Pengertian Podcast, Cara Podcasting, dan Contohnya

Follow @romel_tea

Pengertian Podcast

Podcasting disebut-sebut sebagai "blog baru" (the new blogging). Menurut Edison Research, 51% orang Amerika telah mendengarkan podcast, dan pembawa acara telah membuat lebih dari satu juta podcast di iTunes Podcast.

Apa itu Podcast?

Istilah podcast berasal dari kombinasi kata iPod (pemutar audio digital pribadi buatan Apple) dan broadcasting (penyiaran).

POD juga dimaknai sebagai singkatan dari Play on Demand.

Secara bahasa, podcast adalah file audio digital yang tersedia di Internet untuk diunduh ke komputer atau perangkat seluler, biasanya tersedia dalam bentuk seri, angsuran baru yang dapat diterima oleh pelanggan secara otomatis.

Podcasting adalah layanan gratis yang memungkinkan pengguna Internet untuk menarik file audio (biasanya MP3) dari situs Web podcasting untuk didengarkan di komputer atau pemutar audio digital pribadi mereka. 

Menurut Cambridge Dictionary, podcast adalah program rekaman yang dapat diunduh dari internet dan didengarkan pada pemutar MP3.

Menurut The Podcast Host, sederhananya: podcast adalah program audio, seperti Talk Radio, tetapi Anda berlangganan di ponsel cerdas Anda dan mendengarkannya kapan pun Anda mau (play on demand).

Secara detail, podcast adalah rangkaian kata yang diucapkan, episode audio, semuanya berfokus pada topik atau tema tertentu, seperti bersepeda atau startup

Anda dapat berlangganan acara tersebut dengan aplikasi di ponsel Anda dan mendengarkan episode kapan pun Anda suka di headphone, di mobil, atau melalui speaker.

Saat Anda mendengarkan podcast, Anda akan menemukan bahwa banyak dari mereka yang cukup familiar. Anda akan mendengar jenis konten serupa selama bertahun-tahun, dari radio hingga acara bincang-bincang TV. 

Di sisi lain, Anda juga akan mendengar podcast yang benar-benar baru dan sama sekali berbeda dengan norma, berkat kebebasan yang dimungkinkan oleh podcasting.


Pengertian Podcast


Bagaimana cara kerja podcast?

Kebanyakan podcast akan bertema sekitar satu topik tertentu. Pembawa acara atau host akan membicarakan topik itu di setiap episode. 

Terkadang sangat spesifik, seperti membahas film, dan di lain waktu lebih umum, seperti cara menjalani hidup bahagia.

Setiap episode podcast itu akan berbicara tentang sesuatu yang spesifik dalam topik itu.

Setiap episode biasanya dijalankan oleh satu atau dua presenter reguler, membicarakan subjek itu, dan mereka akan sering meminta tamu dari luar untuk berkontribusi, atau diwawancarai.

Banyak podcast yang sangat sederhana, hanya beberapa teman yang mengobrol tentang sesuatu yang mereka sukai, seperti film, merajut, atau menjalankan bisnis. 

Tetapi beberapa di antaranya sangat halus dan sangat profesional, termasuk musik tema, efek suara, pengeditan profesional, dan banyak lagi.

Podcast yang lebih profesional bagus untuk didengarkan, tetapi mereka membutuhkan lebih banyak waktu dan uang untuk membuatnya. Pertunjukan amatir, di sisi lain, mungkin memiliki beberapa sisi kasar, tetapi itu berarti mereka bisa mengeluarkannya, setiap minggu, dan menumbuhkan pengikut setia.

Kebanyakan orang mendengarkan sedikit dari kedua jenis tersebut. Faktor terbesar di sebagian besar podcast adalah tuan rumah atau pembawa acara, dan Anda akan tertarik pada topik dan pembawa acara yang Anda sukai, lebih dari pendekatan yang mereka ambil.

Anda mungkin pernah mendengarkan podcast di iTunes, Spotify, atau aplikasi lain --tetapi tahukah Anda bahwa konten yang Anda nikmati tidak berasal dari sana? 

Jantung berdetak dari setiap podcast adalah umpan RSS-nya. Ini adalah format khusus untuk konten yang dapat diproses dan ditampilkan oleh layanan seperti iTunes atau Spotify di aplikasi yang sesuai - iTunes, perangkat Alexa, dan layanan lainnya.

Saat Anda mengunggah file audio ke blog Anda (misalnya, .mp3) dan menekan terbitkan, entri baru (termasuk file) muncul di umpan RSS Anda. 

Dari sana, iTunes, Spotify, Pocket Casts, atau aplikasi podcast lainnya mengunduh file untuk diputar ke pendengar Anda.

