kembali Konten Anda
  12. Mengevaluasi Keberhasilan Konten Anda dengan Data
  13. Hanya Publikasikan Materi Terbaik Anda - dan Konsisten

Itu dia Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenis Content Marketing. Jangan lupakan terapkan Tips SEO dan Kaidah Menulis Online saat Anda menulis Content Marketing berupa tulisan. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Thanks for reading Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenis Content Marketing | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

0 komentar on Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenis Content Marketing

Post a Comment

Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.