Pengertian Domain dan Hosting serta Perbedaannya

Follow @romel_tea

Domain berfungsi sebagai alamat website. Hosting adalah rumah bagi website tempat file atau data disimpan. Berikut ini Pengertian Domain dan Hosting serta Perbedaannya.

Pengertian Domain dan Hosting serta Perbedaannya

DOMAIN dan hosting adalah dua elemen yang membangun sebuah website atau situs web. Kita harus memiliki nama domain dan web hosting untuk membuat sebuah web.

Elemen lainnya dalam sebuah web adalah konten (content), yaitu isi website berupa informasi dalam format teks (tulisan), gambar (image/foto), audio, video, animasi, ataupun game. 

Pengertian Domain dan Hosting

Pengertian Domain 

Secara bahasa, domain artinya wilayah, daerah, ranah (KBBI).

Per definisi, domain atau nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat (IP address) server komputer seperti web server atau email server di internet. 

Domain memberikan kemudahan pengguna internet untuk melakukan akses ke server dan memudahkan mengingat server yang dikunjungi dibandingkan harus mengingat sederetan angka-angka IP Address.

Secara praktis, domain adalah adalah alamat website yang diawali dengan www, http, atau https dan diakhiri dengan dot com (.com), dot net (.net), dot id (.id) dan sejenisnya yang merupakan ekstensi domain.

Contoh nama domain: 

  • https://romelteamedia.com
  • detik.com
  • republika.co.id
  • www.wikipedia.org

Pengunjung atau pengguna harus mengetikkan alamat domain untuk dapat mengakses suatu website. 

Nama domain umumnya juga menjadi nama website, seperti Detikcom (detikcom), Romeltea Media (romelteamedia.com), Wikipedia (wikipedia.org). 

Namun, banyak juga nama website yang sedikit berbeda dengan nama domainnya, seperti Republika Online (republika.co.id).

Memilih nama domain merupakan langkah awal membuat website, setelah menentukan nama web yang diinginkan. 

Anda bisa mengecek sekaligus membeli nama domain di provider domain seperti Niagahoster

Harga sewa domain cukup terjangkau, yakni di kisaran 100 ribuan per tahun.

Pengertian Hosting

Kata 'hosting' berasal dari Bahasa inggris yaitu 'host' yang artinya adalah 'tuan rumah, pengurus rumah, orang banyak dan sejumlah besar'. Jadi, istilah 'hosting = host + ing' adalah sebuah lokasi atau tempat penyimpanan.

Menurut Cambridge Dictionary, hosting artinya "layanan penyediaan perangkat komputer dan perangkat lunak untuk situs web di internet dan membuatnya tersedia untuk dilihat orang"

(the service of providing the computer equipment and software for a website on the internet and making it available for people to see).

Dalam konteks website atau teknologi internet, hosting adalah tempat untuk menyimpan segala macam kebutuhan suatu website agar dapat online di dunia maya atau internet.

Hosting dapat diibaratkan sebagai lahan tempat membangun rumah (yakni website). 

Layaknya lahan, ada yang sempit ada yang luas. Hosting sempit artinya kapasitas penyimpanannya kecil, misalnya hanya 200 MB.

Demikian Pengertian Domain dan Hosting serta Perbedaannya.*


Thanks for reading Pengertian Domain dan Hosting serta Perbedaannya | Tags:

Latest
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

0 komentar on Pengertian Domain dan Hosting serta Perbedaannya

Post a Comment

Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.