Buku Humas Online: Panduan Praktis Cyber PR

Follow @romel_tea

 ALHAMDULILLAH, buku saya, terbaru 2020 tentang Humas, terbit. Judulnya Humas Online: Panduan Praktis Cyber PR.

Buku Humas Online: Panduan Praktis Cyber PR

Buku ini berisi ulasan tentang kehumasan daring alias humas digital, online PR, e-PR, Humas 2.0, PR on the Net, atau kegiatan kehumasan via media internet.

Saya bahas humas online mulai dari pengertan, karakteristik, online PR Tools, target humas (online reputations), hubungan media, manajemen website sebagai hub humas online, strategi media sosial, penulisan online, hingga bagaimana memanfaatkan semua sumber daya online yang tersedia untuk pelaksanaan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) humas.

Pengertian Humas Online

Berikut ini saya kutipkan bagian pengertian humas online.

Humas online adalah kegiatan kehumasan dan pemasaran melalui melalui media internet, khususnya website dan media sosial.

Internet, website, media sosial, konten, audiens, hubungan, niat baik, jaringan, dan periklanan --sebagaimana gambar di atas-- adalah hal-hal yang terkait kehumasan online.

Humas Online disebut juga Humas Daring (Dalam Jaringan), Cyber Public Relations (Cyber PR), Humas Digital, Digital PR, Electronic PR (e-PR), Online PR, PR 2.0, dan PR on the Net.

Dalam humas online, membangun merek (brand) dan memelihara kepercayaan (trust), pemahaman, citra perusahaan atau organisasi kepada publik dan dapat dilakukan secara one to one communication bersifat interaktif.

Aktivitas Humas Online antara lain mengikuti publikasi mailing list yang sesuai dengan target market perusahaan atau target audiens lembaga, serta publikasi berita, artikel, atau press release (rilis) melalui website dan akun resmi media sosial lembaga.

Target utama Humas Online adalah reputasi online (e-reputations), brand awarness, dan trust. 

“Topik tahun ini adalah e-reputasi: manajemen reputasi orang dan organisasi secara online” (Christophe Ginisty, Juni 2010).

PR online melibatkan pengelolaan produksi artikel dan siaran pers serta mendistribusikannya secara online. Menurut hasil Survei Perencanaan PR 2010, PR akan fokus pada media sosial, multimedia, dan optimisasi mesin pencari (SEO)

Praktisi Humas dewasa ini dituntut mampu beradaptasi dengan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), lebih dari sekadar pandai menulis (writing skills) –sebagai “keterampilan tradisional” humas — dan lincah berbicara (speaking skills).

Kemunculan konsep baru kehumasan, seperti Corporate Blogging, Corporate Journalism, dan Social Media Strategy membuat praktisi humas harus familiar dengan teknik komunikasi melalui media baru (new media).

Kehadiran media online menjadikan tugas humas dengan tugas pemasaran (marketing) dan tugas layanan pelanggan (customer service) menjadi “berbaur”. Bisa dikatakan, tidak ada sekat antara Humas, Pemasaran, dan CS. Semua menjadi satu.

Karenanya, di lembaga apa pun Anda menjadi Humas (PR), instansi pemerintah ataupun perusahaan, organisasi swasta ataupun yayasan, tugas Humas Online melakukan semua fungsi humas, pemasaran, dan CS.

Menurut Shel Holtz (1999:3), kebanyakan aktivitas humas di internet masih terbatas pada penggunaan media satu arah, dari atas ke bawah untuk penerbitan informasi masih menggunakan formula komunikasi massa yang tradisional.

Banyak lembaga atau perusahaan yang belum mengadopsi internet sebagai media PR atau perusahaan.

Banyak praktisi PR berbicara atas nama perusahaan telah mempertimbangkan penggunaan internet sebagai salah satu strategi komunikasi PR. Mereka tidak punya pilihan lain dan menjadikan Internet menjadi bagian dari budaya perusahaan.

Melalui internet ini pula setiap individu bisa menjadi penerbit, konsumen atau melakukan kampanye untuk mempengaruhi perilaku konsumen.

Teknologi internet telah mengubah pola komunikasi PR sebelumnya yang masih konvensional seperti komunikasi dari atas ke bawah, bawah ke atas, horizontal, atau pola komunikasi massa yang dilakukan. Semua itu telah mereka tinggalkan dengan pola yang lebih aktual setelah lahirnya internet

Buku Wajib Humas Modern

Buku ini dimaksudkan sebagai panduan praktis Humas Online bagi para praktisi humas lembaga apa pun. Meski bukan buku ilmiah, buku ini juga berguna bagi mahasiswa jurusan humas yang merasa kekurangan litetarur tentang Humas Online.

Buku ini dimulai dengan pembahasan tentang pengertian serta tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Humas sebelum mengulas kehumasan online. Hal ini karena berdasarkan pengalaman di pelatihan, Humas Online harus diperkuat dengan pemahaman yang baik tentang Humas Konvensional, khususnya soal Penulisan Humas (PR Writing) dan manajemen media internal.

Di bagian akhir buku, saya sertakan juga bahasan mengenai cara menulis berita dan gaya menulis online (online writing style) yang berbeda dengan menulis untuk media cetak. Semoga buku ini bermanfaat. Amin!

Buku Humas Online: Panduan Praktis Cyber PR

Buku ini tersedia di toko-toko buku terdekat dan marketplace. Anda bisa juga langsung pesan ke penerbitnya: Lekkas.


Thanks for reading Buku Humas Online: Panduan Praktis Cyber PR | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

0 komentar on Buku Humas Online: Panduan Praktis Cyber PR

Post a Comment

Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.