Keuntungan Podcasting

Memulai podcast memiliki banyak keuntungan:

  1. Anda dapat terhubung dengan audiens Anda pada level yang jauh lebih dalam, berkat suara Anda dan sifat percakapan tanpa naskah.
  2. Menjangkau dan bertemu orang-orang yang menarik.
  3. Podcasting sangat cocok dengan proyek lain --blogging, menulis, atau bahkan "pekerjaan harian" perusahaan.

Apakah Podcast Audio atau Video?

Kebanyakan Podcast saat ini hanya berupa audio, meskipun podcast video memang ada. 

Podcasting benar-benar berkembang dari kebutuhan akan konten latar belakang. Itu berarti sesuatu yang dapat menghibur Anda, mendidik Anda atau menginspirasi Anda di latar belakang kegiatan membosankan atau hafalan lainnya.

Misalnya, salah satu cara paling umum orang mendengarkan adalah di dalam mobil. Anda tidak dapat menonton video di sana, tentu saja, jadi konten audionya bagus. 

Dengan cara yang sama, podcast sangat bagus untuk didengarkan di gym, saat Anda sedang memotong rumput, atau dalam perjalanan ke kantor. Setiap momen waktu yang terbuang bisa menjadi momen untuk audio!

Tentu saja, itu berarti Anda memerlukan sesuatu untuk didengarkan, jadi Anda mungkin perlu memiliki satu set headphone untuk dihubungkan ke smartphone Anda. 

Jika tidak, hubungkan ke mobil Anda melalui Bluetooth, atau mulailah mendengarkan di Echo atau speaker pintar lainnya!

Podcast Video

Trendnya sekarang adalah memvideokan podcast. Jadilah ia podcast video atau video podcast yang diunggah ke Youtube dan platform berbagi video lainnya.

Youtuber juga mulai ramai-ramai beralih ke podcast. Vlogging dan Podcasting dipadukan.

Video adalah bentuk komunikasi yang ampuh. Video menarik perhatian, menyenangkan untuk ditonton, dan bahkan lebih menyenangkan untuk dibagikan - orang-orang dua kali lebih mungkin untuk berbagi video daripada bentuk konten lainnya. 

Bila digunakan dengan benar, mereka dapat mengurangi panggilan layanan pelanggan dan meningkatkan lalu lintas, prospek, dan penjualan.

Video juga:

  1. Mudah dicerna. Mereka berguna untuk menjelaskan konsep yang sulit dan mengkomunikasikan ide dengan cepat.
  2. Bagus untuk menampilkan produk saat beraksi. Mereka dapat mendemonstrasikan orang-orang yang menggunakan produk Anda dalam kehidupan nyata dan menunjukkan keefektifannya dengan cara yang tidak dapat dilakukan teks.
  3. Cara untuk terhubung dengan audiens Anda. Mereka memberikan sentuhan pribadi yang beresonansi dengan pembaca dan pengikut.

Membuat video membutuhkan pelatihan, perencanaan, pembuatan film, pengeditan, dan evaluasi yang cermat untuk memastikan video tersebut memenuhi standar kualitas dan merek Anda. 

Dengan semua kerja dan uang yang diinvestasikan, tempat Anda menghosting video mungkin bukan pemikiran pertama Anda, tetapi itu adalah bagian penting dari teka-teki. 

Jika video Anda mendukung, terlihat kasar, mempromosikan pesaing, atau terlalu rumit, kerja keras Anda bisa sia-sia.

Podcasting: Cara Membuat Podcast

Cara membuat podcast sangat mudah. Bermodalkan Ponsel Pintar atau Laptop, plus koneksi internet, Anda sudah bisa membuat podcast.

Anda bisa membuat akun di Soundcloud atau Anchor dan mengunggah rekaman suara Anda di sana. Di Anchor, Anda bisa membuat rekaman langsung plus backsound musik gratis.

Jangan lupa follow Romeltea Podcast di Spotify

Jika Anda "serius" menjadi podcaster profesional, maka Anda perlu menggunakan mikrofon untuk memproduksi audio yang bagus, jelas, jernih.

Selain mikrofon, untuk kualitas suara lebih bagus lagi, maka perlu edit audio menggunakan software Audacity, Adobe Audition, Sound Forge, dan sejenisnya.

Jika Anda akan membuat Video Podcast, selain bisa menggunakan kamera HP dan Laptop, Anda bisa gunakan kamera DSLR, kamera pocket, juga kamera TV.

Jika lebih profesional lagi, Anda bisa membuat "studio podcast" untuk memproduksi Video Podcast dengan kualitas optimal.

Demikian  Pengertian Podcast dan Cara Podcasting. Salam Podcaster!

Contoh Video Podcast

Sumber1, Sumber2


Thanks for reading Pengertian Podcast, Cara Podcasting, dan Contohnya | Tags:

Latest
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

0 komentar on Pengertian Podcast, Cara Podcasting, dan Contohnya

Post a Comment

Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.