Proses Pendaftaran Merek Dagang

Follow @romel_tea
Proses Pendaftaran Merek Dagang

Bagaimanakah proses pendaftaran merek dagang? 

Di dunia bisnis, merek (brand) merupakan primadona utama yang menggerakkan roda usaha. Merek dagang juga melambangkan keaslian produk yang diproduksi, sehingga hal tersebut dapat memegang peranan yang sangat penting dalam proses pemasaran produk dari produsen ke konsumen.

Tak hanya itu, banyak sekali peran dan manfaat merek dagang dalam dunia pembisnisan. Mari simak penjelasan secara mendalam berikut ini.

Keuntungan Mendaftarkan Merek Dagang

1. Usaha Dilindungi Secara Hukum

Keuntungan yang paling besar dari mendaftarkan merek dagang ialah jaminan perlindungan hukum atas hak anda sebagai pemilik merek dagang yang sudah diajukan.

Hal ini dengan jelas telah teratur dalam undang undang mengenai hak cipta. Jadi apabila terdapat penyerobotan merek dagang yang sudah anda ajukan, maka akan dikenai sanksi berupa tindak pidana hukum.

Perlindungan ini merupakan senjata utama yang berguna untuk melindungi orisinalitas usaha yang tengah Anda kembangkan. 

Jadi, apabila suatu saat ada perusahaan yang melakukan penjiplakan terhadap produk anda, mereka dapat diseret ke meja hijau untuk mempertanggungjawabkan atas perbuatannya. Sehingga, Anda akan terhindar dari risiko penjiplakan yang mungkin dilakukan oleh kompetitor lain.

2. Mengurangi Risiko Tindakan Merugikan Seperti Plagiarisme

Tak bisa dipungkiri, kemajuan teknologi informasi di era ini turut menyebabkan peningkatan angka plagiarisme dalam berbagai aspek dan bidang tertentu.

Jika merek sudah didaftarkan, usaha anda akan diakui oleh pemerintah sehingga branding perusahaan akan semakin aman dari tindakan merugikan seperti plagiarisme. Tindakan ini biasa dilakukan oleh kompetitor yang berusaha untuk menyaingi usaha anda yang sedang berkembang.

3. Bisa Menambah Nilai Aset Perusahaan

Branding atau merek dagang merupakan salah satu aset terbesar bagi perusahaan. Bahkan saat perusahaan diterpa krisis dan berpotensi bangkrut, merek dapat menjadi penyelamat yang mengundang investor untuk datang menanamkan modal di perusahaan tersebut.

Begitulah fungsi merek yang sangat berperan penting dalam mengembangkan bisnis atau usaha, baik itu perorangan maupun badan usaha milik bersama.

Nilai merek akan menjadi sangat berharga apabila sudah diakui proses pendaftaran mereknya oleh negara.

Sebab, tanpa adanya pengakuan dari pemerintah, merek dagang yang anda gunakan dapat menimbulkan risiko dipakai sembarangan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Hal ini akan menimbulkan nilai jual usaha menjadi menurun, bahkan tidak berharga. Untuk itu, mendaftarkan merek dagang menjadi suatu kegiatan penting.

4. Dapat Membuka Peluang Waralaba

Karena memiliki nilai eksklusif atas penggunaan merek dagang, perusahaan yang sudah terdaftar dapat mengembangkan usahanya menjadi bisnis waralaba.

Bisnis ini menjadi tren yang sedang booming di kalangan pebisnis. Hanya dengan modal merek dagang, anda bisa menambah sumber pendapatan. Dengan meroketnya bisnis waralaba, hal ini tentu saja akan memberikan keuntungan bagi anda dari segala sisi, terutama finansial.

5. Dapat Menjaga Citra Perusahaan

Tanpa adanya merek dagang yang terbukti kejelasannya, usaha apa pun yang anda kembangkan akan sia sia. Hal ini dikarenakan, siapa saja bisa menjiplak produk serta merek, sehingga dapat menurunkan citra perusahaan yang anda bangun.

Merek dagang yang sudah terdaftar akan membantu masyarakat memilah dan memfilter antara produk yang orisinal dengan produk yang palsu sekaligus mencirikan kualitas produk anda ke konsumen.

Demikian beberapa keuntungan yang dapat anda petik mengenai pendaftaran merek dagang secara resmi. 

Pendaftaran merek dagang harus dilakukan sesegera mungkin untuk menghindari adanya penjiplakan dari kompetitor yang akan menyaingi usaha yang tengah anda kembangkan. Jangan menunda untuk melakukan pendaftaran merek dagang karena hal ini akan sangat berguna bagi perusahaan.*


Thanks for reading Proses Pendaftaran Merek Dagang | Tags: | Follow @Romeltea on Twitter

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

1 komentar on Proses Pendaftaran Merek Dagang

  1. Manfaatnya memang sangat besar, tapi biayanya berapaan ya?

    ReplyDelete

Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.